Efektivitas Bahasa Indonesia Dalam Deskripsi Produk Fashion: Studi Kasus Platform Shopee

Authors

  • Aliya Putri Kamila Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nasywa Azzahra Darmawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Aisya Putri Sakina Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Adinda Kemilau Jagad Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Salisa Alvi Nur Choirin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Natalia Desy Anggraeni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v2i1.3410

Keywords:

E-Commerce, Shopee, Deskripsi Produk

Abstract

Penelitian ini membahas peran Bahasa Indonesia dalam deskripsi produk fashion di platform e-commerce shopee. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kejelasan, kelengkapan, dan efektivitas deskripsi produk dalam memengaruhi minat konsumen. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mencakup studi literatur, analisis konten, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi produk yang menggunakan Bahasa Indonesia secara baik, jelas, dan informatif dapat meningkatkan kepercayaan konsumen serta mempercepat keputusan pembelian. Penelitian ini menemukan bahwa deskripsi berbasis poin sederhana lebih disukai karena mudah dipahami, namun pendekatan naratif lebih persuasif. Penggunaan Bahasa Indonesia murni dinilai lebih profesional dibandingkan bahasa campuran atau penggunaan istilah asing. Penulis merekomendasikan penggabungan gaya informatif dan persuasif untuk menjangkau berbagai segmen konsumen, serta memastikan kelengkapan informasi untuk meningkatkan pengalaman belanja. 

References

Andriani, K. W. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Cabang Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 54–69. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i1.15565

Fadhilah, A. N., Nikmah, N. F. A., Hermanto, A. S., Balqis, A., Re Falda, T. A., & Arum, D. P. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pemasaran Digital E-Commerce : Studi Kasus Iklan Shopee. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2355

iPrice Group. (n.d.). Map of E-Commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. www.researchgate.net

Samud, R., & Era. (2024). Definisi Kualitatif menurut Lexy J. Moleong. Reda Samudera. https://redasamudera.id/definisi-kualitatif-menurut-lexy-j-moleong/

Santoso, Melisa, G., & Sitanggang, I. A. (2022). Perancangan Website E-Commerce Ineed.Id. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 19–23.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Kamila, A., Darmawan, N., Sakina, A., Jagad, A., Choirin, S., & Anggraeni, N. (2024). Efektivitas Bahasa Indonesia Dalam Deskripsi Produk Fashion: Studi Kasus Platform Shopee. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 2(1), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v2i1.3410

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.