Bimbingan Nahwu Premium Berbasis Online di Yayasan

Authors

  • Rina Aditia Dwi Astuti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Khizanatul Hikmah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2857

Keywords:

BINUM Program, Nahwu Guidance, Online Learning

Abstract

Perkembangan teknologi membuat semua rumpun pendidikan bergerak maju mengikuti peradaban, termasuk pembelajaran nahwu. Ilmu nahwu kini dapat diakses secara online melalui program bimbingan nahwu premium (BINUM) di yayasan BISA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pembelajaran berbasis online pada program BINUM di yayasan BISA serta faktor pendukung sekaligus penghambat dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian pembelajaran BINUM terbagi menjadi tiga tahapan. Persiapan, pembelajaran (Pembelajaran online melalui Whatsapp group,dan Zoom), dan evaluasi. Faktor pendukung pembelajaran meliputi, pembelajaran dilakukan pada hari libur, diktat atau modul pendamping belajar, serta media materi pembelajaran yang beragam (audio, transkip, poster, dan video). Adapun faktor penghambat pembelajaran antara lain, kurang stabilnya jaringan internet, dan membutuhkan media elektronik yang memadai seperti smartphone dan laptop.

References

Admin. (2023, March 5). Bimbingan Nahwu Premium Berbasis Online. Bimbingan Islam Dan Bahasa Arab. https://www.bisa.id/binum/

Alhasyimi, A. (1354 H). Alqawaidu Al Islmiyyahli Lughati 'Arabiyah. Lebanon: Darul Kitab Al 'Alamiyah/Darul Fikri.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. J. Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Aprilia, N., Hamdiah, H., & ridha, M. (2021). Musykilaatu Thalabah fi Ta’allumi Nahwu bi ‘Amaliyati Ta’allum ‘an Bu’di bi Qismi Ta’lim Allughatul ‘Arabiyah bi Jami’ati Ar Raniri Al Islamiyah Al Khukumiyah. LISANUNA, 11(2), 238–247. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Aryobimo, B. (2021). Analisis Butir Soal Latihan pada Buku al-Naḥw al-Wāḍīḥ untuk Siswa Madrasah Aliyah. Al-Ma‘rifah, 18(2), 127–138. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.02 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.02

Azzuhri, M. (1970). Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi. INSANIA J. Pemikir. Altern. Kependidikan, 14(3), 348–445. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360 DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360

Choiroh, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. J. Naskhi J. Kaji. Pendidik. Dan Bhs. Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554 DOI: https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Daroeni, N., Walfajri, & Khotijah. (2020). Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MAN 1 Metro, Lampung. Al-Ma‘rifah, 17(2), 127–138. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.03 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.03

Dzakiruddin, M., & Yusuf, K. (2022). Linguistik Forensik sebagai Bahan Ajar untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ma‘rifah, 19(1), 23–40. https://doi.org/10.21009/almakrifah.19.01.03 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.19.01.03

Faizah, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Islam Tengaran. LISANIA J. Arab. Educ. Lit., 3(2), 143–162. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.143-162 DOI: https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.143-162

atil 'Arabiyah li Ghairi An Nathiqina bi ha. Riyadh: Al Arabiyah li Jami'.

Firmansyah, F., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Studi Analisis Pemanfaatan Whatsapp dalam Pembelajaran Daring Akidah Akhlak pada Siswa Madrasah Aliyah. EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 3(5), 2886–2897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1018 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1018

Hariani, N. M. M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SAINS SD SECARA DARING MELALUI MEDIA WhatsApp GROUP SELAMA PANDEMI COVID-19. Widya Genitri J. Ilm. Pendidik. Agama Dan Kebud. Hindu, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.384 DOI: https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i1.384

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Tarib J. Ilm. Program Studi Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902 DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Itsarul Ikhwan, A., Syihabuddin, & Ali, M. (2021). Problematika Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Al-Ma‘rifah, 18(2), 121–126. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.01 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.01

Jundi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Naḥwu dengan Sistem Daring. Al-Ma‘rifah, 17(2), 105–118. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.01 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.01

Khasanah, K., Nasan, E., & Jus’aini, J. (2021). EFEKTIFITAS MEDIA WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(01), 47–75. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339 DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339

Kuswanto, J. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X. J. Perspekt. Pendidik., 12(2), 11–20. https://doi.org/10.31540/jpp.v12i2.203 DOI: https://doi.org/10.31540/jpp.v12i2.203

Mabruroh, M., & Gustiana, A. (2020). Tasmim Al Mawad At Ta'limiyah limaharati Al Qira ah li Thalibat Qismi Tiknolojian Al Ma'lumat. Nabighoh J. Pendidik. Dan Pembelajaran Bhs. Arab, 22(01), 113. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.1704 DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.1704

Meleong, L. J. (1989). Metologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mimi, M. P. S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MATA KULIAH INSYA’ DI STAI MA’ARIF SAROLANGUN. El-Jaudah J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Arab, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134 DOI: https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134

Mufti, A. (2022). Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Ma‘rifah, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/almakrifah.19.01.02 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.19.01.02

Nabilla, R., Kartika, T., & Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Lampung. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. J. Interak. J. Ilmu Komun., 4(2), 193–202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595 DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595

Nurhaliza, A., Sudjani, D. H., & Maryani, N. (2022, January). Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19. Tatsqifiy J. Pendidik. Bhs. Arab, 3(1), 57. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4722 DOI: https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4722

Ridho, U. (2018). EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nabighoh J. Pendidik. Dan Pembelajaran Bhs. Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124 DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Rizal, M., Syihabuddin, S., & Mad‘ali, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK. Tsaqofiya J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Arab, 3(2), 199–213. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.77 DOI: https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v3i2.77

Sa’adah, N. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU BAGI TINGKAT PEMULA MENGGUNAKAN ARAB PEGON. Lisanan Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995 DOI: https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Sadat, F. A. (2020). PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID 19. Tsaqafatuna, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.33 DOI: https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.33

Sanusi, A., & Fahmi Yahya Abdil Haq. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Adobe Animate CC di Sekolah. Al-Ma‘rifah, 18(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.01.01 DOI: https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.01.01

Susanto, A., Unton, A. R., & Yuharni. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PELAJARAN MATEMATIKA SD. Edutainment J. Ilmu Pendidik. Dan Kependidikan, 10(1), 19–25. https://doi.org/10.35438/e.v10i1.639 DOI: https://doi.org/10.35438/e.v10i1.639

'Ulwan Al Jasy'imi, M. (2007). An Nahwu wa Tharaiqu Tadrisihi Min Qarni Awwal lil Hijrati ila Qarni Ar Rabi' lil Hijrati. Majalah Diyali, 26, 147–177.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Astuti, R. A. D., & Hikmah, K. (2024). Bimbingan Nahwu Premium Berbasis Online di Yayasan. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(2), 15. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2857

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.