Keingintahuan dan Kepercayaan Diri Remaja yang Menggunakan Filter Instagram di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2891Keywords:
Filter instagram., perilaku remaja, tren media sosial, representasi diriAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi perilaku remaja Indonesia dalam menggunakan filter Instagram, dengan fokus pada pengikut akun merek kosmetik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengguna yang dipilih secara acak. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan filter oleh remaja didorong oleh rasa ingin tahu dan keinginan untuk tetap trendi, meningkatkan kepuasan dan kepercayaan diri mereka. Wawasan ini menggarisbawahi perlunya strategi untuk menumbuhkan kebiasaan media sosial yang sehat dan mengurangi potensi dampak negatif pada persepsi diri dan kesehatan mental remaja.
References
A. Ariyanto and S. Sulistyorini, "Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam," AL- ASASIYYA J. Basic Educ., vol. 4, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.24269/ajbe.v4i2.2333. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2333
A. R. Triyantama and E. Santoso, "Model Komunikasi Virtual Pemain Game PUBG MOBILE menggunakan Studi Etnografi Virtual Pada Kelompok Game PUBG Mobile RPX E-Sport," Mediu. J. Ilm. Fak. Ilmu Komun., vol. 7, no. 1, pp. 53–70, 2019. [Online]. Available: www.viva.co.id.
B. Mahendra, "Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram," J. Visi Komun., vol. 16, no. 01, pp. 151–160, 2017. [Online]. Available: www.frans.co.id.
B. Nugraha and M. F. Akbar, "Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram," J. Manaj. Komun., vol. 2, no. 2, p. 95, 2019, doi: 10.24198/jmk.v2i2.21330. DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21330
C. S. Feroza and D. Misnawati, "Penggunaan media sosial instagram pada pkun @yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan," J. Inov., vol. 14, no. 1, pp. 32–41, 2020. DOI: https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1397
D. P. Utami, D. Melliani, F. N. Maolana, F. Marliyanti, and A. Hidayat, "Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi," Front. Neurosci., vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2021.
E. A. Sosiawan and R. Wibowo, "Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual," J. Ilmu Komun., vol. 16, no. 2, p. 147, 2019, doi: 10.31315/jik.v16i2.2698. DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2698
E. D. S. Watie, "Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)," J. Messenger, vol. 3, no. 2, p. 69, 2016, doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270. DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
E. Putri, "Foto Diri, Representasi Identitas Dan Masyarakat Tontonan Di Media Sosial Instagram," J. Pemikir. Sosiol., vol. 3, no. 1, p. 80, 2016, doi: 10.22146/jps.v3i1.23528. DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23528
Ernawati and R. Y. Suldani, "Perubahan Perilaku Komunikasi Kaum Perempuan Pengguna Instagram Stories Di Kota Makassar," Kareba J. Ilmu Komun., vol. 9, no. 2, pp. 330–340, 2020.
F. Qorib, A. R. Rinata, and L. Fianto, "Analisis Customer Engagement pada Akun Instagram @Oksigen_Cafe Menggunakan The Circular Model of Some," Avant Garde, vol. 9, no. 2, p. 183, 2021, doi: 10.36080/ag.v9i2.1464. DOI: https://doi.org/10.36080/ag.v9i2.1464
H. W. Aripradono, "Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram," Teknika, vol. 9, no. 2, pp. 121–128, 2020, doi: 10.34148/teknika.v9i2.298. DOI: https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298
I. Prisgunanto, "Pengaruh Tingkat Kepercayaan Berkomunikasi di Jejaring Sosial Internet (Social Media) Terhadap Perilaku Beli Mahasiswa," Umn, vol. IV, no. 1, 2012. DOI: https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v4i1.412
K. A. Satyanandani, M. Fridha, and T. Palupi, "Citra Diri Virtual pada Pengguna Instagram ( Studi Dramaturgi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya )," vol. 9, no. 1, 2023. DOI: https://doi.org/10.30996/representamen.v9i01.7446
L. N. Sari and N. Susilawati, "Motif Penggunaan Filter Instagram dikalangan Mahasiswa Perempuan Universitas Negeri Padang," J. Perspekt., vol. 5, no. 2, pp. 217–227, 2022, doi: 10.24036/perspektif.v5i2.625. DOI: https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.625
M. Ahmadi, "Dampak Perkembangan New Media pada Pola Komunikasi Masyarakat," J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 4, no. 1, pp. 26–37, 2020. [Online]. Available: http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499.
M. Soraya, H. Soetarto, and N. I. Alfiyah, "Optimalisasi Pramuwisata Dalam Pelayanan Kepariwisataan Di Kabupaten Sumenep," Public Corner, vol. 16, no. 2, pp. 42–63, 2021, doi: 10.24929/fisip.v16i2.1698. DOI: https://doi.org/10.24929/fisip.v16i2.1698
N. Harahap, "Penelitian Kualitatif," vol. 4, no. 1, 2020.
R. F. Autilia and R. H. Ninin, "Eksplorasi Dampak Psikologis pada Remaja yang Memiliki Masalah Penampilan dengan Jerawat," J. Psikol. Udayana, vol. 9, no. 2, pp. 194–205, 2022, doi: 10.24843/JPU/2022.v09.i02.p09. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2022.v09.i02.p09
S. F. Soliha, "Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial," Interak. J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2015, doi: 10.14710/interaksi.4.1.1-10.
S. M. Napitupulu and N. Gofar, "Optimalisasi Media Sosial 'Instagram' Mendukung Kemajuan Pusat Karir di Universitas Sriwijaya," Indones. Carr. Cent. Netw. Summit, pp. 1–13, 2019.
Syaparuddin, Meldianus, and Elihami, "Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik," Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2020, doi: 10.33487/mgr.v1i1.326. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
W. Prihatiningsih, "Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja," Communication, vol. 8, no. 1, p. 51, 2017, doi: 10.36080/comm.v8i1.651. DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Yulianti and A. Caniyago, "Manipulasi Wajah Menggunakan Filter pada Sosial”, no. 07, pp. 230–235, 2023.
Z. Pelawiten, C. Poluakan, and N. W. Suriani, "Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Pada Siswa Kelas VII SMP N 5 Tondano," vol. 4, no. 1, pp. 15–24, 2023.