Harga Promosi, Kepercayaan, dan Gratis Ongkos Kirim Mendorong Keputusan Pembelian di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2940Keywords:
Promosi, Harga, Kepercayaan, Pengiriman Gratis, KeputusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak promosi, harga, kepercayaan, dan program pengiriman gratis terhadap keputusan pembelian di Tiktokshop, dengan fokus pada konsumen di Jawa Timur. Meskipun banyak penelitian mengenai perilaku belanja online, dinamika spesifik dalam Tiktokshop masih belum banyak diteliti. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data dikumpulkan dari 100 responden yang dipilih melalui non-probability convenience sampling dan dianalisis melalui analisis regresi berganda. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk pengumpulan data. Temuan menunjukkan bahwa promosi, harga, kepercayaan, dan program pengiriman gratis masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara individu maupun bersama-sama, terhadap keputusan pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa meningkatkan faktor-faktor ini dapat secara signifikan meningkatkan perilaku pembelian konsumen di Tiktokshop, memberikan wawasan yang berharga untuk strategi e-commerce.
References
Asia Internet Usage Facebook Stats and Population Statistics. [Online]. Available: https://www.internetworldstats.com/stats3.htm. [Accessed: 30-Jan-2023].
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. [Online]. Available: https://www.apjii.or.id/gudang-data/hasil-survei. [Accessed: 31-Jan-2023].
Marpaung, "Pengaruh Iklan, Sistem Cod, dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Sumatera Utara)," J. Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. UNSRAT, vol. 9, no. 3, pp. 1477-1491, 2022.
N. P. Bestari, "Warga RI Doyan Belanja di Medsos, Shopee-Tokopedia Terancam?," CNBC Indonesia, 2022. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220926084906-37-374859/warga-ri-doyan-belanja-di-medsos-shopee-tokopedia-terancam. [Accessed: 4-Feb-2023].
Istiqomah, Z. Hidayat, and A. Jariah, "Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang," J. Prog. Conf., vol. 2, no. July, pp. 557–563, 2019.
R. Dwijiantoro, B. Dwi, and N. Syarief, "Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee," J. Ris. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 63–76, 2021. doi: 10.21460/jrmb.2021.162.392.
N. H. E. Kusniawati and M. Hariasih, "The Effect of Service Quality, Price and Promotion on Purchase Decisions on Yuuk Mie SMEs in Sidoarjo Regency," Indones. J. Cult. Community Dev., vol. 13, pp. 1–15, 2022.
N. Ofianti and M. Hariasih, "The Influence of Product Quality, Price, and Sales Promotion on Cassava Tape Purchase Decisions," Indones. J. Cult. Community Dev., vol. 13, pp. 1–15, 2022.
K. Ilmiyah and I. Krishernawan, "Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto," Mak. J. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 31–42, 2020. doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.
S. L. Nasution, C. H. Limbong, and D. A. Ramadhan, "Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu)," Ecobisma (Jurnal Ekonom. Bisnis Dan Manajemen), vol. 7, no. 1, pp. 43–53, 2020. doi: 10.36987/ecobi.v7i1.1528.
Nasikah and S. Fuadi, "Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia," J. Manaj., vol. 16, no. 1, pp. 162–173, 2022.
R. Dewi, "TikTok Shop Murah Bikin Shopee Ketar-ketir, Cek Hitungannya!," CNBC Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230113133155-37-405271/tiktok-shop-murah-bikin-shopee-ketar-ketir-cek-hitungannya. [Accessed: 4-Feb-2023].
V. Tusanputri and Amron, "Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian pada Platform E-commerce Tiktok Shop," J. FEB UNMUL, vol. 23, no. 4, pp. 632–639, 2021. [Online]. Available: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMIPengaruh.
Razali, D. Andamisari, and J. Saputra, "Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen," Citiz. J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 3, pp. 482–491, 2022. doi: 10.53866/jimi.v2i3.132.
Oktavani and L. N. Simatupang, "Pengaruh Harga, E-promosi Dan Kepercayaan, Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia Kampus A)," J. Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 26–36, 2020. doi: 10.54964/manajemen.v4i2.139.
Fasridon, "Pengaruh Kebijakan Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Produk Coca-Cola Di Kota Padang," J. EKOBISTEK, vol. 7, no. 2, pp. 53–60, 2018.
Hananto, "Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel," 2021.
Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods)," 8th ed., Bandung: Alfabeta, 2016.
Fauzi and Y. P Sijabat, "Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop di Kota Magelang," J. Ilm. Manaj. Bisnis dan Ekon. Kreat., vol. 2, no. 1, pp. 51–62, 2023. doi: 10.26877/jibeka.v2i1.96.
Sugiharto and D. Anggraini, "Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Area Jakarta Barat," JEB17 J. Ekon. dan Bisnis, vol. 7, no. 02, pp. 143–162, 2022. doi: 10.30996/jeb17.v7i02.7364.
K. Tauhid, V. Nomor, Y. Hartinah, and L. H. Maulana, "Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Nagief Toys Kampung Boneka Bogor," vol. 2, pp. 572–584, 2023.
M. I. Listighfaroh, "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya," Angew. Chemie Int. Ed., vol. 6, no. 11, pp. 951–952, 2020. [Online]. Available: http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/1428/2/jurnalku new.pdf.
D. Agustiningrum and A. L. Andjarwati, "Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace," J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 3, pp. 896–906, 2021. doi: 10.26740/jim.v9n3.p896-906.
A. Putri and S. S. Iriani, "Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater," J. Ilmu Manaj., vol. 8, no. 3, p. 818, 2020. doi: 10.26740/jim.v8n3.p818-828.
M. E. S. Inggardini Asarila Canestren, "Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater," vol. 2, no. 1, pp. 89–103, 2019.
Harun and N. N. Ayu Salmah, "Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee," J. Media Wahana Ekon., vol. 17, no. 2, p. 114, 2020. doi: 10.31851/jmwe.v17i2.4318.
Hakim, N. Rachma, and A. Normaladewi, "Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)," e – J. Ris. Manaj. Prodi Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Unisma, vol. 12, no. 02, pp. 221–232, 2019.
Purwatiningsih, A. B. Kusuma, F. Apriliya, and D. Safira, "Analisa Promosi Free Biaya Kirim, Online Consumer Rating dan Panic Buying Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian," J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 615–624, 2023. doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3830.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ainatul Mardhiyah, Misti Hariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.