Analisis Persepsi dan Pemahaman Penggunaan Check-in Online pada Penumpang Maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya

Authors

  • Berlian Hidayah Agdiasvy Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Teguh Ariebowo Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/aero.v1i1.2328

Keywords:

Persepsi, Pemahaman Penumpang, Check-in Online, Lion Air

Abstract

Bandar Udara Tjilik Riwut ialah satu–satunya Bandar Udara yang terletak di Kota Palangka Raya. Saat ini, beberapa maskapai penerbangan telah memperkenalkan Check-in online, seperti pada maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Dengan adanya sistem Check-in online ini, diharapkan dapat mempermudah calon penumpang untuk melakukan Check-in online di mana saja dan kapan saja melalui ponsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemahaman penumpang terhadap Check-in online pada website maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data yang telah didapatkan dengan uji reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Agar hasil penelitian ini dapat dipercaya diperlukan uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa persepsi tiap penumpang terhadap layanan Check-in online ini sangat bervariasi, tergantung dari pengalaman pribadi tiap penumpang. Kebanyakan penumpang sudah merasa puas dengan pengalaman nya menggunakan layanan Check-in Online, karena bagi penumpang adanya layanan check-in online ini sangat membantu, menghemat waktu, dan juga mempermudah dari sisi penumpang. Penggunaan website pada check-in online juga praktis, tidak ribet, dan fitur di dalam pun sudah lengkap. Untuk pemahaman seorang penumpang yang menggunakan layanan check-in online ini belum bisa dikatakan paham, karena masih banyak penumpang yang hanya tahu menggunakan layanan ini saja.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. New York: Longman Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afifa, A. (2022). Analisis Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Kendala Yang di Hadapi Penumpang Terhadap Pemahaman Penggunaan Web Check-in pada Maskapai Citilink di Bandar Udara International Adi Soemarmo Solo (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).

Annur, C.M. (2023). Lion Air jadi maskapai penumpang terbanyak se- Asia Tenggara per Agustus 2023. From https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/21/lion-air-jadi-maskapai-penumpang-terbanyak-se-asia-tenggara-per-agustus-2023

Betancourt, F. (2023). Temporal visitation patterns of points of interest in cities on a planetary scale: a network science and machine learning approach. Scientific Reports, 13(1). https://doi.org/10.1038/s41598-023-32074-w DOI: https://doi.org/10.1038/s41598-023-32074-w

Chen, T. (2022). Air travel choice, online meeting and passenger heterogeneity – An international study on travellers’ preference during a pandemic. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 165, 439–453. https://doi.org/10.1016/j.tra.2022.09.020 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tra.2022.09.020

Faradina, Triska (2007) Gambaran Persepsi. Universitas Indonesia. Depok

Hou, Q. (2023). The Eligibility Detection Method of Runway Edge Lights Based on Improved CenterNet. Proceedings of SPIE - The International Society for Optical Engineering, 12754. https://doi.org/10.1117/12.2684293 DOI: https://doi.org/10.1117/12.2684293

Hu, K. C. (2023). Applying Quality Risk Evaluation and TRIZ to Explore the Improvement Strategies of Airport Service Quality: A Case of Taoyuan International Airport. Journal of Quality, 30(4), 247–280. https://doi.org/10.6220/joq.202308_30(4).0001

Indonesia, Undang-Undang Tentang Penerbangan, UU No.1 Tahun 2009, LN No.1 Tahun 2009

Li, L. (2022). How has airport service quality changed in the context of COVID-19: A data-driven crowdsourcing approach based on sentiment analysis. Journal of Air Transport Management, 105. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2022.102298 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2022.102298

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, 2007, Qualitative Data Analysis (terjemahan), Jakarta : UI Press.

Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prabo, Majid. 2008. Jenis-Jenis Penumpang, Solo, http://eprints.undip.ac.id/2008/pengertian-penumpang, (diakses pada tanggal 14 Juni 2023)

Republik Indonesia. 2013, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 69 Tahun 2013 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Robbins, Stephen P, 2003. Perilaku Organisasi, Jilid 2, PT. Indeks Kelompok

Sabit, R. (2023). Exploring access modes to Baghdad international airport. E3S Web of Conferences, 402. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340202006 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340202006

Shin, H. (2023). Impact of innovation characteristics of airport self-bag-drop service on attitude, trust, and behavioural intention: using trust transfer theory. Asian Journal of Technology Innovation, 31(3), 604–624. https://doi.org/10.1080/19761597.2022.2146595 DOI: https://doi.org/10.1080/19761597.2022.2146595

Suherman, E. 2012, Hukum Udara Indonesia Dan Internasional, Bandung: Alumni

Sulu, D. (2022). Air‐Travelers’ Perceptions of Service Quality during the COVID‐19 Pandemic: Evidence from TripAdvisor.com. Sustainability (Switzerland), 14(1). https://doi.org/10.3390/su14010435 DOI: https://doi.org/10.3390/su14010435

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono, (2014), Statistika Untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung.

Waidi, 2006. Pemahaman dan teori persepsi. RemajaKarya, Bandung.

Website Lion Air.(2023, 7 Maret). Layanan Web Check In Lion Group.Diakses pada 14 Juni 2023, dari https://lionairgroupsupport.freshdesk.com/id/support/solutions/articles/70000626104-layanan-web-check-in-lion-group

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Agdiasvy, B. H. ., & Ariebowo, T. (2024). Analisis Persepsi dan Pemahaman Penggunaan Check-in Online pada Penumpang Maskapai Lion Air di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya . Aerospace Engineering, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/aero.v1i1.2328

Issue

Section

Articles