Penggunaan Bahasa Indonesia Formal dalam Negosiasi Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbdi.v2i1.3529Keywords:
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hubungan Bisnis, Komunikasi Efektif, Negosiasi Bisnis, Strategi KomunikasiAbstract
Dalam dinamika pasar yang terus berkembang, kemampuan bernegosiasi secara efektif menjadi kunci keberhasilan bisnis. Negosiasi bisnis, yang menjadi inti dari setiap transaksi komersial, menghadapi tantangan baru terkait penggunaan bahasa Indonesia formal di tengah meningkatnya frekuensi komunikasi antar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran bahasa Indonesia dalam konteks negosiasi bisnis di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui analisis literatur terkait yang membahas strategi komunikasi dalam negosiasi. Metode yang diterapkan adalah analisis kualitatif untuk mengidentifikasi strategi komunikasi yang efektif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia formal yang baik dan tepat sangat krusial dalam membangun hubungan bisnis yang kuat dan mencapai hasil negosiasi yang optimal. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya adaptasi bahasa sesuai dengan konteks budaya dan sosial dalam negosiasi bisnis di Indonesia. Temuan ini memberikan wawasan bagi praktisi bisnis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dalam negosiasi.
References
Agag, G. (2019). E-commerce Ethics and Its Impact on Buyer Repurchase Intentions and Loyalty: An Empirical Study of Small and Medium Egyptian Businesses. Journal of Business Ethics, 154(2), 389-410, ISSN 0167-4544, https://doi.org/10.1007/s10551-017-3452-3
Anom, E. (2004). Komunikasi dalam Negosiasi Bisnis. In Bisnis Jurnal Komunikologi (Vol. 1, Issue 2).
Aster, O. :, Ati, P., & Pd, M. (2015). Keterampilan Berbicara dalam Negosiasi. Journal Applied Buisiness and Economics, 1(3), 200–212.
Fernández-Rovira, C. (2021). The digital transformation of business. Towards the datafication of the relationship with customers. Technological Forecasting and Social Change, 162, ISSN 0040-1625, https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120339
Geovani Rumahorbo, L., Anindhya Meyra T, S. L., Riris Simanjuntak, I., Situmorang, K., Naurah Saalsabila, A., Dwi Navita, D., & Sholihatin, E. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Marketing di Perusahaan Honda Pt Lumenindo Gilang Cahaya Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 296–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.8208317
Hock-Doepgen, M. (2021). Knowledge management capabilities and organizational risk-taking for business model innovation in SMEs. Journal of Business Research, 130, 683-697, ISSN 0148-2963, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.12.001
Isma, F., & Utami, D. (2017). Efektivitas Komunikasi Negosiasi dalam Bisnis. Komunike, ix(2), 105–122.
Kazancoglu, I. (2021). Circular economy and the policy: A framework for improving the corporate environmental management in supply chains. Business Strategy and the Environment, 30(1), 590-608, ISSN 0964-4733, https://doi.org/10.1002/bse.2641
Laksana, A., & Fitrianti, R. (2024). Strategi Negosiasi Pengadaan Barang dan Jasa (Studi di PT Pajar Perkasa Banten). Journal of Society and Communico, 01(01), 1–17. https://doi.org/10.46306/jsco.v1i1
Luo, Y. (2016). How valuable is information and communication technology? A study of emerging economy enterprises. Journal of World Business, 51(2), 200-211, ISSN 1090-9516, https://doi.org/10.1016/j.jwb.2015.06.001
Pradani, S. P. N., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tivan, K., & Arum, D. P. (2024). Komunikasi Lintas Budaya: Strategi Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Pertemuan Bisnis. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2337
Puspitasari, P., Lukmana Putra, I., Putri Ramadhani, R., Faqihuddin Putra, Z., Negeri Malang, P., Penipuspitasari, I., Kata Kunci, A., Bahasa Indonesia, P., & Berbahasa, K. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) Bidang Jasa. Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1973–1983.
Rizkyanfi, M. W., & Fitriana, A. K. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Komunikasi Jual Beli di Pasar Tradisional Gegerkalong, Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 60–69.
Suki, N. (2017). Determining students’ behavioural intention to use animation and storytelling applying the UTAUT model: The moderating roles of gender and experience level. International Journal of Management Education, 15(3), 528-538, ISSN 1472-8117, https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.10.002
Tang, K.H.D. (2022). Movement control as an effective measure against Covid-19 spread in Malaysia: an overview. Journal of Public Health (Germany), 30(3), 583-586, ISSN 2198-1833, https://doi.org/10.1007/s10389-020-01316-w
Tazkiya, A., Sonia, G., Sopian Saparingga, H., & Aldiansyah dan Ricky Firmansyah, M. (2021). Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis melalui Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(5), 345–358. http://sosains.greenvest.co.id
Trenerry, B. (2021). Preparing Workplaces for Digital Transformation: An Integrative Review and Framework of Multi-Level Factors. Frontiers in Psychology, 12, ISSN 1664-1078, https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.620766
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sintya Noer Azizah, Fany Fadilah, Nur Khofifah Fauzi, Mirnawati, Salsabilla Azzahra Nazwa Achmad, Khinanty Resaskia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.