Strategi Komunikasi Pimpinan Baznas terhadap Pendamping Program Z-Mart (Studi Bazas Provinsi Sumatera Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i2.2306Keywords:
Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Pendamping Program Z-MartAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kantor Baznas Provinsi Sumatera Selatan, adapun permasalahan yang di angkat adalah bagaimana strategi komunikasi pimpinan Baznas terhadap pendamping dalam program Z-mart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh komunikasi pimpinan Baznas terhadap pendamping dalam program Z-mart. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian naturalistis inguiry, atau field study, adapun teknik pengumpulan datanya selama melakukan proses penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pimpinan Baznas Provinsi Sumatera Selatan menerapkan strategi komunikasi organisasi, yaitu bentuk komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal. Pimpinan aktif dalam perannya yaitu melatih pendamping program melalui pelatihan dan dampingan secara langsung kepada pendamping dalam program Z-mart.
References
Adilla, Silvani Fauziyyah Et all. 2021. Pengaruh Program Z-Mart Baznas Terhadap Kesejahteraan Umkm Kota Bandung, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol 7, No 2.
Alifah, Riesha Lulu Dan Darna. 2022. Evaluasi Program Z-Mart (Bazis) Provinsi DKI Jakarta Untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Mustahik. Jurnal Perekonomian, 29.
Ardial. 2018. Fungsi Komunikasi Organisasi. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Asy’hary, Andy dan Muhammad Ramlan Febriansyah. 2020. Iklim Komunikasi Organisasi Kantor Pelayanan Public. Indramayu: Cv Adanu Abimata.
Basuki Et all. 2023. Zaakat Bagi Kesejahteaan Ummat. Jambi: Zabags Qu Publish.
Dono, Bagus eko. 2020. strategi kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa. Yogyakarta: gue pedia.
Fadhilah, Ilmi Nur. 2023. Problematika Teori Dan Praktik Komunikasi. Jakarta Selatan: Pt Mahakarya Citra Utama Group.
Fadhli, M. Nurul. 2021. Strategi Komunikasi Organisasi Dim Is Azzaky Medan. Journal Of Education and Social Analysis, Vol 2.
Firane, Sofi. 2020. Pengaruh Acara Cookingshow Bagi Mahasiswa Tata Boga. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Hafizd, Jefik Zulfikar Et all. 2021. Pendampingan Manajemen Baznas Dalam Penghimpunan Dan Pendistribusian Dana Zakat. Jurnal Manajemen, Vol .3 No 2. DOI: https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i2.9174
Insane Yunita, dan Rudi Hermawan. 2023. Pengelolaan Zakat Produktif Di Baznas Kabupaten Jombang Melalui Program Z-Mart Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol 7, No 02.
Insane, Nur. 2021. Hukum Zakat Peran Baznas Dalam Pengelolaan Zakat. Yogyakarta: Deepublish.
Muhammad, Arni. 2021. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhtadi, Asep Saeful. 2021. Etika Komunikasi Organisasi. Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan UIN SGD Bandung.
Mukarom, Zaenal. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Nashar, M Fuad. 2018. Capita Selecta Zakat. Yogyakarta: Gre Publishing.
Nasution, Amansyah. Risalah Zakat. 2019. Medan: Baznas Provsu, (Ed) Khusus Syawal 1438 H / M.
Nurarafah dan Istika Ahdiyanti. 2021. “Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Pengelolaan Dana Zakat Profesi Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima”. Jurnal ilmiah sosiologi agama, vol. VI. DOI: https://doi.org/10.24252/sosioreligius.v6i1.24191
Nurhayati, Et all. 2022. “Analisis Pendistribusian Dana Zakat Produktif Dalam Pengembangan Ekonomi Mustahik”, Vol 2 No. 1. DOI: https://doi.org/10.31000/cswb.v2i1.4788
Prabawa, Bagus Ade Tegar. 2020. Hubungan Stategi Komunikasi. Bandung: Nilacaka.
Prawartana, I Putu Widya Candra. 2020. Tari Pendet Pengajum. Bali: Nilacakra.
Rachman, Abdul dan Kukuh Reza Pradana. 2021. “Efektifitas Pengelolaan Dana Zakat Melalui Program Z-Mart Di Baznas Kota Tangerang”, Vol 11 No.1.
Rahmawati, Mia Dan Sigit Setiawan. 2020. Komunikasi Organisasi Dalam Fenomena Perubahan Organisasi Di Lembaga Peelitian Dan Pengembangan. Jurnal Pekommas, Vol. 5 No. 1. DOI: https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9023
Riinawati. 2019. Pengantar Teori Manajemen Komunikasi Dan Organisasi. Surabaya: Gramedia.
Rijali, Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal ilmu dakwah, Vol. 17, No.33 Vol.04, No 2. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sagala, Syaiful. 2018. Pendekatan Dan Model Kepemimpina. Jakarta: Divisi Kencana.
Sarosa, amiaji. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sasmitasen et al. 2020. Pengembangan Home Industry Di Desa Nibung Paluh. Sukabumi: CV Jejak.
Sholehuddin, Sugeng. 2019. Angka Partisipasi Kuliah Masyarakat Jawa Tengah Terhadap Ptkin. Pekalongan: Penerbit Nem.
Silviani, Irene. 2020. komunikasi organisasi. Surabaya: scopindo media pustaka.
Siregar, Hermanto Dan Usman Rianse. 2020. Realitas Pangan Dan Perkebunan Saat Ini. Kendari: UHO Edupress.
Suharmono, Kuntarno Noor. 2020. Ikatan Filantropi Yang Efektif Di Lembaga Zakat Perspektif Manajemen SDM. Indramayu: Adab.
Suwatno. 2023. Komunikasi Interpersonal Panduan Membangun Keterampilan Relasional Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Syahril, Sulthon. 2019. Teori-Teori Kepemimpinan. Jurnal sosial dan keagamaan. DOI: https://doi.org/10.32332/riayah.v4i02.1883
Syifaika, Widya. Et all. 2023. Perancangan Aplikasi Tabungan Sekolah Pada Smp Pgri Jakarta Timur Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), Vol 04, No O2. DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.2986
Taryana, Ade dan Marzansutrisman Hulu. 2023.” Komunikasi Kepemimpinan Fitriansyah Agus Setiawan-Direktur Nasional Pengumpulan DanaBaznas”. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN). vol 3, No. 2. DOI: https://doi.org/10.54082/jupin.164
Triznawati, Ayu Dan Khairunnisa. 2018. “Efektifitas Pengelolaan Dana Zakat Melalui Program Z-Mart Di Baznas Kota Tangerang”. Jurnal ekonomi bisnis dan keuangan islam, Vol 14, No 3.
Zulfikar, Rosa. 2021. Etika dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Grasindo