Analisis Perilaku Wisatawan Pasca Penutupan Sementara Masjid Al-Jabbar: Tinjauan Tourist Behavior Menurut Morrisan

Authors

  • Fildzha Minhal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reva Nindhiya Aulia Nazzinie Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rido Dzikri Alfajari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rohana Armita Sisila Purba Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sindy Oktaviane Wigati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Buyung Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v1i3.2455

Keywords:

Perilaku Wisatawan, Wisata Halal, Wisata Religi

Abstract

Wisata halal adalah suatu jenis wisata yang objek wisatanya memenuhi kriteria dan ketentuan dari Islam, lalu diterapkan pada industri pariwisata. Khususnya di Kota Bandung yang mayoritas penduduknya beragama muslim terdapat wisata halal yang cukup terkenal yaitu Masjid Al-Jabbar yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun, dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang terus menerus datang dan terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh wisatawan mengakibatkan pengelola Masjid Al-Jabbar menutup sementara kawasannya untuk dilakukan penataan, perbaikan, dan pemeliharaan kembali. Permasalahan dalam penelitian ini terfokus pada menganalisis perilaku wisatawan pasca penutupan sementara Masjid Al-Jabbar. Di dalam penelitian ini digunakan Teori Perilaku Wisatawan yang dikemukakan oleh Morrisan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus instrumental tunggal yang berfokus pada satu isu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasca penutupan sementara kawasan Masjid Al-Jabbar terdapat perubahan yang signifikan mengenai perilaku wisatawan dan peraturan yang berlaku. Perubahan terlihat dari perilaku wisatawan yang menjadi lebih tertib dan sudah mulai menaati peraturan baru di Masjid Al-Jabbar. Kemudian, pihak petugas keamanan pun sudah ditempatkan di setiap titik yang cukup sering menjadi akar permasalahan dari kepadatan wisatawan untuk mengatur arus keluar masuk wisatawan agar tetap kondusif, mencegah terulangnya kembali pelanggaran wisatawan dan tindakan kriminal.

References

Ahmad, W. (2020). Schwartz personal values, theory of planned behavior and environmental consciousness: How tourists’ visiting intentions towards eco-friendly destinations are shaped? Journal of Business Research, 110, 228–236. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.040 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.040

Akgün, A. E. (2020). The relationships among nostalgic emotion, destination images and tourist behaviors: An empirical study of Istanbul. Journal of Destination Marketing and Management, 16. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2019.03.009 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2019.03.009

Annisa Rachmah, F. (2022). Glorifikasi Kemegahan Masjid Raya Al-Jabbar Dan Implikasinya Pada Persepsi Masyarakat (Analisis Framing pada Portal Berita Online Kompas.com).

Antara Jabar. (2022, December 21). Masjid Al Jabbar jadi tujuan wisata religi baru di Jabar. Antara Jabar.

Battour, M. M. ; I. M. N. B. M. (2010). Toward a Halal Tourism Market. Cognizant Communication Corporation. DOI: https://doi.org/10.3727/108354210X12864727453304

CNN Indonesia. (2022, December 30). Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan, Ikon Baru Jawa Barat di Kota Bandung. CNN Indonesia.

Editor DPRD Bandung. (2024, February). Al-Jabbar Ditutup Sementara, Tedy Rusmawan Soroti Soal Macet dan Sampah. DPRD.Bandung.Go.Id.

Huang, X. (2020). Predicting tourists’ health risk preventative behaviour and travelling satisfaction in Tibet: Combining the theory of planned behaviour and health belief model. Tourism Management Perspectives, 33. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100589 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100589

Jamaludin, J., Santosa, I., & Anita, J. (2023). Examining The Symbolic Meaning Of Al Jabbar Grand Mosque In Bandung. Journal of Islamic Architecture, 7(4), 760–766. https://doi.org/10.18860/jia.v7i4.21256 DOI: https://doi.org/10.18860/jia.v7i4.21256

James J. Spillane. (1987). Tinjauan Teori Tentang Pariwisata. Perencanaankota.Blogspot.Com.

