Analisis Keanekaragaman Biologi dalam Konteks Penggunaan Bahasa Indonesia: Upaya Peningkatan Literasi Sains di Kalangan Pelajar

Authors

  • Aulia Ashlin Nur Aniyah Universitas Negeri Medan
  • Friska Isabella Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Indah Nurkhofifah Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan

Keywords:

Keanekaragaman biologi, Bahasa Indonesia, Literasi sains, Pelajar, Studi pustaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman biologi dalam konteks penggunaan Bahasa Indonesia sebagai upaya meningkatkan literasi sains di kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang hanya berdasarkan studi pustaka. Melalui analisis ini, ditemukan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam konteks pembelajaran biologi dapat memfasilitasi pemahaman yang lebih baik bagi pelajar, terutama mereka yang memiliki keterbatasan dalam pemahaman bahasa asing. Pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep biologi dapat mendorong peningkatan literasi sains di kalangan pelajar, memungkinkan mereka untuk mengartikulasikan pengetahuan dan gagasan mereka dengan lebih efektif. Selain itu, penggunaan Bahasa Indonesia juga memungkinkan integrasi budaya lokal dalam pembelajaran biologi, yang dapat meningkatkan relevansi materi dan memperkuat identitas budaya pelajar. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam konteks pembelajaran biologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi sains di kalangan pelajar, serta memperkaya pengalaman belajar mereka melalui pendekatan yang inklusif dan relevan secara budaya.

References

Maula, A. N., Nasabella, N., Lajuardi, A. M., Mahardika, I. K., & Baktiarso, S. (2023). Upaya Pengembangan Literasi Sains Siswa Berbasis E-Book. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(2), 97–99. https://doi.org/10.31605/phy.v5i2.2202

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.287

Erayani, L. G. N., & Jampel, I. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 248-258.

Lestari, P., Wardani, S., & Khusniati, M. (2019). Model problem based learning berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 38-51.

Maria, M., Riswandi, R., & Pujiati, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3).

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5.

Lidia, R., Sarwi, S., & Nugroho, S. E. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul terhadap kemampuan metakognitif siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 104-111.

Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas 3 SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558-568.

Malkan, M., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Powtoon Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 995-1000.

Utami, F. P., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240-250.

Winarti, T., Fatirul, A. N., & Hartono, H. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Learing Creativity Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 387-396.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Aniyah, A. A. N., Siahaan, F. I., Nurkhofifah, I., & Febriana , I. (2023). Analisis Keanekaragaman Biologi dalam Konteks Penggunaan Bahasa Indonesia: Upaya Peningkatan Literasi Sains di Kalangan Pelajar. Jurnal Biologi, 1(3), 1–7. Retrieved from https://journal.pubmedia.id/index.php/biology/article/view/2591

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)