Manajemen Komunikasi Pemasaran Ladybydiana untuk Membangun Citra Merek
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2541Keywords:
Citra Merek, Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Persepsi Konsumen,, Pencitraan Merek StrategisAbstract
Studi ini menyelidiki dampak strategi komunikasi pemasaran terhadap peningkatan citra merek, dengan fokus pada merek fashion terkemuka. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara dengan eksekutif perusahaan dan manajer senior, bersama dengan pengamatan dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran 7P, khususnya di bidang Produk, Orang, Promosi, dan Harga, telah secara signifikan berkontribusi pada citra merek dan posisi pasar. Hasil ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang terkoordinasi dengan baik dapat secara efektif membentuk persepsi dan kepercayaan konsumen, sehingga meningkatkan superioritas merek. Penelitian ini menyoroti pentingnya elemen pemasaran strategis dalam menciptakan identitas merek yang kuat, menawarkan wawasan yang dapat menginformasikan praktik pemasaran di industri serupa secara global.
References
D. Sunyoto, *Manajemen Sumber Daya Manusia*. Jakarta, Indonesia: PT Buku Seru, 2018.
P. Kotler and G. Armstrong, *Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1* (Bob Sabran, Trans.). Ed. 12. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2008.
D. Soemanagara, *Marketing Communication: Taktik Dan Strategi*. Jakarta, Indonesia: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2009.
E. Mulyatiningsih, *Metodologi Penelitian Terapan*. Bandung, Indonesia: Penerbit Alfabeta, 2013.
S. Asauri, *Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep Dan Strategi*. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
L. Kanuk and L. Schiffman, *Perilaku Konsumen*, 7th ed. Jakarta, Indonesia: Indeks, 2008.
N.-H. Lin and B.-S. Lin, "The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount," *J. Int. Manag. Stud.*, vol. 4, no. 2, pp. 1-9, 2007.
F. Tjiptono and G. Chandra, *Service, Quality Satisfaction*. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset, 2012.
Y. Suryana and K. Bayu, *Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses*. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat, 2015.
P. Kotler and G. Armstrong, *Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1*. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2008.
B. Alma, *Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa*. Bandung, Indonesia: CV. Alfabeta, 2013.
P. Kotler and K. Keller, *Manajemen Pemasaran, Jilid I*, Ed. 12. Jakarta, Indonesia: PT. Indexs, 2007.
P. Adrian, *Pemasaran Jasa, The Essence of Service Marketing*. Yogyakarta, Indonesia: Andi, 2000.
P. Kotler and K. Keller, *Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi Ke 13*. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2009.
Sugiyono, *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2019.