Branding Politik: Bagaimana Pemimpin Muda Menguasai Instagram untuk Pengaruh Politik di Indonesia

Authors

  • Affan Alif Putra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainur Rochmaniah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2886

Keywords:

personal branding, komunikasi politik, instagram, strategi media sosial,, persepsi publik

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi penggunaan Instagram secara strategis oleh H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP., seorang tokoh politik muda dan Bupati Sidoarjo, yang dikenal sebagai Gus Muhdlor, untuk komunikasi politik dan pencitraan diri. Platform media sosial, khususnya Instagram, memainkan peran penting dalam membentuk identitas pribadi dan semakin banyak digunakan untuk mendiskusikan berbagai topik, termasuk politik. Terlepas dari meluasnya penggunaan Instagram untuk keterlibatan politik, masih sedikit penelitian tentang strategi khusus yang digunakan oleh para pemimpin daerah untuk meningkatkan komunikasi politik mereka melalui personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan ini dengan menganalisis konten unggahan Instagram Gus Muhdlor untuk mengidentifikasi tema-tema yang berulang yaitu 'Tentukan Siapa Anda, Tentukan Apa yang Anda Lakukan, Posisikan Diri Anda, dan Kelola Merek Anda'. Dengan menggunakan metode analisis konten kualitatif, penelitian ini mengungkapkan bahwa elemen-elemen ini secara konsisten diintegrasikan ke dalam unggahannya, berkontribusi pada personal branding yang kuat yang menggambarkan dirinya sebagai pemimpin daerah yang ideal. Temuan ini menunjukkan bahwa personal branding yang efektif di media sosial dapat secara signifikan membentuk persepsi publik terhadap tokoh politik, dan memberikan wawasan bagi para politisi lain yang ingin meningkatkan kehadiran digital mereka.

References

B. Joko, P. Praktisi, and D. Lia, "Strategi Menciptakan, Mempertahankan dan Menjual Personal Branding Jelang Pemilu 2014," Jurnal Visi Komunikasi, vol. 13, no. 2, 2014.

C. R. Butar and D. S. Ali, "Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti," Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 86-101, 2018. DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.12029

D. McNally and K. D. Speak, "Be Your Own Brand: A Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd," 2009.

D. Ruth and D. A. Candraningrum, "Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram," Jurnal Koneksi, vol. 4, no. 2, pp. 207-214, 2020. DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

E. Franzia, "Personal Branding Melalui Media Sosial," presented at the Seminar Nasional Pakar Ke 1, 2018. DOI: https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2690

E. H. Susanto, "Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik," n.d.

F. Rangkuti, "Strategi Semut Melawan Gajah," Jakarta, Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

F. Tamimy, "Sharing-Mu, Personal Brandingmu, Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial," 2017.

M. I. Romadhan, "Personal Branding Jokowi Dalam Mempertahankan Brand Image Melalui Video Blog Youtube," Journal of Communication Studies, vol. 3, no. 2, pp. 76-93, 2018.

Mondry and S. Risman, "Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik," 2nd ed., Jakarta, Indonesia: Ghalia Indonesia, 2016.

Petrucă, "Personal Branding Through Social Media," International Journal of Communication Research, n.d.

R. Ma'ruf and D. K. Putra, "Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Personal Branding Joko Widodo Pada Pemilih Pemula Pemilu 2019," Acta Diurna, vol. 15, no. 2, pp. 1-18, 2019. DOI: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2129

R. Nugraha, "Branding Kota Bandung di Era Smartcity," Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 8, no. 1, pp. 1-16, 2017. DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v1i1.1207

R. Tabroni, "Komunikasi Politik Pada Era Multimedia," Simbiosa Rekatama Media, 2012.

Rakhmat, "Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik," Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya, 2009.

Suneki and Haryono, "Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial," Civis, vol. 2, no. 2, pp. 1-11, 2017.

Y. E. Girsang and Ummanah, "Pembentukan Personal Branding Melalui Media Sosial," Journal of Management and Business, vol. 5, no. 1, pp. 51-65, 2023. DOI: https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5592

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Putra, A. A., & Rochmaniah, A. (2024). Branding Politik: Bagaimana Pemimpin Muda Menguasai Instagram untuk Pengaruh Politik di Indonesia . Interaction Communication Studies Journal, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2886

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.