Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan Edisi V pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Authors

  • Intan Christine Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Najwa Fasyah Universitas Negeri Medan
  • Natasya Poronika Panggabean Universitas Negeri Medan
  • Novia Marissa Valerina Pardosi Universitas Negeri Medan
  • Yati Virma Saragih Universitas Negeri Medan
  • Wisman Hadi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2502

Keywords:

Kesalahan Ejaan, Pilihan Diksi, Kalimat Efektif, Tugas Tertulis, Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan ejaan, pilihan diksi, dan penggunaan kalimat efektif dalam tugas tertulis mahasiswa Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan ejaan, pilihan diksi, dan penggunaan kalimat efektif dalam tugas tertulis mereka. Kesalahan ejaan yang paling sering ditemukan adalah penulisan kata yang tidak sesuai dengan EYD, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, dan penggunaan tanda baca yang salah. Kesalahan pilihan diksi yang paling sering ditemukan adalah penggunaan kata yang tidak baku, penggunaan kata yang tidak tepat makna, dan penggunaan kata yang tidak sesuai dengan konteks. Kesalahan penggunaan kalimat efektif yang paling sering ditemukan adalah kalimat yang tidak padu, kalimat yang tidak logis, dan kalimat yang tidak efektif.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam bidang Ejaan Bahasa Indonesia perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada mahasiswa tentang Ejaan Bahasa Indonesia, serta dengan meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam tugas tertulis mahasiswa.

References

Ana, P. A., & Yuliarti. (2020). Analisis kesalahan berbahasa pada makalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 50-57.

Anti, F. I. F., Salim, A., & Arsyad, J. (2020). Penggunaan bahasa jurnalistik dalam penulisan berita Metrojambi.com. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 165-188.

Anti, F. I. F., Salim, A., & Arsyad, J. (2020). Penggunaan bahasa jurnalistik dalam penulisan berita Metrojambi.com. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 165-188.

Anwar, K., Bahri, S., & Winata, N. T. (2023). Analisis kesalahan ejaan pada berita politik edisi April 2023 dalam media massa daring (DETIK.COM). Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 672-687.

Anwar, K., Bahri, S., & Winata, N. T. (2023). Analisis kesalahan ejaan pada berita politik edisi April 2023 dalam media massa daring (DETIK.COM). Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 672-687.

Diah, S., & Zaenudin, A. (2023). Buku ontologi dan buku linguistik.

Hanum, S. A. (2021). Analisis effect-size pengaruh bahan ajar fisika dan IPA terpadu terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 144-153.

Harahap, P. P. A., Siagian, S. Z., Lubis, Y. I., Simbolon, Y. Y., & Febriana, I. (2024). Peningkatan kemampuan siswa dalam membedakan bahasa baku dan bahasa tidak baku berdasarkan EYD. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 96-99.

Harefa, A. D. (2022). Kumpulan strategi & metode penulisan ilmiah terbaik dosen ilmu hukum di perguruan tinggi.

Harefa, D. (2020a). Differences in improving student physical learning outcomes using Think Talk Write learning model with Time Token learning model. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1(2), 35-40.

Harefa, D. (2020a). Differences in improving student physical learning outcomes using Think Talk Write learning model with Time Token learning model. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1(2), 35-40.

Harefa, D., & Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., & Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: Kajian untuk akademis. CV. Insan Cendeki.

Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: Kajian untuk akademis. CV. Insan Cendeki.

Harefa, M. H., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., & Laia, F. H. (2023). Relationship student learning interest to the learning outcomes of natural sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240-246. https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614.

Harefa, M. H., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., & Laia, F. H. (2023). Relationship student learning interest to the learning outcomes of natural sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240-246. https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614.

Haspen, C. D. T., & Syafriani. (2022). Praktikalitas dan efektivitas e-modul fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 10-16.

Haspen, C. D. T., Syafriani., & Ramli. (2021). E-modul fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(1), 95-101.

Haspen, C. D. T., Syafriani., & Ramli. (2021). E-modul fisika SMA berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(1), 95-101.

Hayati, A. (2020). Analisis kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 25-32.

Hayati, A. (2020). Analisis kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 25-32.

Hidayat, D., Yulianto, B., & Savitri, A. D. (2023). Refleksi karakter masyarakat Madura dalam film pendek Mata Pena: Kajian semiotika. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Khoirunnisa, Krismonika, Sumarlam, & Nugroho, M. (2023). Tipologi abreviasi dan akronim: Titik pijak awal pemanfaatan semantik dalam penyusunan kamus bahasa Indonesia. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Kurniawan, E. H., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas II SDN 8 Nagrikaler. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 618-628).

Kurniawan, E. H., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2021). Analisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas II SDN 8 Nagrikaler. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 618-628).

Melinda, D., & Putra, D. A. K. (2023). Karakteristik verba pada laki-laki dan perempuan dalam kolom komentar YouTube Narasi Newsroom. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 262-275.

Pamungkas, B. S., Nurhasanah, E., & Meliasanti, F. (2023). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam berita online Cikampek Info di Instagram dan rekomendasinya sebagai materi ajar tingkat SMP. Journal on Education.

Pamungkas, B. S., Nurhasanah, E., & Meliasanti, F. (2023). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam berita online Cikampek Info di Instagram dan rekomendasinya sebagai materi ajar tingkat SMP. Journal on Education.

Puspitasari, R. C., & Anggraini, P. (2022). Kesalahan berbahasa pada berita daring di website Malang Posco Media edisi Februari 2022. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rendy, I. (2023). Perancangan buku ajar tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.

Rosdiana, L. A. (2020). Kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia (EBI) pada karya ilmiah mahasiswa. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-11.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557-566.

Setyawati, N. (2019). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: Teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Simon, P. (2023). Analisis kesalahan ejaan pada karangan mahasiswa program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(8).

Susilowati, Y., & Prihatini, A. (2023). Motivasi belajar siswa dalam berliterasi di SD Negeri Kebonsari Kulon 6 Kota Probolinggo. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 221-241.

Sutrisno, T. (2023). Kesantunan berbahasa di Pelabuhan Talango Kab. Sumenep: Sebuah tinjauan sosiolinguistik. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 290-308.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Nainggolan, I. C., Fasyah, N., Panggabean, N. P., Pardosi, N. M. V., Saragih, Y. V., & Hadi, W. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan Edisi V pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2502

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.