Strategi Penguatan UMKM Bakso Sapi Dahsyat dalam Persaingan Pasar Lokal

Authors

  • Sandra Mudita Tanumihardjo Universitas Pradita
  • Rachel Natasya Universitas Pradita
  • Kelly Virginia Putri Universitas Pradita
  • Budi Setiawan Universitas Pradita
  • Hendro Susanto Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i3.4175

Keywords:

UMKM, Bakso Sapi Dahsyat, Daya Saing, Pemasaran Digital, Inovasi Produk

Abstract

Peran strategis UMKM sangat penting dalam menunjang perkembangan ekonomi lokal dan membuka peluang kerja di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendampingan yang diterapkan pada UMKM kuliner Bakso Sapi Dahsyat di Gading Serpong, khususnya dalam aspek manajerial, pemasaran digital, inovasi produk, dan legalitas usaha. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini, melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan yang terstruktur mampu meningkatkan brand awareness, memperkuat pemasaran digital, serta meningkatkan efisiensi manajerial dan kualitas produk. Penggunaan media sosial, pengembangan visual promosi, serta pelatihan keuangan dasar menjadi faktor kunci dalam memperkuat daya saing Bakso Sapi Dahsyat di pasar lokal.

References

Abdillah, M. G. D., Imaningsih, N., & Fadil, C. (2023). Pengembangan UMKM melalui diferensiasi produk. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(3), 01–08.

Afrianto, M., & Setiawan, B. (2024). Analisis SWOT dalam pengembangan usaha kuliner mie koclok di Cirebon. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3302

Afrianto, M. T., Hidayat, V., Cornelius, D. O., Nathanael, M., & Setiawan, B. (2025). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Dapur Si Mbull di Distrik 1 Cikarang. IKRA-ITH Abdimas, 9(2), 52–58.

Arrofi, R. A., Ajie, R., & Sutabri, T. (2024). Penggunaan transformasi digital bisnis untuk para pelaku UMKM kuliner. Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi (JRIME), 2(1), 180–189.

Eriyanti, S., Meriyanti, R., Zabirra, A., & Saadah, M. A. (2023). Pendampingan “Scale Up” UMKM Kuliner Desa Muaro Pijoan Untuk Mewujudkan Pijoan Desa Wisata 2023. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 2081–2091.

Gabriella, A., Marion, G., Windiana, E., Syabina, Z. L., & Setiawan, B. (2025). PKM pendampingan marketing UMKM Pecel Lele OMA. IKRA-ITH Abdimas, 9(2), 59–67.

Gufron, A., & Rahmawati, N. F. (2024). Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan UMKM. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).

Idris, M. (2023). Strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha makanan siap saji Bakso Abang Ahnaf di Kota Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).

Indah, C. I., Alfarizy, R., & Wahjono, S. I. (2025). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan ekonomi lokal di UMKM Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 5(2), 130–136.

Komalasari, E., Nurmasari, N., Al Munaya, R., & Melati, R. G. (2025). Transformasi digital UMKM: Kapabilitas teknologi informasi komunikasi dan kapabilitas keuangan digital dalam meningkatkan kinerja bisnis pada usaha kuliner Kota Pekanbaru. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 380–393. https://doi.org/10.24912/jmbk.v9i2.33904

Komara, E., Rimadias, S., Kolila, S., & Luthfia, N. (2024). Penguatan brand awareness pada UMKM Bakso Raja Sapi. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi untuk Negeri, 3(3), 97–106. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i3.2352

Lutfiana, D., Ibrahim, M. F., Nurnaningsih, N., Suhadiono, S., Apriliya, U., Usikum, A., ... & Darno, D. (2023). Pendampingan UMKM meningkatkan hasil produksi dan penjualan pemasaran digital usaha Bakso Wakid. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 87–92.

Mediaswanti, K. A., et al. (2024). Pengembangan UMKM melalui tata kelola manajemen usaha. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 8.

Mesra, R., & Dolonseda, H. P. (n.d.). Kolaborasi Perguruan Tinggi, UMKM, dan Masyarakat Dari Sudut Pandang Sosiologi Ekonomi. (Informasi volume/halaman tidak tersedia)

Nurhayati, I., et al. (2024). Pengembangan UMKM melalui teknologi tepat guna. Jurnal Ilmiah Madiya, 3(2).

Putri, S., & Yulianti, T. E. (2024). Strategi pemasaran UMKM dalam meningkatkan daya saing. Jurnal Inovasi dan Bisnis Digital, 1(1).

Riyadi, R. (2024). Strategi komunikasi dan adaptasi lokalitas Bakso Sentral Palopo 1980–2024 dalam mempertahankan bisnis kuliner UMKM. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 10(1). https://doi.org/10.52423/jikuho.v10i1.1135

Riyadi, S. (2024). Strategi komunikasi interpersonal dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada UMKM kuliner tradisional. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 6(1), 45–58.

Saragih, Y. H. J., Girsang, R. M., Purba, D. T., Simatupang, P., Sihite, T., Purba, F., ... & Saragih, E. (2024). Pendampingan penerapan digital marketing pada UMKM Super Bakso Indonesia Pematang Siantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 188–193.

Sari, E., Harahap, F., Siregar, R., & Siregar, H. M. (2024). Pendampingan pelaku UMKM sebagai upaya meningkatkan omset penjualan melalui literasi digital marketing, perizinan dan label halal di Kota Padangsidimpuan. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 182–192.

Shamsudin, A. N., Jahriyah, N., & Alhidayatullah, A. (2025). Optimalisasi rantai pasok dengan meningkatkan daya saing UMKM di Kota Sukabumi. Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, 3(2), 70–80.

Sundari, S., et al. (2024). Identifikasi pemasaran online yang efektif. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Tikaromah, O., Sumarsid, S., Pujia, D. P., Yahya, A., & Hutama, D. A. (2025). Optimalisasi potensi UMKM melalui pendampingan dalam pengembangan produk dan manajemen usaha Bakso Malang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 595–600. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41485

Zulkarnain, R. (2023). Pentingnya digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02), 113–113.

Zuliawati, E., Syauqi, R., Al Munawar, F. A., Palsa, T. M., & Lubis, A. N. (2025). Inovasi pemasaran melalui e-commerce untuk meningkatkan penjualan di UMKM Bakso Malang Harmoni. Jurnal Ekonomi Revolusioner, 8(1). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jer/article/view/8438

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Tanumihardjo, S., Natasya, R., Putri, K., Setiawan, B., & Susanto, H. (2025). Strategi Penguatan UMKM Bakso Sapi Dahsyat dalam Persaingan Pasar Lokal. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i3.4175

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.