Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Buku Ajar Al Asri pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo

Authors

  • Mochamad Nur Ichsan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Imamfauzi Imamfauzi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2861

Keywords:

Buku Ajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hasil belajar bahasa Arab di kalangan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo, menggunakan buku ajar Al Ashri. Mengingat strategi pendidikan yang bervariasi di antara kelas, ada kebutuhan untuk mengevaluasi efektivitasnya relatif terhadap standar kompetensi minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan sampel acak terstratifikasi untuk memilih 84 dari 181 siswa, menggabungkan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Analisis melibatkan perhitungan skor rata-rata untuk kategori kelas yang berbeda—Orientasi (78,3), Tahfidz (87,6), dan Unggulan (72,2)—dengan rata-rata keseluruhan 76,7 untuk semua kelas, menunjukkan bahwa hasil belajar memenuhi persyaratan KKM. Penelitian ini menekankan efektivitas strategi instruksional yang berbeda dalam mencapai standar kompetensi dalam pendidikan bahasa Arab.

 

References

Abdul Kholiq S.Pd.I, M.Pd. (n.d.). Wawancara.

Ahmad Nizar Rangkuti, S. Si., M. Pd. (n.d.). Menentukan Jumlah sampel dalam Penelitian.

Aulia, R., & Fauzi, I. (n.d.). Pengembangan Buku Al-Ashri untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Sidoarjo.

Etri Mulyati. (n.d.). Studi Komparasi Prestasi hasil Belajar Bahasa Arab Berdasarkan Bahan Ajar Antara MAN Tempel dan MAN Godean Yogyakarta.

Haning Rofi’ah. (2022). Analisis Bahan Ajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Raudlatul Ulum Guyangan Pati Perspektif ‘Abdurraḥmān Al-Fawzān, Alsina: Journal of Arabic Studies, 4(1), 115-140. DOI: https://doi.org/10.21580/alsina.4.1.13139

Irsyad Kholif Fatkhurrozaq. (2015). Prestasi Belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII dan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta (Studi Komparasi).

Khairi Abu Syairi. (2013). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB. E-Journal IAIN Samarinda (Institut Agama Islam Negeri), Dinamika Ilmu, 1, Juni 2013.

Mirwan Akhmad Taufiq, Primasti Nur Yusrin Hidayanti, & Faris Maturedy. (2021). Analisis Buku Bahasa Arab Tingkat MPDM Muhammadiyah. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab.

Muhammad Arif Syaifuddin, & Eny Fariyatun Wahyunu, UMSIDA. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358

Mukaramah. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Bahan Ajar Al-ASHRI (Studi kasus pada Siswa SMK MUHAMMADIYAH 2 MALANG).

Muzaffar, A. (n.d.). Derivasi Indikator Hasil Belajar Bahasa Arab.

Novitasari Apriliani. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas kelas Mumtaz Tsani Putri.

Nugra Heny Apriliah, S.Pd.I., & Riza Arif Achmadi, S.Th.I. (2018). Buku Paket Ajar Al Ashri untuk SMP/MTs Muhammadiyah.

Primasti Nur Yusrin Hidayanti, Mirwan Akhmad Taufiq, & Faris Maturedy. (2021). Analisis Buku Bahasa Arab Tingkat MPDM Muhammadiyah. Jurnal, Desember 2021.

Santi. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi Kasus terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa kelas X SMK Pondok Pesantren Muhammadiyah Buakkang Kec. Bungaya Kab. GOWA).

SMP Muhammadiyah 2 Taman. (n.d.). Brosur Sekolah.

Tim Kurikulum Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. (2017). Kurikulum Pendidikan Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA).

Utama, I. G. B. R. S. E., MMA, MA. (2016). Teknik Sampling dan Penentuan jumlah sampel.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Ichsan, M. N., & Imamfauzi, I. (2024). Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Buku Ajar Al Asri pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2861

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.