Memanfaatkan Mikroselebriti untuk Pemasaran Digital Kasus Streetboba

Authors

  • Dea Syafrina Enanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Poppy Febriana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2892

Keywords:

selebritas mikro,, pemasaran digital, Instagram, keterlibatan konsumen, strategi promosi.

Abstract

Studi ini mengeksplorasi integrasi mikroselebriti Jovi Adhiguna dalam strategi pemasaran digital, dengan fokus pada platform Instagram. Menggunakan teori pemasaran digital empat dimensi—Transaksi Biaya, Interaktif, Program Insentif, dan Desain Situs—penelitian ini mengadopsi metode kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan dari sumber sekunder termasuk Instagram dan jurnal pemasaran digital yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas penggunaan mikroselebriti dalam meningkatkan keterlibatan konsumen online dan jangkauan promosi. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan Jovi Adhiguna secara signifikan memperkuat interaksi dengan konsumen, menyebarkan promosi dan pembaruan secara cepat dan luas. Hal ini menekankan potensi mikroselebriti dalam memperkuat upaya pemasaran digital, mengusulkan implikasi untuk pendekatan pemasaran strategis di arena digital.

References

A. Anugrah, R. U. Nugrahani, and P. Dirgantara, "Pengaruh Celebrity Endorser Jovi Adhiguna Terhadap Brand Awareness Street Boba," eProceedings Manag., vol. 8, no. 5, pp. 7048–7056, 2021.

A. N. Prayoga, "Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Bagi Pecinta Vespa Tua Pada Akun @Vespasoy," Tel-U Collect., 2021.

A. Octasihu, "Fenomena Mikro-selebriti di Instagram (Analisis Semiotika Presentasi Diri Karin Novilda @awkarin)," 2017.

A. Wati, A. Prasetyo, Andi Martha, and Jefry Aulia, "DIGITAL MARKETING."

F. N. Azizah, "Analisis Struktural-Semiotik Roman La Vie Devant Soi Karya Romain Gary," pp. 26–29, 2014.

G. J. Pradika, I. P. Hadi, and F. Lesmana, "Star Studies Terhadap Kontruksi Image Androgynous Youtuber ‘Jovi Adhiguna Hunter,’" Scriptura, vol. 9, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.9744/scriptura.9.1.35-42. DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.35-42

H. H. Aswati, "Personal Branding Fadil Jaidi di Media Sosial Instagram @ Trafficbun . id," Univ. Pramita Indones., vol. 16, no. 1, pp. 49–59, 2022. DOI: https://doi.org/10.58872/lensa.v16i1.27

I. D. Aryani and D. Murtiariyati, "Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project," J. Ris. Akunt. dan Bisnis Indones., vol. 2, no. 2, pp. 466–477, 2022, doi: 10.32477/jrabi.v2i2.479. DOI: https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479

L. F. Lina and B. Permatasari, "Kredibilitas Selebriti Mikro pada Niat Beli Produk di Media Sosial," REVENUE J. Manaj. Bisnis Islam, vol. 1, no. 2, pp. 135–146, 2020, doi: 10.24042/revenue.v1i2.6296. DOI: https://doi.org/10.24042/revenue.v1i2.6296

M. F. B. Ulum, "Fenomena mikro-selerbriti Mmuslim dalam bingkai eksklusivisme politis: analisis semiotika atas ekspresi dakwah Felix Siauw di media sosial," 2022, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/51820/2/Muhamad Fahmi Bahrul Ulum_E91217093.pdf.

M. I. Mardhiyah, "Praktik Sharenting Dan Isu Young Digital Labour Dalam Proses Produksi Selebgram Anak (Studi Kasus Pada Akun Instagram@ Babymoonella)," pp. 1–44, 2020, [Online]. Available: https://repository.unair.ac.id/98415/4/4.BAB I.pdf.

M. Retnasary, S. D. Setiawati, D. Fitriawati, and R. Anggara, "Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata," J. Kaji. Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 76–83, 2019, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85.

M. Saifuddin, "Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19," J. Bisnis Terap., vol. 5, no. 1, pp. 115–124, 2021, doi: 10.24123/jbt.v5i1.3028. DOI: https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028

S. Hasna, "Selebriti dan Fandom di Era Media Sosial: Fenomena Selebgram," J. Al Azhar Indones. Seri Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 1, 2022, doi: 10.36722/jaiss.v3i1.893. DOI: https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.893

S. Oktaresiyanti, "Pengaruh Feed pada Instagram terhadap Citra Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau," no. 3842, p. 30, 2019.

S. Rizkia, "Digital Marketing dan Ragam Produk terhadap Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee Studi Kasus Mahaiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus," pp. 10–35, 2021.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Enanti, D. S., & Febriana, P. (2024). Memanfaatkan Mikroselebriti untuk Pemasaran Digital Kasus Streetboba . Interaction Communication Studies Journal, 1(2), 50–59. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2892

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.