Analisis Efisiensi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Bisnis Formal di PT Home Center Indonesia (Informa)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2662Keywords:
Penggunaan Bahasa, Komunikasi Bisnis, InformaAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada analisis efisiensi penggunaan Bahasa Indonesia dalam komunikasi bisnis formal di perusahaan. Dalam konteks bisnis global yang semakin dinamis, komunikasi yang efektif dan efisien menjadi kunci keberhasilan. Dalam hal ini, penggunaan Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi formal di perusahaan Indonesia sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi. Penelitian ini menemukan bahwa strategi pemanfaatan Bahasa Indonesia yang tepat dan efektif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis, serta menciptakan atmosfer kolaboratif yang mendukung kesuksesan pertemuan bisnis. Hasil penelitian ini memberikan panduan praktis bagi para profesional bisnis dan komunikator untuk memanfaatkan Bahasa Indonesia secara optimal dalam komunikasi bisnis formal, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi di dalam dunia bisnis Indonesia yang dinamis.
References
Andi, A. (2020). Pemanfaatan e-government dalam tatakelola pemerintahan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(2), 236-243.
Anwaruddin, A. (2004). Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 1(1), 15-35.
Ayuni, R. D. (2020). Manajemen layanan informasi publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan. As-Siyasah: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 80-87.
Bahri, S., Harahap, R. R., Rahmah, H., Maulana, S., & ... (2023). Analisis strategi komunikasi bisnis efektif di era digital: Studi kasus dari berbagai industri. Jurnal Pendidikan …, 7, 14374–14379.
Danumulya, P. W. (2021). Pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pemasyarakatan sebagai upaya mengurangi kepadatan narapidana dalam lembaga pemasyarakatan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 101-108.
Hasudungan, S. T. (2021). Komunikasi kepemimpinan bisnis ritel di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus di PT Home Center Indonesia). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 129. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.129-139 DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.129-139
Hidayah, A., & Lestari, P. (2017). Komunikasi formal pada kepengurusan periode 2017 Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-20.
Hidayat, R. (2022). Kualitas pelayan publik pemerintah daerah di Indonesia. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(7), 805-812.
Lanin, D., Saputra, B., & Magriasti, L. (2023). Assessing the mediating effect of the role of public managers between service quality and public satisfaction of various ethnicities in local governments in Sumatra, Indonesia. Public Policy and Administration, 22(1). DOI: https://doi.org/10.5755/j01.ppaa.22.1.33725
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. London: SAGE Publications.
Muliani, A. (2023). Tata kelola teknologi informasi.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45-57.
Nurhakim, M. R. S. (2014). Implementasi e-government dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas sistem pemerintahan modern. Jurnal Ilmu Administrasi, 11(3), 403-422.
Pambudi, Y. B., & Barkah, C. S. (2022). Analisis implementasi komunikasi bisnis eksternal PT Unilever Indonesia. Jurnal …, 08(01), 35-40.
Prihartono, D. (2023). Penerapan pelayanan publik berbasis e-governance pada era revolusi industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192-201. DOI: https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179
Putri, S., Pradani, N., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tivan, K., & Puspa, D. (2024). Komunikasi lintas budaya: Strategi pemanfaatan bahasa Indonesia dalam pertemuan bisnis. Jurnal …, 1, 1-9. DOI: https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2337
Ruth, A. (2021). Komunikasi pemasaran UMKM dalam beradaptasi di masa pandemi. JurnalUNTAR, 5(1), 167-174. DOI: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10107
Santoso, J. T., M. K. (2021). 3 jenis komunikasi dalam bisnis. Jensi Komunikasi dan Negosiasi dalam Bisnis. https://stekom.ac.id/artikel/3-jenis-komunikasi-dalam-berbisnis
Shimp, T. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Silviana, M., & Putra, M. (2017). Kekuatan word of mouth marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Simon, M. K., & Alouini, M. (2004). Types of communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45-79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3 DOI: https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Sonia, A. (2020). Jasa pada Ayo Liburan Tour and Travel. Jurnal Ekonomi Pembangunan UPN Surabaya, 14(2), 52-67.
Tjiptono, F., & dkk. (2014). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Utami, W., & Sari, Y. (2021). Komunikasi pemasaran digital sebagai tantangan teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1, 1-14. DOI: https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss1.art1
Wahyu. (2019). Strategi komunikasi pemasaran Geprek Express melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Komunikasi, 11(2), 1-12. DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v1i1.12614
Wolor, T. W., & Marsofiyati, C. W. (2023). Analisis komunikasi efektif pada divisi administration supporting pada PT Somo Joyo Abadi. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(6), 519-525. https://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73397 DOI: https://doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73397
Yuliana. (2020). Penggunaan teknologi internet dalam bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 2(1), 36-52.