Analisis Efisiensi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Bisnis Formal di PT Home Center Indonesia (Informa)

Authors

  • Ahmad Seno Bayu Aji Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rafif Ibrahim Winter Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Muhammad Afif Al Azhari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Raka Cesar Raditya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Muhammad Naufal Javier Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Natalia Desy Anggraeni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2662

Keywords:

Penggunaan Bahasa, Komunikasi Bisnis, Informa

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada analisis efisiensi penggunaan Bahasa Indonesia dalam komunikasi bisnis formal di perusahaan. Dalam konteks bisnis global yang semakin dinamis, komunikasi yang efektif dan efisien menjadi kunci keberhasilan. Dalam hal ini, penggunaan Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi formal di perusahaan Indonesia sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi. Penelitian ini menemukan bahwa strategi pemanfaatan Bahasa Indonesia yang tepat dan efektif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis, serta menciptakan atmosfer kolaboratif yang mendukung kesuksesan pertemuan bisnis. Hasil penelitian ini memberikan panduan praktis bagi para profesional bisnis dan komunikator untuk memanfaatkan Bahasa Indonesia secara optimal dalam komunikasi bisnis formal, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi di dalam dunia bisnis Indonesia yang dinamis.

References

Andi, A. (2020). Pemanfaatan e-government dalam tatakelola pemerintahan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(2), 236-243.

Anwaruddin, A. (2004). Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 1(1), 15-35.

Ayuni, R. D. (2020). Manajemen layanan informasi publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan. As-Siyasah: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 80-87.

Bahri, S., Harahap, R. R., Rahmah, H., Maulana, S., & ... (2023). Analisis strategi komunikasi bisnis efektif di era digital: Studi kasus dari berbagai industri. Jurnal Pendidikan …, 7, 14374–14379.

https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8675%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8675/7080

Danumulya, P. W. (2021). Pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pemasyarakatan sebagai upaya mengurangi kepadatan narapidana dalam lembaga pemasyarakatan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 101-108.

Hasudungan, S. T. (2021). Komunikasi kepemimpinan bisnis ritel di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus di PT Home Center Indonesia). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 129. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.129-139 DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.129-139

Hidayah, A., & Lestari, P. (2017). Komunikasi formal pada kepengurusan periode 2017 Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-20.

Hidayat, R. (2022). Kualitas pelayan publik pemerintah daerah di Indonesia. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 805-812.

Lanin, D., Saputra, B., & Magriasti, L. (2023). Assessing the mediating effect of the role of public managers between service quality and public satisfaction of various ethnicities in local governments in Sumatra, Indonesia. Public Policy and Administration, 22(1). DOI: https://doi.org/10.5755/j01.ppaa.22.1.33725

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. London: SAGE Publications.

Muliani, A. (2023). Tata kelola teknologi informasi.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45-57.

Nurhakim, M. R. S. (2014). Implementasi e-government dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas sistem pemerintahan modern. Jurnal Ilmu Administrasi, 11(3), 403-422.

Pambudi, Y. B., & Barkah, C. S. (2022). Analisis implementasi komunikasi bisnis eksternal PT Unilever Indonesia. Jurnal …, 08(01), 35-40.

Prihartono, D. (2023). Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192-201. DOI: https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179

Putri, S., Pradani, N., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tivan, K., & Puspa, D. (2024). Komunikasi lintas budaya: Strategi pemanfaatan bahasa Indonesia dalam pertemuan bisnis. Jurnal …, 1, 1-9. DOI: https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2337

Ruth, A. (2021). Komunikasi pemasaran UMKM dalam beradaptasi di masa pandemi. JurnalUNTAR, 5(1), 167-174. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10107

Santoso, J. T., M. K. (2021). 3 jenis komunikasi dalam bisnis. Jensi Komunikasi dan Negosiasi dalam Bisnis. https://stekom.ac.id/artikel/3-jenis-komunikasi-dalam-berbisnis

Shimp, T. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Silviana, M., & Putra, M. (2017). Kekuatan word of mouth marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Simon, M. K., & Alouini, M. (2004). Types of communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45-79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3 DOI: https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Sonia, A. (2020). Jasa pada Ayo Liburan Tour and Travel. Jurnal Ekonomi Pembangunan UPN Surabaya, 14(2), 52-67.

Tjiptono, F., & dkk. (2014). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, W., & Sari, Y. (2021). Komunikasi pemasaran digital sebagai tantangan teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1, 1-14. DOI: https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss1.art1

Wahyu. (2019). Strategi komunikasi pemasaran Geprek Express melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Komunikasi, 11(2), 1-12. DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v1i1.12614

Wolor, T. W., & Marsofiyati, C. W. (2023). Analisis komunikasi efektif pada divisi administration supporting pada PT Somo Joyo Abadi. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(6), 519-525. https://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73397 DOI: https://doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73397

Yuliana. (2020). Penggunaan teknologi internet dalam bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 2(1), 36-52.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Aji, A. S. B., Winter, R. I., Azhari, M. A. A., Raditya, R. C., Javier, M. N., & Anggraeni, N. D. (2024). Analisis Efisiensi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Bisnis Formal di PT Home Center Indonesia (Informa). Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2662

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.