Penggunaan Bahasa Indonesia yang Efektif Pada Label Kemasan Makanan Beku

Authors

  • Carisa Amalia Sukmana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Nadia Hariadi Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Cicilia Niluh Deabona Sanjaya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Belva Arina Cahyani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Deva Putri Ramadhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2346

Keywords:

Bahasa Indonesia, Label Kemasan, Makanan Beku

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang efektif pada label kemasan makanan beku untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang informasi produk. Dalam konteks ini, aspek-aspek seperti kejelasan, keakuratan, dan keterbacaan bahasa yang digunakan dalam label kemasan menjadi fokus utama. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yang digunakan meneliti objek yang memiliki sifat alamiah atau eksperimen. Penelitian ini juga menyoroti peran Bahasa Indonesia dalam mencapai tujuan komunikasi yang optimal antara produsen dan konsumen. Analisis dilakukan melalui pendekatan linguistik dan psikologis untuk mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan efektivitas komunikasi melalui label kemasan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai bagi produsen untuk tetap mengedepankan kaidah penulisan yang tepat dan mengetahui batasan-batasan yang tepat untuk menjaga pesan tetap jelas agar tidak kehilangan makna atau pesan yang disampaikan, mudah memahami dan sesuai tujuan komunikasi dan tidak melanggar kaidah bahasa. Bahasa yang digunakan untuk merangcang label pada makanan beku dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen. Hal tersebut, sesuai dengan teori dikarenakan membaca informasi pada label makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan masyarakat sebelum membeli atau mengonsumsi makanan olahan. Selain itu, label juga merupakan sarana periklanan yang digunakan oleh pelaku ekonomi untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.

References

Andriyanto, Pranoto, R. E., Bangun, D. A. N., Anggarini, A., & DK, MRR. T. M. (2023). Pemasaran Digital UMKM Melalui Desain Landing Page sebagai Upaya Pengembangan Bisnis. Besaung: JurnalSeni Desain Dan Budaya, 8(1), 15–20.

Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif Model Penyusunan Mood Board sebagai Metode Berpikir Kreatif dalam Pengembangan Konsep Visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1), 1–7.

Feijoo, G., Lema, J. M., & Moreira, M. T. (2020). Mass Balances for Chemical Engineers. Walter de Gruyter GmbH & Co KG.

Gupta, A. K. (2022). The Complete Book on Cold Storage, Cold Chain & Warehouse 5th Edition. Niir Project Consultancy Services.

Hadinata, S. T., & Adriyanto, H. (2019). Tinjauan penyimpanan sistem FIFO pada bahan hewani yang berdampak pada proses pengolahan makanan di Morrissey Hotel Jakarta. Emerging Markets: Business and Management Studies Journal, 6(2), 103-109.

Hao, W., Wang, G., Xi, H., & Feng, L. (2020). Extraction and recognition of device graphics in process flow diagram. In 2020 IEEE 9th Data Driven Control and Learning Systems Conference (DDCLS).

Haya, S., & Restuwati, I. (2022). Teknik pembekuan ikan tongkol bentuk utuh dengan metode air blast freezer. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 16(1), 45-63.

Hidayat, R., Maimun, M., & Sukarno, S. (2020). Analisis mutu pindang ikan tongkol (Euthynnus affinis) dengan teknik pengolahan oven steam. Jurnal FishtecH, 9(1), 21-33.

Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing Dalam Program Bipa IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–14. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226.

Iswahyuni, A. D. (2020). Analisa Desain Kemasan Stik Sukun (Artocarpus Altili) Menggunakan Metode Value Engineering. Jurnal Teknik, 18(2), 159–170. https://doi.org/10.37031/jt.v18i2.108.

Kertajaya, H. (1996). Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Lestari, N. D. (2023). Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi. 01(01), 12–23.

Lestari, N. T., & Ni, H. (2021). Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Strategi. Abdimas Indonesia Journal, 1, 19–34.

