Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Promosi Online Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Kelas Menengah

Authors

  • Intania Putri Azahra UPN Veteran Jawa Timur
  • Veronia Juwita Wardhani UPN Veteran Jawa Timur
  • Laurenia Cahya Devinta UPN Veteran Jawa Timur
  • Naya Khaliala UPN Veteran Jawa Timur
  • Vidia Baiti Rohma UPN Veteran Jawa Timur
  • Abdul Aziz Geys Bahanan UPN Veteran Jawa Timur
  • Thoriq Aiman Fitrianto UPN Veteran Jawa Timur
  • M. Fahmi Arya D UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2670

Keywords:

Bahasa Indonesia, Promosi Online, Media Sosial, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Bahasa Indonesia dalam promosi online oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, promosi melalui media online menjadi semakin penting bagi UKM untuk meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing mereka. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten terhadap bentuk promosi online pada media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam promosi online oleh UKM sangat beragam, mulai dari penggunaan bahasa formal hingga bahasa yang lebih santai dan informal. Penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia yang efektif dan tepat sasaran dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membantu membangun citra merek yang kuat. Kesimpulannya, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Bahasa Indonesia secara strategis dalam promosi online merupakan aset penting bagi UMKM dalam upaya mengembangkan bisnis mereka di era digital.

References

Asmarani, R., & Atrinawati, A. (2017). Penulisan Media Promosi Wisata Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian …. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/16779

Asmarani, R., & Atrinawati, A. (2017). Penulisan Media Promosi Wisata Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/16779

Hasanah, H. (2023). Afiksasi Derivasional dan Infleksional Bahasa Indonesia dalam Pesan-pesan Promosi di Grup WhatsApp Muamalah Makassar. repository.unhas.ac.id. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27474/

Hasanah, H. (2023). Afiksasi Derivasional dan Infleksional Bahasa Indonesia dalam Pesan-pesan Promosi di Grup WhatsApp Muamalah Makassar. repository.unhas.ac.id. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27474/

Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi …. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/5019

Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi. Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/5019

Hutasoit, S. T. M., & Saputro, A. H. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Di Marketplace Lazada: Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi …. http://www.journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/2065

Hutasoit, S. T. M., & Saputro, A. H. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Di Marketplace Lazada: Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi. Retrieved from http://www.journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/2065

Kartika, M., Hidayat, W., & Tarigan, F. L. (2022). … TINGKAT PENGETAHUANPENGGUNAAN MEDIA DIDONG BAHASA GAYO DENGAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI WILAYAH …. JOURNAL OF HEALTHCARE …. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/1682

Kartika, M., Hidayat, W., & Tarigan, F. L. (2022). … TINGKAT PENGETAHUANPENGGUNAAN MEDIA DIDONG BAHASA GAYO DENGAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI WILAYAH …. JOURNAL OF HEALTHCARE. Retrieved from http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/1682

Ngalim, A., Markhamah, M., & Prayitno, H. J. (2018). Interferensi Leksikon Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia pada Promosi Penjualan. publikasiilmiah.ums.ac.id. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9952

Ngalim, A., Markhamah, M., & Prayitno, H. J. (2018). Interferensi Leksikon Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia pada Promosi Penjualan. publikasiilmiah.ums.ac.id. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9952

Pudyastuti, E., & Saputra, A. (2021). Upaya peningkatan keunggulan bersaing usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kota medan di masa pandemi covid-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen …. http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/195

Pudyastuti, E., & Saputra, A. (2021). Upaya peningkatan keunggulan bersaing usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kota medan di masa pandemi covid-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen. Retrieved from http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/195 DOI: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.195

Ristanti, F., Khasanah, U., & Kuntadi, C. (2022). Literature review pengaruh penerapan pajak umkm, sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/49

Ristanti, F., Khasanah, U., & Kuntadi, C. (2022). Literature review pengaruh penerapan pajak umkm, sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ilmu Multidisplin. Retrieved from https://greenpub.org/JIM/article/view/49 DOI: https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.49

Sari, K. W. (n.d.). Bahasa Inggris Sebagai Upaya Promosi Radio Republik Indonesia Dengan Menjadi Media Iklan Bagi Eddys. Fakultas Ilmu Budaya Universitas ….

Sari, K. W. (n.d.). Bahasa Inggris Sebagai Upaya Promosi Radio Republik Indonesia Dengan Menjadi Media Iklan Bagi Eddys. Fakultas Ilmu Budaya Universitas ... [This reference seems incomplete; please provide more information if available.]

Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan. https://jurnalekonomi.lipi.go.id/JEP/article/view/228

Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan. Retrieved from https://jurnalekonomi.lipi.go.id/JEP/article/view/228 DOI: https://doi.org/10.14203/JEP.26.1.2018.59-76

Yudistira, M. Y. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Promosi Pariwisata. Metonimia: Jurnal Sastra Dan …. https://ejurnal.bangunharapanbangsa.id/index.php/JSPK/article/view/99

Yudistira, M. Y. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Promosi Pariwisata. Metonimia: Jurnal Sastra Dan .... Retrieved from https://ejurnal.bangunharapanbangsa.id/index.php/JSPK/article/view/99

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Azahra, I. P., Wardhani, V. J., Devinta, L. C., Khaliala, N., Rohma, V. B., Bahanan, A. A. G., … Arya D, M. F. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Promosi Online Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Kelas Menengah. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2670

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.