Penerapan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Panji

Authors

  • Siti Anindya Putri
  • Ali Usman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Imam Prajoko Slamet Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1966

Keywords:

Inovasi, Canva, Media pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan segala aktivitas manusia dipermudah dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Maka, dengan adanya Era Digital 4.0, banyak orang menjadi konsumtif dalam menggunakan smartphone dan perangkat pintar mereka. Tidak dapat dipungkiri, hal ini juga terjadi pada sebagian besar pelajar saat ini. Oleh karena itu, sebagai pendidik, kita harus menyikapi fenomena ini dengan menjadikan smartphone dan perangkat pintarnya sebagai media pembelajaran yang memudahkan mereka untuk belajar dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang me-nyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi penggunaan Canva sebagai media pembelajaran biologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pemanfaatan media pem-belajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Canva, dimana Canva merupakan platform desain grafis gratis yang sangat sesuai digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pemula hingga profesional, dan fitur-fitur yang tersedia sangat mudah untuk dipahami. Survei dalam penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus meliputi dua kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMAN 1 Panji yang berjumlah 37 orang. Sumber data yang diperoleh adalah observasi, tes, dan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X-3 SMAN 1 Panji mengalami mengalami peningkatan setelah menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva. Hasil tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklusnya.

References

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Indrasuari, N. K. S. 2017. Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3): 138-148. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323

Ardian, A. and Munadi, S. 2015. Pengaruh strategi pembelajaran student-centered learning dan kemampuan spasial terhadap kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. 22(4): 454-466. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. 2021. Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 2(2): 40-51. DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Citradevi, C.P. 2023. Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(2): 270-275. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Djamarah, S. B. dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Endaningsih, N., Maryani, S.E, dan Sukawismani, S.S. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(1): 10-22. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.83

Hanifah, N. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. 2(2): 226-233. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339

Harrison J.K, David Lubinski, Camilla P. B. and James H.S. 2013. Creativity and Technical Innovation: Spatial Ability’s Unique Role. Psychological Science. 24 (9): 1831–1836. DOI: https://doi.org/10.1177/0956797613478615

Hesson, M., and Shad, K.F. 2007. A Student- Centered Learning Model. American Journal of Applied Sciences. 4 (9): 628-636 DOI: https://doi.org/10.3844/ajassp.2007.628.636

Jamadi. 2021. Problematika Pembelajaran Daring dan Solusinya Studi Kasus di SMKN 4 Yogyakarta. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik. 1(1): 78-88 DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.484

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. 2021. Teachers’ Attitudes Towards social media (SM) Use in Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: The Effects of SM Use by Teachers and Religious Scholars During Physical Distancing. Journal Heliyon. 7(4), 1–9. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781

Kamelia, K. 2019. Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom: Expressing Congratulation and Hopes. Utama: Journal of Ultimate Research and Trends in Education. 1(1): 34–38. DOI: https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2742

Kesuma, Amelia T. 2013. Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Penerbit Esensi.

Kristanto, A., Sulistiowati, & Pradana, H. D. 2021. Brain-Based Online Learning Design in The Disruptive Era for Students in University. Journal of Educational and Social Research. 11(6): 277-287. DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0147

Kusnandar, K. 2014. Pengembangan Bahan Belajar Digital Learning Object. Jurnal Teknodik. 17(1): 583–595. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.69

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A.T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12(2): 317-327.

Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny. 2022. Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 13(2): 188-201. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D. dan Nujhani, M. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Saputra, D. I., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. 2013. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Logika Fuzzy. Innovation of Vocational Technology Education. 9(1): 13–34. DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v9i1.5089

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Badjuri, & Anwar, K. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran PBL Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas XII IPA. Jurnal Ilmu Sejarah. Sosial, Budaya Dan Kependidikan. 5(2): 116–128.

Surtiyani, S. 2016. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD melalui Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 1(2): 36-52.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. 7(2): 1-10. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Uno, B. Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Putri, S. A. ., Usman, A., & Slamet, I. P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Panji. Jurnal Biologi, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1966

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)