Membangun Identitas: Keberhasilan Personal Branding di Panggung YouTube Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2883Keywords:
Youtube, Merek Pribadi, Dwi Febrianto.Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi personal branding Dwi Febrianto, seorang pembuat konten YouTube yang dikenal dengan Dwiwoii, yang berspesialisasi dalam video gameplay game Mobile Legends. Meskipun game MOBA sangat populer, masih terdapat kesenjangan dalam memahami teknik personal branding efektif yang digunakan oleh pembuat konten dalam ceruk ini. Dengan memanfaatkan delapan konsep Personal Branding Peter Montoya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada observasi channel YouTube Dwiwoii. Studi tersebut mengungkapkan bahwa Dwi Febrianto berhasil mengintegrasikan kedelapan elemen branding, terutama yang mengkhususkan diri pada pahlawan penantang Fanny, menunjukkan keahlian dan konsistensi dalam pembuatan konten, yang selaras dengan kepribadian pribadi dan publiknya. Hasilnya menggarisbawahi efektivitas personal branding strategis dalam meningkatkan visibilitas dan keterlibatan online, menunjukkan bahwa personal branding yang khas dapat secara signifikan mempengaruhi popularitas dan interaksi pemirsa di platform media sosial. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang personal branding dalam pembuatan konten digital, menekankan perlunya keaslian dan presentasi strategis dalam lanskap digital yang kompetitif.
References
A. M. Afrilia, “Personal Branding Remaja di Era Digital,” Mediat. J. Komun., vol. 11, no. 1, pp. 20–30, 2018, doi: 10.29313/mediator.v11i1.3626. DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
A. S. A. Fatty Faiqah1, Muh. Nadjib2, “YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM,” Contemp. Buddhism, vol. 16, no. 1, pp. 28–42, 2015, doi: 10.1080/14639947.2015.1006801. DOI: https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801
D. E. ; Z. Saifuddin, “Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram @Info_Tuban Dalam Peningkatan Pengikut,” J. Peurawi Media Kaji. Komun. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 46–60, 2020, [Online]. Available: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/7919
D. J. Ardianto and R. Zulfiningrum, “Penggunaan TikTok Sebagai Personal Branding Benjamin Master Adhisurya (iben_ma),” J. Kewarganegaraan, vol. 6, no. 3, pp. 5980–5989, 2022.
H. Hafidhah, M. Herli, and M. Arifin, “Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Perguruan Tinggi,” J. Serambi Ilmu, vol. 21, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.32672/si.v21i1.1786. DOI: https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1786
Imawati, Solihah, and Shihab, “Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari,” JISIP J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 5, no. 3, p. 175, 2016, [Online]. Available: www.publikasi.unitri.ac.id
J. R. Situmorang and B. P. S. Putri, “Analisis Personal Branding Sara Wijayanto Dalam Konten Youtube Diary Misteri Sara,” e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 5, p. 6696, 2021.
Kaharuddin, “Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi,” J. Pendidik., vol. IX, no. 1, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
L. E. R. Muhammad Ilham Fajri, Yulina Puspitasari, Muhammad Zulfa Irfansyah, Tegar Wijiarko, “PERILAKU BERBAHASA YOUTUBER GAMING MOBILE LEGEND,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 6, no. Mi, pp. 5–24, 1967.
M. I. Romadhan, “Personal Branding Jokowi Dalam Mempertahankan Brand Image Melalui Video Blog Youtube,” MetaCommunication; J. Commun. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 76–93, 2018.
M. Mertika and D. Mariana, “Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar,” J. Educ. Rev. Res., vol. 3, no. 2, p. 99, 2020, doi: 10.26737/jerr.v3i2.2154. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154
P. Montoya and T. Vandehey, The brand called you : create a personal brand that wins attention and grows your business. 2009.
S. F. S. Rosadi, E. Yulyana, and R. Nababan, “Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Personal Branding Dedi Mulyadi,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 6, no. 3, pp. 10296–10302, 2022, doi: 10.58258/jisip.v6i3.3391. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3391
T. W. Amalia and A. A. I. P. Satvikadewi, “Personal Branding Content Creator Arif Muhammad (Analisis Visual pada Akun Youtube @Arif Muhammad),” Representamen, vol. 6, no. 01, 2020, doi: 10.30996/representamen.v6i01.3519. DOI: https://doi.org/10.30996/representamen.v6i01.3519
W. N. B. Pertiwi, A. W. Purbohastuti, and E. Nurhayati, “Membangun Personal Branding melalui YouTube,” LUGAS J. Komun., vol. 4, no. 2, pp. 61–69, 2020, doi: 10.31334/lugas.v4i2.1220. DOI: https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1220