Komunikasi Lintas Budaya : Strategi Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Pertemuan Bisnis

Authors

  • Siska Putri Nur Pradani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Putri Ayuning Wardani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Naura Nurhaliza Afifah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Indira Sahesti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Kenny Tivan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2337

Keywords:

Bahasa Indonesia, Efektivitas Komunikasi, Pertemuan Bisnis

Abstract

Dalam setiap pertemuan bisnis, terjadi komunikasi dua arah yang sangat membutuhkan keterampilan berbahasa yang baik dan lancar. Keberhasilan komunikasi dalam konteks ini sangat bergantung pada strategi pemanfaatan Bahasa Indonesia yang efektif dan tepat. Melalui analisis mendalam terhadap interaksi bahasa, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi komunikasi bisnis yang tidak hanya memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, tetapi juga menciptakan atmosfer kolaboratif yang mendukung kesuksesan pertemuan bisnis. Faktor budaya dan nuansa linguistik turut dipertimbangkan untuk memahami konteks yang lebih luas. Hasil penelitian ini, dengan demikian, memberikan panduan praktis bagi para profesional bisnis dan komunikator untuk memanfaatkan Bahasa Indonesia secara optimal dalam pertemuan bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi di dalam dunia bisnis Indonesia yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam dan mengeksplorasi strategi yang digunakan dalam pemanfaatan Bahasa Indonesia pada pertemuan bisnis, serta dampaknya terhadap efektivitas komunikasi.

References

Ambasari, N., & Rivanti, N. A. (2023). Desain materi pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam ranah komunikasi bisnis: analisis kebutuhan dan perspektif mahasiswa asing. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 5(2).

Ati, A. P., Oktaviana, R. N., & Sodik, N. (2020). Etika penerapan Bahasa Indonesia dalam Bidang Bisnis (Perdagangan) di SMP Negeri 17 Depok. Karya Ilmiah Pengabdain Masyarakat, 1(2).

Aulia, F., Prasetyo, D., & Wibawanti, N. R. A. (2022). Strategi Pemasaran Digital Meningkatkan UMKM Kampung Kue Rungkut Surabaya. Prapanca: Jurnal Abdimas, 2(2), 98–104. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i2.357.

Aurellia. (2022). [STUDENT CORNER] FUNGSI DAN PERAN BAHASA INDONESIA DALAM BERBISNIS. Digital Language Learning Center BINUS University. Diakses pada 2 Januari 2024, dari https://lc.binus.ac.id/2022/12/17/student-corner-fungsi-dan-peran-bahasa-indonesia-dalam-berbisnis/.

Fatmawati, K., Purwantiningsih, E. S., Kusuma, R. A., Indrawati, A., Wardana, L. W., & Rahma, A. (2023). Implementation of Entrepreneurship Learning in Business Centers at the Vocational High School Level: Systematic Literature Review (SLR). International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities, 1(2), 38–52.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 158. Diakses pada 16 Februari 2022, dari https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP.

Hermanto, B., Tahir, R., Bisnis, D. A., & Padjadjaran, U. (2021). Sosialisasi Layanan Financial Technology Bagi Pelaku Industri Pariwisata Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 471–477 https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/35700.

Kristiyono, J., Safitri, D. E., Savira, A. N. U., Nurmala, T., Jauhariya, K. C., & Kurniawati, H. P. (2023). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing Program Kewirausahaan Batik Poetra Dolokgede di Kabupaten Bojonegoro Melalui Kegiatan “Sinau Bareng” Ademos Indonesia. Prapanca: Jurnal Abdimas, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.433.

Lestari, S. P., Haryono, A. T., & Febrianto, A. R. (2022). Ketahanan UMKM Menghadapi Masa Pandemi Covid (Studi Kasus Pada UMKM Olahan Pangan dan Toko Klontong di Kota Semarang). In Seminar Nasional Riset Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan (Vol. 1, Issue 2). https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1236.

Melatnebar, B. (2018). Pengaruh Sisteme-Billing Pajak dan e-Filling Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan. Media Akuntansi Perpajakan, 3(1), 48–57.

Misnawati, M., Purwaka, A., Nurachmana, A., Cuesdeyeni, P., Christy, N. A., Ramadhan, I. Y., ... & Jumadi, J. (2024). Bahasa Indonesia untuk Keperluan Akademik Era Digital. Yayasan DPI.

Mulyadi, D. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Berbasis Bahasa Indonesia. Rajawali Pers.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Oktari, Y., Melatnebar, B., & Kurniawan, K. (2021). The Influence of Profitability, Leverage and Company Size on Tax Aggresiveness. Eco-fin, 3, 56.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Universitas Padjajaran, 3(1).

Patmarina. (2017). Pengembangan Model Strategi Bisnis Pengusaha Keripik di Kawasan Sentra Industri Keripik Kelurahan All Mider Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Retrieved from Google Scholar: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmb/article/see.

Prama, Wildan Ardiansyah. (2017). Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Strategi Persaingan Usaha Garmen di Fidanza Store, ITC Mega Grosir Surabaya, Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Riset.

Prasnowo, M. A., Aziz, M. S., Indrasari, M., Pamuji, E., & Prasetyo, D. (2023). Membangun Ekosistem Kewirausahaan Digital Syariah Bagi UMKM di Wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Prapanca: Jurnal Abdimas, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i1.428.

Pratama, A., & Yunina, R. (2021). Model Pemasaran Digital Produk Sana Drinks Melalui Instagram Ads Dan Jasa Pengiklanan Kooda Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(2).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Rahmawati, A. (2017). Education Method of Lectures and Discussions toward Health Cadre Ability in Early. Jurnal Ilmiah Pemenang.

Rumahorbo, L. G., Meyra, S. A., & Simanjuntak, I. R. (2023). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Marketing Di Perusahaan Honda Pt Lumenindo Gilang Cahaya Surabaya. Jurnal ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15).

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, 2(1), 80–86.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, I., Fordian, D., & Rusdin, R. (2019). Pelatihan Dasar Dan Workshop Kewirausahaan di Desa Cintaratu Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24706.

Susanta, G., & Syamsudin, M. A. (2009). Cara Mudah Mendirikan dan Mengelola UMKM. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sutrisna, A., & Arisman, A. (2021). Perbandingan: Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata Pra Dan Masa Pandemi Covid-19 di Objek Wisata Pantai Pangandaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1213. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1658.

Sutrisna, A., & Lestari, S. P. (2021). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pariwisata di Era Pandemi Covid-19 Berdasarkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 62. https://doi.org/10.33087/eksis.v12i1.224.

Turangan, J. (2023). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Marketplace untuk Meningkatkan Omset Penjualan bagi Pelaku UMKM Kuliner Jakarta Pusat. Prapanca: Jurnal Abdimas, 3(2), 129–134. https://doi.org/10.37826/prapanca.v3i2.534 .

Wahyuni, S. (2018). Peran Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Bisnis di Era Digital. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Pradani, S. P. N. ., Wardani, P. A., Afifah, N. N., Sahesti, I., Tivan, K., & Arum, D. P. (2024). Komunikasi Lintas Budaya : Strategi Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Pertemuan Bisnis. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2337

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.