Penggunaan Gaya Bahasa Indonesia Dalam Pemasaran Produk Wafer Tango

Authors

  • Intan Fairuz Hudiyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Maria Clarissa Amadearaya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Eka Margi Lestari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Mutiara Putri Syafa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Endira Meiliana Radianto Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2347

Keywords:

pemasaran, iklan, gaya bahasa

Abstract

Iklan adalah jenis informasi yang dibuat oleh seseorang, lembaga, atau perusahaan, dan ditujukan kepada khalayak dengan pesan menarik tentang barang atau jasa. Iklan dibuat dengan tujuan membujuk atau mendorong orang untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Sakaria (2016). Penelitian ini akan menyelidiki pengaruh gaya bahasa pada iklan Wafer Tango. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana gaya bahasa berdampak pada iklan tersebut dan juga untuk memberikan contoh penggunaan gaya bahasa dalam iklan Wafer Tango. Metode simak dan catat digunakan. Iklan di akun wafer tango di YouTube dan media sosial diperoleh dari tahun 2014 hingga 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa repetisi, hiperbola, retoris, dan persuasif digunakan dalam iklan Wafer Tango.

References

Aini, Q., Supriadi, O., & Suntoko, S. (2023). Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Grabfood Dan Rekomendasinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5496. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14472.

Arkiang, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214.

Azis, A. (2018). Strategi Media Relation Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sebagai Sarana Informasi Publik.

Chaer, Abdul. (2012). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineke Cipta.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing. Routledge.

Hariyati, F., & Rahmawati, Y. (2020). New Media Relations Strategy in Corporate Communication. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 452.

Hermawan, E. (2020). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 140. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.10 28.

Kuswarno, Engkus. (2015). Potret Wajah Masyarakat Digital Indonesia. Digital Jurnal Communicate, 1(1), 47-54.

Lazfihma. (2014). Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Minuman di Televisi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Lestari, Hani Dia, & Nusarini. (2017). Gaya Bahasa Artis dalam Media Sosial. JurnalCaraka, 3(2).

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offest.

Merdekawati, I. (2023). Penggunaan Bahasa Pada Iklan Indomie. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa (JURRIBAH), 2(1).

Nirmala, V. (2020). GAYA BAHASA DALAM IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI (Language Style in Commercial Advertising on Television). Vita Nirmala) BIDAR, 10(2), 1–12.

Nurfadhilah, A. (2021). Gaya Bahasa Retoris dalam Kumpulan Cerpen Metafora Padma Karya Bernard Batubara. LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 73–80.

Panjaitan, M. O., Telaumbanua, E. A., & Ariani, F. (2020). Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi “Danau Toba” Karya Sitor Situmorang. Asas: Jurnal Sastra, 9(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18341.

Rahmi, N. F. (2021). Analisis Tindak Tutur Dan Gaya Bahasa Repetisi Dalam Unggahan Istagram Alvi Syahrin. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra …, 32–39.

Ratiwi, Desak Putu Eka. (2015). Iklan Komersial pada Media Elektronik: Gaya Bahasa, Makna, dan Ideologi. Disertasi.

Ropal. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Vaseline Hand & Body Lotion pada Mini Market Alfi Kecamatan Babat Toman. Adminika, Vol. 4(2), 104-116.

Sakaria. (2016). Iklan Hoax Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Sawitri, C. I. I., Suryawati, I. G. A. A., & Purnawan, N. L. R. (2017). Strategi Media Relations ITDC dalam Membentuk Citra (Studi pada Event Nusa Dua Fiesta Periode 2014-2015). E-Jurnal Medium, 01(01), 1–8.

Sope Saleh Akbar. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87–100.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, et al. (2019). Seri 3 Riset Pemasaran dan Konsumen: Anova, Ancova, Regresi dan Structural Equation Modelling serta Kajian: Posisi Produk, Ekuitas Merek, Konsep Diri, Loyalitas Toko, Sikap dan Preferensi, Strategi Harga dan Keluhan Pelanggan. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.

Supranto. (2007). Perilaku dan Strategi Pemasaran: Untuk memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Syahputra, I. (2018). Strategi Media Relations Perusahaan Pertambangan Timah dan Agenda Setting Media di Bangka Belitung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 91. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15233.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.

Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Shopee).

Velásquez, D. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2715793.

Downloads

Published

2024-04-03

Issue

Section

Articles