Liberty, J. T., Dehghannya, J., & Ngadi, M. O. (2019). Effective strategies for reduction of oil content in deep-fat fried foods: A review. Trends in Food Science & Technology, 92, 172-183.

Mulwayan et al. (2019). Pengaruh Teknik Pengemasan dan Jenis Kemasan Terhadap Mutu dan Daya Simpan Ikan Pindang Bumbu Kuning. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 22(3), 464-475.

Noviyani, N. M. E., Iswatiningsih, D., Ema Noviyanti, L. P., & Permata Putri, A. F. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Kemasan Produk. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 189.https://doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.189-200.

Patil, A. R., Chogale, N. D., Pagarkar, A. U., Koli, J. M., Bhosale, B. P., Sharangdhar, S. T., & Kulkarni, G. N. (2020). Vacuum packaging is a tool for shelf life extension of fish product: A review. Article in Journal of Experimental Zoology, 23, 807-810.

Primastiwi, A., & Endahjati, S. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 10(2): 81-90.

Putradi, A. W. A. (2016). Pola-Pola Perubahan Fonem Vokal Dan Konsonan Dalam Penyerapan Kata-Kata Bahasa Asing Ke Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Fonologi. Jurnal Arbitrer, 3(2), 95.https://doi.org/10.25077/ar.3.2.95-112.2016.

Rahardjo, C. R. (2016). Faktor yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 1-12.

Rhina Uchyani, Heru Irianto, (2015). Pengemasan Produk Dalam Meningkatkan Produk Berbahan Baku Kacang Yang Marketable. Laporan Prosiding Seminar Nasional 4th SME’s Summit Dan Awards 2015.

Rhina Uchyani, Heru Irianto. (2015). Peningkatan Usaha Berbahan Baku Kacang. Laporan Akhir Iptek Bagi Masyarakat (IbM) LPPM UNS.

Santika, E. F. (2022). Jumlah UMKM di Indonesia Sepanjang 2022. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/02/jumlah-umkm-di-indonesia-sepanjang-2022-provinsi-mana-terbanyak.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Ilmu Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/download/99/89.

Sari, E. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Frozen Food Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/17328/1/BAB%201%205%20DAPUS.

Setiawan, S. (2020). Studi Kepustakaan Pengertian & Tujuan Peranan Sumber Strategi. Retrieved from https://www.gurupendidikan.co.id/studi-kepustakaan-pengertian-tujuanperanan-sumber-strategi.

Setiawan, N. (2022). Aplikasi Stok Barang Pada CV Putra Semeru Berbasis Web. Retrieved from http://repo.palcomtech.ac.id/id/eprint/1218/1/PKL_IF_2022_NICO%20SETIAWAN.

Siregar, A. N., Yusup, M., Sipahutar, Y. H., & Sirait, J. (2023). Karakteristik mutu, rendemen dan produktivitas pengolahan cakalang (Thunnus albacares) loin masak beku. Marlin: Marine and Fisheries Science Technology Journal, 4(1), 35-47.

Suharsono, D. D. (2019). NILAI BAHASA INDONESIA DI ERA INDUSTRI KREATIF (Studi Perbandingan terhadap Pelabelan Produk di Indonesia). Researchgate.Net. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/DegitaSuharsono/publication/330276967_NILAI_BAHASA_INDONESIA_DI_ERA_INDUSTRI_KREATIF_Studi_Perbandingan_terhadap_Pelabelan_Produk_di_Indonesia/links/5c36ba77a6fdccd6b5a04a40/NILAI-BAHASA-INDONESIA-DI-ERA-INDUSTRI-KREA.

Susetyarsi. (2012). Kemasan Produk di Tinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 105–112. Retrieved from http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/157.

Syahputra, E., Nisa, ), Tanjung, F., Fatimah, D., Husna, A., & Aulia, W. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Penjualan Produk Iklan di Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 285–288.

Tarigan, H. G., & Djago, T. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wijayanti, C. P., Kurniawati, L., Setiawan, M. I., & Hidayat, P. (2022). Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Iklan Produk Pangan di Televisi Selama Ramadan. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 45. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.

Downloads

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles