Dampak Pengembangan Area Terminal Domestik terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/aero.v1i3.2760Keywords:
Pengembangan Terminal, Kepuasan PenumpangAbstract
Pengembangan area terminal pada suatu bandara menjadi salah satu hal penting dan sangat diperlukan, mengingat tingginya mobilitas penumpang di suatu bandara yang meningkat pesat.. Hal ini terjadi pada Bandar Udara manapun, salah satunya pada Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, dengan meningkatnya jumlah penumpang setiap tahunya tentunya mengakibatkan kepadatan penumpang pada area terminal. Dengan adanya pengembangan pada suatu terminal akan berdampak pada kepuasan penumpang karena akan berkaitan pada seluruh isi dalam terminal itu sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak pengembangan area terminal domestik terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang didapatkan dari perhitungan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, uji T dan koefisien determinasi, dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 23. Didapatkan hasil nilai uji T yaitu 0,064, hal ini menunjukkan tidak ada dampak signifikan pengembangan terminal terhadap kepuasan penumpang. Untuk nilai R square sebesar 0,035, menunjukkan besar pengaruh antara variabel pengembangan terminal terhadap variabel kepuasan penumpang hanya sebesar 3,5%.
References
Anggi Ditia, G. A. L. U. H. (2021). Pengaruh Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Kalimarau Berau (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Annex 14 – Aerodromes Volume 1, 2013, Aerodrome Design and Operations the on Internasional Civil Aviation (ICAO).
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asisah Ramadhani, F. (2022). Pengaruh Pelayanan Area Kedatangan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Ghozali. (2018) Uji Asumsi Klasik diakses pada 11 Januari 2024 melalui https://kc.umn.ac.id/.
Graha, R. G. S., & Santosa, W. (2015). Evaluasi Pengembangan Terminal Penumpang Bandar Udara Husein Sastranegara. Jurnal Transportasi, 15(3).
Haqiqi, I. M., & Ambarsari, N. A. (2023). Pengaruh Tingkat Keamanan Dan Pelayanan Petugas Avsec Pasca Event Motogp Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 5(1), 197-211.
Hawkins, L. (2016). Indikator Kepuasaan Konsumen.
Horonjeff, R., McKelvey, F. X., Sproule, W., & Young, S. (1962). Planning and design of airports (Vol. 3). New York: McGraw-Hill.
Indonesia, B. P. S. (n.d.). Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Utama - Tabel Statistik. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjYjMg==/jumlah-penumpang-pesawat-di-bandara-utama.html.
Indonesia, S. N. (2004). Terminal Penumpang Bandar Udara. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta.
Liputan Khusus. (n.d.). Retrieved from https://dephub.go.id/post/read/pembangunan-bandara-untuk-tingkatkan-konektivitas-dan-dukung-pariwisata.
Magdalena, N. (2022). Analisis Dampak Sosial Dan Ekonomi Pasca Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta Terhadap Kehidupan Masyarakat Bagi Pemuda Dan Pemudi Di Desa Glagah Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1103-1110.
Maharani, Maharani. 2021. Pengaruh Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Di Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Oktyaninoor, S. (2021). Analisis Penanganan Bagasi Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Garuda Indonesia Pt. Gapura Angkasa Di Yogyakarta International Airport (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 178 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Dalam Negeri,
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 Tahun 2019 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.
PUTRI, P. E. (2020). Pengembangan Terminal Penumpang Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. Jurnal Poster Pirata Syandana, 1(02).
Sari Fitrina Silmi, 2019, Kepuasan Penumpang Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Penumpang Citilink Di Bandar Internasional Juanda. Repository. Sttiesia.ac.id
Setiawan, A. (2018). Analisis faktor penunjang pengoptimalan kinerja terminal Kabupaten Kapuas. Jurnal Teknologi Berkelanjutan, 7(02), 90-96. DOI: https://doi.org/10.20527/jtb.v7i02.96
Siregar, Syofian. (2017). Statistik Pramentik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Penghitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Garfindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.
Widana, I.W. 2020. Uji Persyaratan Analisi. Klik Media. Sukodono. Lumajang. Jawa Timur.
(N.d.). Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dampak.
(Persero), P. A. P. I. (n.d.). Angkasa Pura Airports Percepat Pengembangan Konektivitas Udara Melalui Perluasan 4 Bandara. Retrieved from https://ap1.co.id/id/information/news/detail/angkasa-pura-airports-percepat-pengembangan-konektivitas-udara-melalui-perluasan-4-bandara.
(Persero), P. A. P. I. (n.d.). Perluasan Tahap 1 T1 Bandara Juanda Surabaya Rampung, Alur Keberangkatan Domestik Disesuaikan. Retrieved from https://ap1.co.id/index.php/id/information/news/detail/perluasan-tahap-1-t1-bandara-juanda-surabaya-rampung-alur-keberangkatan-domestik-disesuaikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Hanifa Azhar, Djoko Widagdo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.