Jeong, M. (2020). Tourists’ Experiences with Smart Tourism Technology at Smart Destinations and Their Behavior Intentions. Journal of Travel Research, 59(8), 1464–1477. https://doi.org/10.1177/0047287519883034 DOI: https://doi.org/10.1177/0047287519883034

John W. Creswell. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publication.

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021, August 14). Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesia. Kemenparekraf. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Potensi-Pengembangan-Wisata-Halal-di-Indonesia

Kim, M. S. (2020). Altruistic values and environmental knowledge as triggers of pro-environmental behavior among tourists. Current Issues in Tourism, 23(13), 1575–1580. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1628188 DOI: https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1628188

Kristin G Esterberg. (2002). Qualitative methods in social research.

Li, Q. (2020). Tourists’ pro-environmental behaviour in travel destinations: benchmarking the power of social interaction and individual attitude. Journal of Sustainable Tourism, 28(9), 1371–1389. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1737091 DOI: https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1737091

Masjid Raya Al-Jabbar. (2023, April 2). Cara Pesan Tiket Masuk Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar Lewat Aplikasi Sapawarga. Https://Masjidaljabbar.Com/.

Meng, B. (2020). The role of co-creation experience in forming tourists’ revisit intention to home-based accommodation: Extending the theory of planned behavior. Tourism Management Perspectives, 33. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100581 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tmp.2019.100581

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. PRENADAMEDIA.

Pendit S Nyoman. (2002). Ilmu Pariwisata . Pradnya Paramita.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1). DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Rachmat Kriyanto. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Grup.

Rather, R. A. (2021). Monitoring the impacts of tourism-based social media, risk perception and fear on tourist’s attitude and revisiting behaviour in the wake of COVID-19 pandemic. Current Issues in Tourism, 24(23), 3275–3283. https://doi.org/10.1080/13683500.2021.1884666 DOI: https://doi.org/10.1080/13683500.2021.1884666

Republika. (2023). Mulai Ditutup Besok, Pengunjung Masjid Al Jabbar Membeludak. Republika.

RILIS HUMAS JABAR. (2023, February 24). Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Sementara Selama Dua Pekan Untuk penataan dan pemeliharaan jelang Bulan Suci Ramadhan. Jabarprov.Go.Id.

Robert E. Stake. (1995). The Art of Case Study Research . Sage Publications.

Senbeto, D. L. (2020). The impacts of social and economic crises on tourist behaviour and expenditure: an evolutionary approach. Current Issues in Tourism, 23(6), 740–755. https://doi.org/10.1080/13683500.2018.1546674 DOI: https://doi.org/10.1080/13683500.2018.1546674

Syamsul Bahari, R., & Sidiq Adi Prabowo, F. (2023). Tourist Intention to Visit Al-Jabbar Mosque using Theory of Planned Behavior (TPB). Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(5), 781–795. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1937 DOI: https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1937

Tempo.co. (2023, February 25). Masjid Al Jabbar Ditutup Sementara Selama Dua Pekan Mulai 27 Februari, Ini Alasannya. Tempo.Co.

Traveloka. (n.d.). Masjid Al-Jabbar. Traveloka.

Wayan Nurkancana. (1983). Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional.

Zhang, K. (2019). Discovering the tourists’ behaviors and perceptions in a tourism destination by analyzing photos’ visual content with a computer deep learning model: The case of Beijing. Tourism Management, 75, 595–608. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.07.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.07.002

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Minhal, F., Aulia Nazzinie, R. N., Alfajari, R. D., Sisila Purba, R. A., Wigati, S. O., & Firmansyah, B. (2024). Analisis Perilaku Wisatawan Pasca Penutupan Sementara Masjid Al-Jabbar: Tinjauan Tourist Behavior Menurut Morrisan. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pjpp.v1i3.2455

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.