Keputusan Pembelian E Commerce Mengulas Peringkat dan Duta Merek Korea
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2933Keywords:
E-commerce, Ulasan Pelanggan Online, Penilaian Pelanggan Online, Duta Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Penilaian Pelanggan Online, dan Duta Merek Korea terhadap keputusan pembelian di E-commerce Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan 96 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan program Smart-PLS Versi 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ulasan Pelanggan Online memengaruhi keputusan pembelian. (2) Penilaian Pelanggan Online memengaruhi keputusan pembelian. (3) Duta Merek memengaruhi keputusan pembelian.
References
W. Wahyudi, H. Wisnu, and R. Ambarwati Sukmono, "Marketing Analysis on Social Media to Increase Business Competitiveness on the E-Commerce Company Marketplace," Academia Open, vol. 8, pp. 1–13, 2023, doi: 10.21070/acopen.8.2023.4021.
S. Nadia, M. Shyfa Mourizka, and P. Aulia, "Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia," Journal Banking dan Management Review., vol. 10, no. 1, pp. 1369–1385, 2021.
iPrice, "The Map of E-Commerce in Indonesia," [Online]. Available: https://iprice.co.id, Accessed: Nov. 26, 2022.
F. Latief and N. Ayustira, "Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla," Journal Mirai Management, vol. 4, no. 2, pp. 122–136, 2019. [Online]. Available: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
I. Rahmawati, "Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang)," Journal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif, vol. 1, no. 1, pp. 18–23, 2021.
P. Kolter and G. Amstrong, Principles of Marketing, Edisi 12. Prentice Hall Published, American, 2016.
F. Bahari and R. Dermawan, "Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia," Journal Management. Business, pp. 100–108, 2022, doi: 10.37531/sejaman.v5i2.2109.
H. Hariyanto and T. Lantip, "Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee," Journal Teknik ITS, vol. 9, no. 2, pp. 234–239, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.56728.
D. J. Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Digital. CV Pustaka Setia, Bandung.
O. Miranda Putri and T. I. Wijaksana, "Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Purchase Decision Pada Konsumen Produk Wardah Melalui Marketplace Shopee," Journal e-Proceeding Management. vol. 8, no. 5, pp. 6394–6403, 2021.
Dzulqarnain, "Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee," Skripsi Universitas Negeri Jember, pp. 1-120, 2019.
S. Fauzi and L. F. Lina, "Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce," Journal Muhammadiyah Manaemen Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 21, 2021, doi: 10.24853/jmmb.2.1.151-156.
G. Lackermair, D. Kailer, and K. Kanmaz, "Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective," Journal Advances in Economics and Business, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2013, doi: 10.13189/aeb.2013.010101.
R. Kertamukti, Strategi Kreatif Dalam Periklanan. PT Raja Grafindo Persada, Bandung, 2015.
Halim and M. J. Tyra, "Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Marketplace Shopee," Journal Manajemen, Ekonomi Pembangunan Akuntansi, vol. 18, no. 1, p. 99, 2021, doi: 10.31315/be.v18i1.5630.
Kholiq and D. K. Sari, "The Influence of Viral Marketing, Celebrity Endorser, and Brand Awareness on Purchase Decisions on Make Over Cosmetic Products in Sidoarjo," Academia Open, vol. 8, pp. 1–13, 2021, doi: 10.21070/acopen.4.2021.2604.
R. Perdana and N. I. K. Wardhani, "Ketertarikan Konsumen Terhadap Lee Min Ho Sebagai Brand Ambassador dan Citra Merek Lazada Terhadap Keputusan Pembelian," Journal Manajemen. vol. 7, no. May, pp. 56–63, 2021.
F. Edrin and N. Fhatiyah, "Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia)," Journal Proceeding Seminar Bisnis Seri IV, pp. 78–84, 2022.
Miles, "A taxonomy of research gaps: Identifying and defining the seven research gaps methodological gap," Journal Research Methods and Strategies., no. 8, pp. 1–15, 2017.
Justica and M. T. Lestari, "Pengaruh Brand Ambassador NCT 127 Terhadap Brand Image Produk NU Green Tea," Journal Telkomuniversity, vol. 8, no. 3, p. 9, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi Ke-2. Cv. Alfabeta, Bandung, 2018.
Heryana, "Hipotesis Penelitian," Journal Eureka Pendidikan.. Vol.3 no.1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.11440.17927.
D. Santosa and D. S. Rahardjo, "PLS dan GeSCA dalam Analisis Kuantitatif," Penerbit PT. Kepel Press, Yogyakarta, 2021.
D. Garson, "Partial Least Squares regional & Stuctural Equation Models," Statistical Associates Published, American, 2018.
R. S. Hamid and A. Suhardi, "Structural Equation Modeling," Penerbit PT Inkubator Penulis Indonesia, Jakarta, 2019.
Duryadi, "Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS," Penerbit PT Yayasan Prima, Jawa Tengah, 2021.
D. A. Yusuf and W. Djemly, "Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Kpop Nct Dream Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Lemonilo Di Manado," Journal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 10, no. 3, p. 965, 2022, doi: 10.35794/emba.v10i3.43526.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska Putri Ayu Ningtias, Dewi Komala Sari, Supardi Supardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.