Efektivitas Bahasa Indonesia Dalam Deskripsi Produk Fashion: Studi Kasus Platform Shopee
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbdi.v2i1.3410Keywords:
E-Commerce, Shopee, Deskripsi ProdukAbstract
Penelitian ini membahas peran Bahasa Indonesia dalam deskripsi produk fashion di platform e-commerce shopee. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kejelasan, kelengkapan, dan efektivitas deskripsi produk dalam memengaruhi minat konsumen. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mencakup studi literatur, analisis konten, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi produk yang menggunakan Bahasa Indonesia secara baik, jelas, dan informatif dapat meningkatkan kepercayaan konsumen serta mempercepat keputusan pembelian. Penelitian ini menemukan bahwa deskripsi berbasis poin sederhana lebih disukai karena mudah dipahami, namun pendekatan naratif lebih persuasif. Penggunaan Bahasa Indonesia murni dinilai lebih profesional dibandingkan bahasa campuran atau penggunaan istilah asing. Penulis merekomendasikan penggabungan gaya informatif dan persuasif untuk menjangkau berbagai segmen konsumen, serta memastikan kelengkapan informasi untuk meningkatkan pengalaman belanja.
References
Andriani, K. W. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Cabang Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 54–69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i1.15565
Fadhilah, A. N., Nikmah, N. F. A., Hermanto, A. S., Balqis, A., Re Falda, T. A., & Arum, D. P. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pemasaran Digital E-Commerce : Studi Kasus Iklan Shopee. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2355
iPrice Group. (n.d.). Map of E-Commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. www.researchgate.net
Samud, R., & Era. (2024). Definisi Kualitatif menurut Lexy J. Moleong. Reda Samudera. https://redasamudera.id/definisi-kualitatif-menurut-lexy-j-moleong/
Santoso, Melisa, G., & Sitanggang, I. A. (2022). Perancangan Website E-Commerce Ineed.Id. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 19–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aliya Putri Kamila, Nasywa Azzahra Darmawan, Aisya Putri Sakina, Adinda Kemilau Jagad, Salisa Alvi Nur Choirin, Natalia Desy Anggraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.