Pengaruh Pelayanan Keamanan Petugas AVSEC Pasca Event MotoGP 2023 terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok

Authors

  • Audya Sanita Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • Elnia Frisnawati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.47134/aero.v1i4.2820

Keywords:

Pelayanan Keamanan, Aviation Security, Kepuasan Penumpang

Abstract

Menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9, peran Keamanan Penerbangan (AVSEC) diperlukan sebagai personel keamanan penerbangan yang memiliki (wajib) surat izin atau surat keterangan kemahiran petugas (STKP). dan siapa yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan. Dalam industri penerbangan, keselamatan adalah hal terpenting dan tidak dapat dikompromikan atau ditoleransi. Meskipun pemerintah berdedikasi untuk memastikan “keselamatan adalah nomor satu” sesuai dengan undang-undang nomor 15 tahun 1992, perusahaan-perusahaan di industri jasa juga memiliki tanggung jawab untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan dan kualitas layanan. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui apakah layanan keamanan petugas AVSEC setelah event MotoGP berdampak pada penumpang. Peneliti menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Selain itu, regresi linier dasar digunakan oleh peneliti sebagai metode analisis data dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari penumpang yang tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok setelah balapan MotoGP 2023. Berdasarkan temuan penelitian, kepuasan penumpang Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh variabel pelayanan keamanan. Nilai t hitung sebesar 17,734 dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan hasil tersebut. Nilai signifikansinya kurang dari 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan hipotesis Ha yang menyatakan bahwa kenikmatan penumpang di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok dipengaruhi oleh pelayanan keamanan petugas Avsec diterima. Nilai R Square sebesar 0,762 atau 76,2% digunakan untuk menghitung dampak pelayanan keamanan terhadap kepuasan penumpang di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok. Berdasarkan temuan tersebut, variabel kepuasan penumpang (Y) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel pelayanan (X) sebesar 7,62%, sedangkan sisanya sebesar 23,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Alisa, A., & Hilal, R. F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Selama Covid-19 di Ruang Tunggu Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1842-1855.

Aritonang, M. H. (2022). Pelayanan Petugas Aviation security Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda. Ground Handling Dirgantara, 4(02), 305-310.

Bhakti, C. I., & Hilal, R. F. (2022). Pengaruh Pelayanan Keamanan Petugas AVSEC Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Banyuwangi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 715-719.

Deppman, V. R. Y. H. (2022). Penyelenggaraan Pagelaran Olahraga Balap di Sirkuit Mandalika sebagai Upaya Peningkatan Nation Branding Indonesia. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Dewata, F. Y., & Puspitasari, Y. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Supadio Pontianak. Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata, 4(1), 123-131.

Eka Putra Utama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Avsec Terhadap Kepuasan Penumpang Unit Centralize (Security check point) Di Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgataraan Yogyakarta).

Fajar Harisa, Y. U. K. O. (2021). Pengaruh Proses Pelayanan Pemeriksaan Keamanan Security check point (SCP) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Unit Aviation security (AVSEC) Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).

Haqiqi, I. M., & Ambarsari, N. A. (2023). Pengaruh Tingkat Keamanan dan Pelayanan Petugas Avsec Pasca Event MotoGP Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, 5(1), 197-211.

Ihsan, M., & Jumlad, W. (2022). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Petugas Aviation security Pt. Angkasa Pura 1 Bandar Udara Internasional Lombok. Ground Handling Dirgantara, 4(01), 108-111.

Indonesia Bisnis. (2023, September 18). Bandara Lombok Layani 19 Penerbangan Tambahan Selama MotoGP Mandalika. Retrieved from https://m.bisnis.com/amp/read/20230918/98/1695962/bandara-lombok-layani-19-penerbangan-tambahan-selama-motogp-mandalika

Kompas. (2023, October 17). MotoGP Mandalika 2023, Bandara Lombok Layani 49.000 Penumpang. Retrieved from https://amp.kompas.com/travel/read/2023/10/17/160857927/motogp-mandalika-2023-bandara-lombok-layani-49000-penumpang

Lion Air Group Support. (n.d.). Barang Berbahaya yang Dilarang (Dangerous Goods). Retrieved from https://lionairgroupsupport.freshdesk.com/id/support/solutions/articles/70000626162-barang-berbahaya-yang-dilarang-dangerous-good-

Magfiroh, S. P., & Masyia’ah, A. N. (2023). Analisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Oleh Petugas Aviation security (Avsec) Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 1(3), 202-208.

Maharani, N. S., & Haryati, E. S. (2023). Efektivitas Petugas Unit Aviation security (Avsec) Terhadap Keamanan di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 7-15.

Parameswari, I., & Pradana, F. I. (2022). Pengaruh Pelayanan Petugas Aviation security Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 792-801.

Perhubungan, K. (2009). Undang–Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Prasetyo, H., & Puspitasari, Y. A. (2022). Hubungan Pengembangan Fasilitas Airsed Bandar Udara Lombok dengan Pembangunan Sirkuit Mandalika Dalam Perhelatan MotoGP. Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata, 4(1), 31-38.

Rifqi Anazilli, M. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Keamanan Bandara PT. Angkasa Pura 1 (PERSERO) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Internasional Adi Soemarmo Solo. (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suprapti, A. I. (2022). Analisis Peran Petugas AVSEC Dalam Menjamin Keamanan Penerbangan di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Utama, M. E. P., & Roellyanti, M. V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5748-5760.

Widagdo, D. (2019). Analisa Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Aviation security (Avsec) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Optimal, 16(2), 35-45.

YARAHMAN, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas AVIATION SECURITY (AVSEC) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Kualanamu. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Sanita, A., & Frisnawati, E. (2024). Pengaruh Pelayanan Keamanan Petugas AVSEC Pasca Event MotoGP 2023 terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok . Aerospace Engineering, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/aero.v1i4.2820

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.