Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

Authors

  • Dina Ayu Lestari Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • You She Melly Anne Dharasta Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/aero.v1i1.2331

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Transportasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern karena membantu orang menghubungkan satu tempat ke tempat lain dan memainkan peran penting dalam kemajuan sebuah negara. Kemajuan dalam transportasi berkorelasi langsung dengan kemajuan sebuah negara, karena bertambah canggihnya transportasi sebuah negara, bertambah maju negara tersebut. Penelitian bertujuan guna mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi pada kepuasan pengguna jasa transportasi dalam studi kasus yang melibatkan pengguna Jasa Bus Damri di Bandara Soekarno-Hatta. Jenis penelitian yaitu kuantitatif, dan sumber data penelitian yakni sampel pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta berjumlah 99,99 yang ditetapkan menjadi 100 sampel. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner pada seratus responden dan data penelitian mempergunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan Lokasi tidak mempengaruhi signifikan pada kepuasan pelanggan Damri di Bandara Soekarno-Hatta.

References

Adityarahman, d. (2013). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 94-99. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11

Ariana, R. (2016). Analisis Pasar Dan Pemasaran. 1-23.

Armasaid, D. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Member Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai DOI: https://doi.org/10.25273/capital.v6i1.13755

Astutik, S. P., & Hendra, F. R. (2022). Analisis Proses Kerja Petugas Aviation Security (Avsec) dalam Meningkatkan Keamanan Penerbangan di Bandar Udara. Jurnal Kewarganegaraan, 3. DOI: https://doi.org/10.51903/jupea.v3i1.603

Bhanu, Y., Destyana, M., & dkk. (2020). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Security Awarness bagi Pegawai Unit Penyelenggara Bandar Udara Ranai-Natuna. Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 2.

Budiman, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. Bab III Metoda Penelitian, 1-9. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4724

Buffa, E. (1996). Manajemen Operasi dan Produksi jilid I. Jakarta: LP FE UI.

Fatmayati, F., & utama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Pelanggan Maskapai Penerbangan Nam Air di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 2013- 2022.

Firmansyah. (2019). Pemasaran (Dasar & Konsep). CV Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2017). Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program IBM SPSS 24. Universitas Dipenogoro.

Goesth, & Davis. (2019). Quality Management for Organizational Excellence. Pearson.

H, S. (2020). Manajemen Pemasaran. CV Pustaka Abadi.

Hasan, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Prettyfit Pada Pt.Christoper Adidaya Rekananda. Skripsi, 6-25.

Hastuti. (2019). Pengaruh Kulaitas Pelayanan Dan Service Cave Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kape Kupu Bistro Bandung. 21-75.

Junior, O. M. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 1. DOI: https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9

Karolina, N., Hardiyana, & dkk. (2016). Tanggung Jawab Pengusaha Angkutan Udara Terhadap Penumpang Maskapai Garuda Indonesia Yang Mengalami Keterlambatan Penerbangan di Bandara Udara. Journal Ground Handling Dirgantara, 17.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kastanya, J., Takaselumang, M., & dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Unit Aviation Security terhadap Kepuasan Penumpang pada Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong. Innovative Education Journal, 246- 247.

Lintang, R. (2018). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Biro Perjalanan Pt. Pacto Tour Dan Travel Medan. 7-31.

Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan.

Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosie E-Kons, 181. DOI: https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718

Purwani, & Wahdiniwaty, R. (2017). Kualitas Pelayanan.

Rinaldi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kargo Maskapai Citilink Bandar Udara Hasan Sampit. Kewarganegaraan, 1251-1266.

Rosfitasari, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU Pertamina Retail di Samarinda NO.61.751.02 Karang Asam di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman.

Rozi, I. A. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manaemen, 1-20.

Sattar. (2019). Manajemen Kearsipan. Pustaka ID.

Setiani, A. (2017). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Alfabeta.

Setiani, B. (2015). Prinsip-prinsip Manajemen Pengolaan Bandar Udara. Jurnal Ilmiah WIDYA, 25-32.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang - Undang Penerbangan No 1 . (2009).

Usman, A. G. (1998). gambaran kesadaran akan keselamatan (safety awareness) dalam Menjalankan Pekerjaan pada Tempat Ketinggian. 1-10.

Vandiah, H. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Celebrity Endorses Terhadap Minat Beli Produk Skincare Scarlett (Studi Kasus Mahasiswa Stei 2018 Yang Berbelanja Di E-Commerce). Bab III Metode Penelitian, 1-9.

Yuzal, H. (2005). Pengembangan Terminal Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Nanggroe Aceh Darussalam.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Lestari, D. A. ., & Dharasta , Y. S. M. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Aerospace Engineering, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/aero.v1i1.2331

Issue

Section

Articles