Analisis Keanekaragaman Biologi dalam Konteks Penggunaan Bahasa Indonesia: Upaya Peningkatan Literasi Sains di Kalangan Pelajar
Keywords:
Keanekaragaman biologi, Bahasa Indonesia, Literasi sains, Pelajar, Studi pustakaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman biologi dalam konteks penggunaan Bahasa Indonesia sebagai upaya meningkatkan literasi sains di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang hanya berdasarkan studi pustaka. Melalui analisis ini, ditemukan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam konteks pembelajaran biologi dapat memfasilitasi pemahaman yang lebih baik bagi pelajar, terutama mereka yang memiliki keterbatasan dalam pemahaman bahasa asing. Pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep biologi dapat mendorong peningkatan literasi sains di kalangan pelajar, memungkinkan mereka untuk mengartikulasikan pengetahuan dan gagasan mereka dengan lebih efektif. Selain itu, penggunaan Bahasa Indonesia juga memungkinkan integrasi budaya lokal dalam pembelajaran biologi, yang dapat meningkatkan relevansi materi dan memperkuat identitas budaya pelajar. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam konteks pembelajaran biologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi sains di kalangan pelajar, serta memperkaya pengalaman belajar mereka melalui pendekatan yang inklusif dan relevan secara budaya.
References
Maula, A. N., Nasabella, N., Lajuardi, A. M., Mahardika, I. K., & Baktiarso, S. (2023). Upaya Pengembangan Literasi Sains Siswa Berbasis E-Book. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(2), 97–99. https://doi.org/10.31605/phy.v5i2.2202
Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.287
Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 248-258.
Lestari, P., Wardani, S., & Khusniati, M. (2019). Model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 38-51.
Maria, M., Riswandi, R., & Pujiati, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3).
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5.
Lidia, R., Sarwi, S., & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan metakognitif siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 104-111.
Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas 3 SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558-568.
Malkan, M., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 995-1000.
Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240-250.
Winarti, T., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 387-396.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Ashlin Nur Aniyah, Friska Isabella Siahaan, Indah Nurkhofifah, Ika Febriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.