Pengaruh Red Velvet sebagai Duta Merek pada Penjualan Produk Kosmetik Azarine
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2533Keywords:
Duta Merek,, Perilaku Konsumen, Niat Beli, Industri Kosmetik,, Dukungan SelebritiAbstract
Abstrak : Penelitian ini mengkaji dampak duta merek terhadap niat beli konsumen dalam sektor kosmetik, dengan fokus pada kasus di mana sebuah merek lokal menggunakan grup musik populer sebagai duta mereknya. Menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari 100 responden yang dipilih melalui sampling purposif dari basis penggemar tertentu di media sosial. Temuan menunjukkan bahwa duta merek secara signifikan meningkatkan minat beli konsumen, menyumbang 80.2% dari varians dalam niat beli. Sisanya 19.8% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Hasil ini menekankan peran penting dukungan selebriti dalam membentuk perilaku konsumen di pasar yang kompetitif dan menunjukkan bahwa duta merek merupakan strategi pemasaran yang pivotal untuk meningkatkan keterlibatan dan minat konsumen.
References
Lidwina, "Korean Wave Dorong Orang Indonesia Beli Produk Korea Selatan," Feb. 8, 2021. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/08/korean-wave-dorong-orang-indonesia-beli-produk-korea-selatan. [Accessed: May 29, 2023].
L. Hasibuan, "Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi," CNBC Indonesia, Nov. 4, 2022. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33-385138/industri-kecantikan-tahan-krisis-laris-manis-meski-pandemi. [Accessed: May 30, 2023].
Populix, "Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle," Populix, Aug. 2022, pp. 1–19.
"The Beginning of Azarine Great Story," Azarine Cosmetics. [Online]. Available: https://azarinecosmetic.com/story-of-azarine. [Accessed: May 29, 2023].
"10 Top Brand Sunscreen Lokal Terlaris 2022, Tidak Takut Matahari Lagi!" Compas, Jun. 15, 2022. [Online]. Available: https://compas.co.id/article/10-top-brand-sunscreen-lokal-terlaris-2022/. [Accessed: May 29, 2023].
D. Hariyanto, "Memenangkan Persaingan Bisnis Produk Farmasi Melalui Marketing Public Relations," J. Manaj. Pemasar., vol. 4, no. 1, pp. 38–44, 2009. [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18084.
G. LEA-GREENWOOD, Fashion Marketing Communications, 1st ed. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd, 2013.
D. Hariyanto, Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2021, ISBN 978-623-6081-32-7. DOI: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-32-7
H. Herawati and A. S. Putra, "Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic," J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 4170–4178, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1115. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115
D. A. Sekar Dinny and S. Purwanto, "Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap Keputusan Pembelian Mie Lemonilo," J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 7, no. 2, p. 762, 2022, doi: 10.33087/jmas.v7i2.622. DOI: https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.622
A. S. Mardiani and A. Wardhana, "Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Bandung Kunafe Cake," e-Proceeding Manag., vol. 5, no. December, pp. 2577–2583, 2018.
N. J. Shandra Okta Lista, "Pengaruh Brand Ambassador Agnez MO terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lazada di Kota Bandung," J. Manag., vol. 8, no. 5, pp. 5696–5713, 2021. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16199.
G. Alus et al., "Pengaruh Waseda Boys Sebagai Brand Ambassador Dan Perilaku Konsumtif Terhadap Minat Beli Produk Menantea Di Kota Manado," J. Emba, vol. 10, no. 4, pp. 1881–1890, 2022.
L. U. Mona, "Kolaborasi Dengan Red Velvet, Brand Kosmetik Azarine Luncurkan Make Up Series," Apr. 16, 2023. [Online]. Available: https://www.halokagroup.com/kolaborasi-dengan-red-velvet-brand-kosmetik-azarine-luncurkan-make-up-series/. [Accessed: May 30, 2023].
V. A. Dihni, "Ini 10 Girlband K-Pop Favorit Orang Indonesia Menurut Survei KIC-Zigi," Databoks, Jul. 25, 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/25/ini-10-girlband-k-pop-favorit-orang-indonesia-menurut-survei-kic-zigi. [Accessed: May 29, 2023].
P. Kotler and K. L. K. Philip, Manajemen Pemasaran, 13th ed., vol. 1, Jakarta: Erlangga, 2009.
J. W. Creswell, Research Design: Approaches to Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods, 3rd ed., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Soegiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA, 2013.