Membuat Feed Instagram untuk Promosi Identitas Merek di Yo Kedai

Authors

  • Anjasmara Jati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sufyanto Sufyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2543

Keywords:

Pemasaran Media Sosial,, Identitas Merek, Desain Visual, Promosi Instagram, Analisis SWOT

Abstract

Studi ini meneliti efektivitas desain feed Instagram sebagai alat promosi untuk usaha kecil hingga menengah yang mengkhususkan diri pada kebab beku. Dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, termasuk wawancara dan pengamatan, studi ini menganalisis data melalui analisis SWOT untuk menentukan keunggulan strategis produk tersebut. Proses desain mencakup pembuatan konten feed Instagram, logo, label kemasan, highlights, dan kartu nama, menggunakan Adobe Illustrator untuk visualisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain feed Instagram yang baik tidak hanya meningkatkan promosi produk tetapi juga memperkuat identitas merek, menunjukkan bahwa estetika media sosial dapat memainkan peran penting dalam strategi pemasaran modern.

References

D. Kirana, *Kebab: Lezat & Eksotis*. Jakarta, Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

D. A. Aaker, *Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name*. New York, NY, USA: Free Press, 2008.

D. Kerpen, *Likeable Social Media*. USA: McGraw-Hill Companies, 2011.

C. Brogan, *Tactics and Tips to Develop Your Business Online*. Hoboken, NJ, USA: John Wiley, 2011.

R. Nasrullah, *Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi*. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

M. I. Idana, "Strategi Media Daring Instagram Sebagai Media Promosi Salad Nyoo," *J. Islam. Stud.*, vol. 6, 2018. DOI: https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2657

B. D. Atmoko, *Instagram Handbook*. Jakarta, Indonesia: Media Kita, 2012.

Alex and Andrew, "Complete Instagram Guide by Preview App," 2018.

T. Fandy, *Strategi Pemasaran, Edisi 4*. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset, 2015.

P. Kotler and G. Armstrong, *Principles of Marketing: Global Edition* (14th ed.). New Jersey, USA: Pearson Education, 2012.

M. A. Firmansyah, *Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy)*. CV. Penerbit Qiara Media, 2019.

S. Komang, *Fotografi*. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu, 2014.

H. Pratista, *Memahami Film*. Yogyakarta, Indonesia: Homerian Pustaka, 2008.

JSP, "Pengertian Food Photography," 2019. [Online]. Available: https://jsp.co.id/pengertian-food-photography/ [Accessed Apr. 02, 2023].

R. Megadini and M. L. Anggapuspa, "Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya," *J. Barik*, vol. 3, no. 1, pp. 69–81, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/.

A. B. Arifin, "Perancangan Layout Feed Instagram untuk Media Promosi pada PT. Satu Atap Indonesia," 2019.

Sugiyono, *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D*. Bandung, Indonesia: PT. Alfabet, 2016.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Jati, A., & Sufyanto, S. (2024). Membuat Feed Instagram untuk Promosi Identitas Merek di Yo Kedai. Interaction Communication Studies Journal, 1(1), 147–160. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i1.2543

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.