Strategi Penerapan Kalimat Persuasif dalam Membangun Relasi Bisnis
Keywords:
penerapan kalimat persuasif, relasi, bisnisAbstract
Persaingan dunia bisnis semakin ketat dan membutuhkan strategi yang kompleks dan bisa dikatakan kreatif. Banyak pelaku bisnis yang berlomba untuk mendapatkan posisi terbaik untuk mendapatkan atau memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Kalimat Persuasif dalam membangun relasi bisnis adalah untuk memberikan manfaat kepada pembaca bagaimana cara yang meyakinkan dan mempengaruhi mereka untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk, menggunakan layanan, atau mendukung merek. dengan menggunakan strategi persuasif seperti logika, emosi, kredibilitas, kepentingan pribadi, dengan harapan mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, studi literatur merupakan sebuah metode penelitian yang serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengelolah bahan penelitian Penelitian studi literatur merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif (referensi) yang tidak melihat langsung dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan kalimat persuasif dalam membangun relasi bisnis dengan cara menerapkan berbagai prinsip salah satunya yaitu prinsip logos menyatakan bahwa untuk meyakinkan audiens, seorang pembicara harus secara konsisten menyajikan bukti dan mengikuti logika aturan penalaran yang teratur. pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip retorika dan penggunaan teknik-teknik persuasif yang tepat sangat penting untuk membangun kolaborasi yang sukses dan berkelanjutan. Dengan kesadaran akan pentingnya argumen yang logis, citra yang baik, dan komunikasi yang berkelanjutan, perusahaan dapat memperkuat posisinya dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam dunia bisnis yang kompetitif.
References
Changara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Eti Ramaniyar, A. A. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN. Jurnal Pendidikan Bahasa.
Fadhilla, Z. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Upaya Rekrutmen Agen Baru (Studi Pada Agen Asuransi PT Prudential Life Assurance Bandar Lampung). Journal UNILA.
Firdaus, Y. P., & Lubis, E. E. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Personal Selling Dalam Meningkatkan Nasabah Pada Produk Asuransi Umum di PT. Jasaraharja Putera Cabang Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. https://jom. unri. ac. id/index. php/JOMFSIP/article/view/10006/9667.
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa.
HANUM, F. (2014). PERAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA. Jurnal Ecobisma.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
hia, R. N. (2021). Analisis Retorika Aristoteles pada Kajian Ilmiah Media Sosial dalam Mempersuasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Hidayah, N. e. (2020). Combine Assurance Dalam Konteks Pengendalian. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi .
Hudaa, S. (2018). Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Journal UAD.
Ikhwan, M. N. (2023). Komunikasi Persuasif CV. Deca Reptiles Kediri dalam program kemitraan multi level marketing tahun 2017-2020 . Journal IAIN Kediri.
Iriandhy, B. S. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Pada Perusahaan Multi Level Marketing (MLM) FM Group Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Perusahaan FM Parfume. Journal UII.
Kestutis Peleckis, V. P. (2015). Persuasion in Business Negotiations: Strategic. Universal Journal of Management.
Kurniasih, D., & Wijaya, S. S. (2017). Kegagalan bisnis pemerintah desa: Studi tentang relasi bisnis-pemerintah pada pengelolaan badan usaha milik desa di Kabupaten Banyumas. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(2), 66-72.
Martini, E. (2023.). Etika Dan Komunikasi Di Dunia Kerja. Deepublish.
Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi. Journal UIN Sunan Gunung Djati.
Muslihatun, M. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF PEDAGANGDALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TALANG PADANG TANGGAMUS. Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Nurjanah, M. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan.
Pohan, D. D. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Journal Educational Research and Social Studies.
Putra, J. R. (2018). Analisis komunikasi persuasif badan narkotika nasional kota samarinda dalam sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa sekolah menengah atas kota samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi.
PUTRI, C. H. (2023). KESANTUNAN BERBAHASA TUTURAN SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 13 DEPOK TAHUN AJARAN . Journal UNILA.
Putri, P. K. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger.
Rahadhini, M. D. (2010). Peran public relations dalam membangun citra perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan.
Saputra, R. A. (2024). Teori dan Teknik Praktis Seni Berbicara di Era Digital. Banyumas: wawasan Ilmu.
Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi: Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi kepada Mahasiswa. Journal of Education and Teaching.
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Solihat, I. (2017). Strategi komunikasi persuasif pengurus gerakan pemuda hijrah dalam berdakwah. Journal UIN JAKARTA.
Syamsurizal, S. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Aktivitas Pemasaran (Studi Deskriptif Komunikasi Persuasif Presenter (Staff Pemasaran) dalam Merekrut Calon Mahasiwa Baru di Politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis.
Zaenuri, A. (2017). Teknik komunikasi persuasif dalam pengajaran. Journal of Applied Linguistics and Islamic Education.
Zain, N. L. (2017). Strategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Nomosleca.
Zain, N. L. (2017). trategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Nomosleca.
Downloads
Published
Versions
- 2024-04-30 (2)
- 2024-04-29 (1)