Strategi Toko Online Pada Platform Shopee Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Penggunaan Kalimat Persuasif

Authors

  • Eva Lupitasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Chris Louis Budiarto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Novem Puri Ramadhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Desy Nirmala Sari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2343

Keywords:

Shoope, Stretegi Iklan, Kalimat Persuasif, Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk ; 1) Mengetahui strategi toko online shopee untuk menarik minat konsumen melalui penggunaan kalimat persuasive; 2) Mengetahui pengaruh penggunaan kalimat persuasif pada iklan toko online shopee dalam menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan; 3) Mengetahui pentingnya penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online shopee; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang berbasis literatur tentang strategi penggunaan kalimat persuasif oleh beberapa toko online shopee untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Hasil observasi tersebut akan ditemukan perbedaan bahasa iklan yang digunakan dalam toko online tersebut yaitu penggunaan kalimat persuasif. Kalimat persuasif yaitu kalimat ajakan (mengajak konsumen untuk membeli produk/jasa yang ditawarkan). Penggunaan kalimat persuasif dalam iklan toko online penting karena dapat dapaat mempengaruhi tindakan konsumen. Selain itu karena banyaknya toko online yang terdapat dalam shopee membuat persaingan semakin ketat untuk itu beberapa toko online shopee harus menerapkan strategi penggunaan kalimat persuasif.

References

Adi, W. (2019). Analisis Tekstual Gaya Bahasa Iklan Harbolnas Versi Sakit Jiwa Toko Online Bukalapak.Com di Internet. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 1–16. https://doi.org/10.21009/communicology.0602.0.

Aditya, F. E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah, 6(2), 75.

Agustina, M., KM, R. M., Wicaksono, B., Wulandari, D., Akmalia, E. N., Shakira, N., ... & Sholihatin, E. (2023). Analisis Ragam Bahasa dan Strategi Marketing pada Iklan 10.10 Aplikasi Belanja Online Shopee. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2803-2816.

Aini, M. (2020). Efektivitas Selebriti dalam Menarik Minat Konsumen pada Iklan Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA Banjarbaru).

Alfina, T., & Herdiana, H. R. (2022). KARAKTERISTIK LARAS BAHASA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN BISNIS. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 315-321.

Amaliyah, N. (2021). Sistem Pemasaran Shopee Melalui Flash Sale Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. IAIN Palangkaraya.

Amini, L. N., Fadhillah, R. A., Yuwono, E. E., Azzahra, N. R., Wulandari, C., & Sholihatin, E. (2023). Variety of Languages in Marketing of Scarlett Skincare Products On Social Media Instagram. Experimental Student Experiences, 1(6), 531-535.

Anisa & Murtadlo, Najiyyatul. (2022). Pengaruh Gaya Bahasa pada Iklan Promosi “Shopee COD”. Sinar Dunia: Jurnal Riseit Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan.

Ariyanti, L., & Iriani, S. S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491-508.

Aryani, M. (2021, April). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary, 6(26).

Az-Zahra, P. J., Susanti, H., Az-Zuhra, A. M., Samudra, Y. F., Utomo, S. S., & Sholihatin, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Ragam Bahasa Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 604–617. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4528.

Bima, B. G. (2021). 5 Jenis Video Paling Pas Untuk Social Media Marketing. Retrieved from https://contendr.co.id/blog/5-jenis-video-paling-pas-untuk-social-media-marketing.

Budiarti, N. Y. (2020). Bentuk Register pada Iklan Properti dalam Situs Jual Beli Online Olx. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.

Dimas Tutik, A., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 137–148.

Efendi, N. T. N. (2019). Pengaruh Iklan dan promosi Penjualan terhadap keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Belanja Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VI Program Studi Sarjana Manajemen STIE Sultan Agung). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1).

Eka, S. S., & Anna, W. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133.

Eka, S., & Karyaningsing. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Pada Marketplace Lazada, 2(2), 222.

Faisal, R. (2020). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id, PT Bank Mandiri (persero) Tbk. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64-74.

Fitri, N. A. (2022). Dampak E-commerce terhadap Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Platform Shopee). PROCURATIO: Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(2), 67-77.

Hermiati, R., Asnawati, & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa. Jurnal Media Infotama, 17(1), 54–66. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1317.

Kusumawati, D. P., Kusumaningsih, D., & Widayanti, M. (2023). Perbandingan Karakteristik Bahasa Iklan pada Situs Belanja Online Shopee dan Tokopedia. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1).

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58-80.

Nadya, A. L., & Sudharto, P. H. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pembeli di Marketplace Shopee). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 37-42.

Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar serambi Indonesia tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 3(2), 26-40.

Nazir, M. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia IndonesiaSelly.

Pasigai, M. A. (2010). Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 6(2), 51-56.

Pertama, M. R. (2023). Analisis Struktur Pesan Persuasif pada Konsumen Kopi Sastra “Tukucur” pada Kolom Review E-Commerce Tokopedia (Tesis PhD). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Saribu, H. D., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1).

Sholihatin, E., Fransrico, G. A., Amalia, A., Wijaya, A. F., Putri, F. A., Munir, M., & Sa’adah, S. K. (2023). Ragam Bahasa dalam Strategi Marketing Copywriter pada Media Penjualan Online Akun Instagram @minisoindo dan Akun Instagram @ussindonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6838-6845.

Suryana, A. (2014). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. Universitas Terbuka. https://infina.id/news/tips-menggunakan-kata-persuasif-untuk-promosi-bisnis.

Syafitri, I., & Yulianto, K. (2020). Pengaruh Iklan Instagram terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 2(1).

Utama, Ariani, N., & Setiawati, L. (2019). Analisis Pengaruh Bahasa Iklan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis.

Zahrah, A., Wardah, F. A., Frastystyandarum, F., Anggreani, S., Imalya, P., & Sholihatin, E. (2023). Pemilihan Bahasa dalam Strategi Marketing Pengiklanan Produk Sprite Melalui Media Televisi. Journal Manajemen dan Bisnis, 6(1).

Downloads

Published

2024-04-01

Issue

Section

Articles