Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pemasaran Digital E-Commerce : Studi Kasus Iklan Shopee

Authors

  • Annisa Nur Fadhilah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Nur Fajriyah Alfinatun Nikmah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Arista Salsabila Hermanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Amalia Balqis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Tsamarah Adilah Re Falda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2355

Keywords:

pemasaran digital, bisnis online, penggunaan bahasa indonesia, e-commerce

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam pemasaran e-commerce digital, khususnya dalam studi kasus iklan Shopee. Bahasa Indonesia digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara bisnis dan pelanggan, serta untuk memperkuat identitas merek sebagai perusahaan lokal yang peduli terhadap kebutuhan konsumen Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam iklan Shopee, melalui observasi dan kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia yang tepat dan benar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, membangun kesadaran merek yang positif, dan menarik minat pelanggan. Responden dalam kuesioner mengharapkan perusahaan besar seperti Shopee untuk memberi contoh dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan aturan tata bahasa dan ejaan, yang mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan. Hal ini menekankan pentingnya bagi bisnis online untuk memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia dalam konten dan komunikasi mereka untuk berhasil di pasar regional dan meningkatkan interaksi positif dengan konsumen.

References

Abdullah Amrin. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo.

Aditya Putra Pratama & Moehamad Gafar Yoedtadi. (2022, March). Pengaruh Diskon 9.9 SuperShopping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, 5(1).

Agus Sriyanto & Aris Wahyu Kuncoro. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1).

Aisyah, W. N., Kaspul Anwar, M., Malihah, L., & Martapura, D. (n.d.). Pengaruh Tagline Shopee “Gratis Ongkir Xtra” Terhadap Minat Belanja Online (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). SURPLUS: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 1(1), 12–22.

Amrullah, M. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth terhadap Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 1–5.

Ana Putri Wahyuni, N. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen yang Haknya Dirugikan Dalam Event Flash Sale Tiap Bulan Melalui Transaksi Online E-Commerce di Situs Belanja Shopee. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(6), 136–147.

Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 72.

Apriliani Kartika Setiowati, Widayat, & Jasly. (2012). Sikap Online Shopping Dan Niat Pencarian Informasi Terhadap Niat Dan Perilaku Belanja. Manajemen Bisnis.

Aulia Rachmah Dwi Parasayu. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2691–2700.

Aulia, H., & Indri Rachmawati. (2022). Strategi Pemasaran Digital Busana Muslim di Saat Pandemi Covid 19. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1).

Budi Sam Law Malau, M. A. P. (2020, May 19). Masa Pandemi Covid-19, Shopee Catat Kenaikan Transaksi 4 Kali Lipat. WartaKota, TribunNews.

Chofit Muklis, A. P., & Yuniardi Rusdianto, R. (2023). Pengaruh Potongan Harga dan Iklan Shopee terhadap Minat Beli Konsumen Shopee. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 337–347.

Deery Anzar Susanti. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Pelayanan, dan Kualitas Produk Online Terhadap Kepuasan Konsumen Online Secara Syariah. Journal Analytica Islamica, 5(2).

Hambalah, F. (2022). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce Shopee. JAB: Journal of Accounting and Business, 1(1), 50–69.

Jurnal, H., Nihmatus Solikhah, A., Krishernawan, I., & Husein, J. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online. Jurnal Ilmiah Kepala Sekolah, 03(01), 96–106.

K., Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. In SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology (Issue 2).

Faradasya1, C. I., Trianasari, N., Si, S., & Stat2, M. (n.d.). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids dan Brand Image. Jurnal EMBA, 2021, 657–664.

Liubana, A., Kowey, W. O., Alfonso, P. V., & Putra, W. P. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Citra Merek, dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kinerja Penjualan Produk Fashion di E-commerce Shopee. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 2(04).

Mega, A., Pratiwi, P., & Belitang, D. K. (2023). Pengaruh Jual Beli Online E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Saat Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Milenial. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 1(2).

Papdi, Simposium, K. Kemenkes. (2020). Kesiapan Kemenkes Dalam Menghadapi Outbreak Novel Coronavirus (2019-NCov).

Pravinska Aldino, & Reza Safitri, A. (2020). Studi Komunikasi Lingkungan Melalui Komunikasi Kelompok Terhadap Edukasi Pengelolaan Lingkungan Dengan Pendekatan Teori Strukturasi Adaptif Pada Masyarakat Kota Malang. LINIMASA, 3, 46–56. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2114.

Prayoga, Arief Fajar, Yudi Priyadi., ST., M.T., & Soeparwoto Dharmoputro., Ir., M. (2016). Pengaruh Fitur Chatting Dan Tawar Pada Aplikasi Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan. E-Proceeding of Management, 3(3), 2968–2975. Retrieved from https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2979.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online. 03(01), 96–106.

Dwiparasayu, A. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Donasi. 2021, 657–664. http://repository.ub.ac.id/13146/1/.

Soegoto, A. S., Soegoto, D. S., & Pasha, M. S. (2020). Empowerment Digital Strategies for Medium Small Enterprises. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 072003.

Soegoto, A.S., & Herman Karamoy. (2020). Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business. Etikonomi, 19(1). Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/etikonomi/article/view/14337.

Soegoto.D.S., A.S. Soegoto., & A. A. Rafdhi (2020). Measuring and Improving Online Transactions in Product Sales Businesses by Online In The Modern Era. Journal of Critical Reviews, 7(13), 662-666. Retrieved from www.jcreview.com/index.php?iid=2020-7-13.000&jid=197.

Su, M., Pramukti, A., & Ekonomi dan Binis, F. (2024). Jual Beli Dalam Praktek Affiliate Marketing Pada E-Commerce Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus Pada Perusahaan Shopee Indonesia). YUME : Journal of Management, 7(1).

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO) THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND ADVERTISING SOCIAL MEDIA ON BUYING INTEREST AT SHOPEE E-COMMERCE (STUDY ON STUDENTS OF THE FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS SAM RATULANGI UNIVERSITY). 304 Jurnal EMBA, 9.

Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol. I (Issue 2). Retrieved from http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA.

Yantho, V., & Wilis, R. A. (n.d.). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus: E-Commerce Shopee).

Downloads

Published

2024-04-03

Issue

Section

Articles