Belajar Nahwu Sharaf BISA Depok via WhatsApp

Authors

  • Hilyatul Auliya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Najih Anwar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2859

Keywords:

Nahwu, Sharaf, WhatsApp, Yayasan BISA, Penelitian Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsi proses implementasi pembelajaran nahwu dan sharaf melalui WhatsApp di Yayasan BISA, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memfasilitasi atau menghambat proses tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data mengungkapkan tiga fase: perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Temuan menunjukkan beberapa faktor pendukung seperti fasilitasi sistem, penjelasan terstruktur, dan praktik yang teratur, sementara faktor penghambat termasuk pemikiran yang tidak memadai dan kurangnya niat. Hasil ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan fasilitator dan hambatan dalam mengimplementasikan inisiatif pendidikan serupa, dengan implikasi untuk meningkatkan metode instruksional dan mendorong lingkungan belajar yang efektif.

References

Abdulhamid, M. M. (2007). At-Tuhfatus Saniyyah Bi Syarhil Muqaddimah Al-Ajurrumiyyah (pp. 1–183).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi Ke X.

Aziz, S. bin A. (n.d.). Ilmu Saraf Yang Kecil.

Djamarah, S., & Zain, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar, 04(01), 58–85. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#

DzulHadi. (2023). Pendidikan tentang Unsur-unsur Bahasa Arab untuk Mahasiswa di Indonesia (Studi Analisis Terapeutik). (pp. 165–179).

Dzulhanan. (2015). Unsur-unsur Bahasa Arab: Tujuannya dan Langkah-langkah Pengajarannya. J. Al Bayan J. Jur. Pendidik. Bhs. Arab, 7(1), 1–10.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137 DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137

Hashim, N. A., Abdullah, N. L., Isa, R. M., & Janor, H. (2015). WhatsApp Messenger Application among Business Students in Malaysia – An Exploration. J. Pers. Pelajar, 18(2), 130–141. DOI: https://doi.org/10.17576/personalia.1802.2015.03

Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409 DOI: https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409

Mona Adha Novita Barla, M., & Hasyim, A. (2013). Pengaruh Tingkat Intensitas Pemberian Latihan Soal terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKN Kelas VII SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013. Visi Pustaka, 2(1), 545–555. Retrieved from https://www.slideshare.net/ALBICEE/lembar-observasi-siswa-50178674

Muliansyah, A. (2023). Whatshapp Sebagai Model Pembelajaran Nahwu Berbasis Internet. Edulab Maj. Ilm. Lab. Pendidik., 3(2), 1–13. DOI: https://doi.org/10.14421/edulab.2018.32-01

Musfiqon, H. M. (2016). No Title (5th ed.). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nuha, U. (2021). Perencanaan Pembelajaran Bahasa (Arab) (Pertama). Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Prananingrum, A. V., & Kholis, M. N. (2020). Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemic Covid-19. In Proceeding NATHLA al-Nadwah al-‘Alamiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah (International Conf. Arab. Languange Teaching) (pp. 129–136). Retrieved from index.php/natla/article/view/166

Rahartri. (2023). ‘Whatsapp’ Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran.

Razin, A., & Razin, U. (2017). Ilmu Sharaf untuk Pemula (Maktab. Bisa, 5*(2), pp. 1–210). Retrieved from https://ia903106.us.archive.org/22/items/etaoin/ILMU%20SHARAF%20UNTUK%20PEMULA.pdf

Umar Sidiq, M. Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, 53(9).

Upiana, E. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peran Guru Kelas dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 84 Kota Bengkulu.

Waldi, I. (2015). Pembelajaran Qawaid Bahasa Arab di Pesantren Musthafawiyah. In Suparyanto & Rosad (Eds.), Suparyanto dan Rosad (vol. 5, no. 3, pp. 248–253). DOI: https://doi.org/10.30821/ihya.v3i1.708

Walidin, T. Z., W., Idris, S., & Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Auliya, H., & Anwar, N. (2024). Belajar Nahwu Sharaf BISA Depok via WhatsApp. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2859

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.