Strategi Pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan

Authors

  • Hadi Jatmiko Universitas Muhammadiyah Jember
  • Syah Riza Octavy Sandy Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3385

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kunjungan Wisatawan, Grand Watu Dodol

Abstract

Tujuan dari penelitian dimaksudkan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi dalam menarik jumlah kunjungan wisatawan. Peneliti menggunakan Accidental Sampling dalam mengambil sampel, dan wawancara terstruktur bersama pengelola objek wisata. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi SO mencakup Peningkatan mutu sumber daya manusia di bidang pariwisata, pengembangan sarana promosi yang efektif, penyelenggaraan festival tahunan, serta pelestarian dan pengembangan potensi fisik yang ada. Strategi WO mencakup peningkatan kesadaran tentang kebersihan, penataan ulang area parkir dan artshop, pemanfaatan media audio-visual untuk komunikasi, edukasi, dan hiburan, serta distribusi brosur di lokasi-lokasi strategis seperti hotel, agen perjalanan, dan bandara. Strategi ST berfokus pada kerja sama dengan lembaga yang mengawasi lalu lintas dan pengelolaan limbah industri, pemeliharaan keindahan pantai, serta pembentukan tata tertib bagi pengunjung. Sedangkan strategi WT bertujuan untuk memperbaiki sarana promosi, meningkatkan kebersihan dan pelestarian pantai, serta mengadakan pelatihan dan pembinaan dalam bidang pariwisata.

References

Assauri, Sofian. 1998. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta : Rajawali Pers.

Fandeli, Chafid. 1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty.

Gorda, I. G. N.1994. Metode Penelitian Ilmu Sosial Ekonomi. Denpasar : Pt. Widya Kriya Gematama.

Kotler, Philip. 1994. Marketing, Cetakan Kelima. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Salemba Embat Patria.

Malcom (Penerjemah Damos Sihombing).1999. Kiat Mencapai Pertumbuhan Dan Profitabilitas Melalui Perencanaan Pemasaran Yang Efektif. Jakarta: Erlangga

Mill, Robert Chistie. 1996. Tourism The International Business Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soekadijo. R. G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Surya, IB Kt. “Pemasaran Pariwisata” (Diktat Pemasaran). Denpasar: Program Studi Pariwisata Universitas Udayana.

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kelima,Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandi. 2001. “Strategi Pemasaran”. Edisi kedua, Yogyakarta: Andi

Wahab, Salah. 1997. Pemasaran Pariwisata. Jakarta: Pt. Pradnya Paramitha.

Yoeti, Oka. 1996. Pemasaran Pariwisata, Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Jatmiko, H., & Syah Riza Octavy Sandy. (2024). Strategi Pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3385

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.