Penerapan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa

Authors

  • Alvi Khoirotin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Noly Shofiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2906

Keywords:

Model Project Based Learning, Keterampilan Kerjasama Siswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kerjasama siswa kelas VII di Mts Darul Muta'allimin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap keterampilan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan observasi dan angket. Data dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ketrampilan kerjasama siswa setelah diterapkan model Project Based Learning.

References

Ajria, N. F., Ismanto, B., & Kristin, F. (2018). Peningkatan kerjasama dan hasil belajar tematik melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Naturalistic Journal of Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 254-286. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.274 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.274

Bariyah, I. L. N., & Sugandi, M. K. (2022). Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem. In Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA (pp. 135-144).

Haryanti, Y. D. (2020). Internalisasi nilai kerjasama dalam model. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.37729/jpd DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8369

Kamaliyah, R. N., & Alrianingrum, S. (2022). Pengaruh model Project Based Learning terhadap tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran sejarah kelas X IPS SMA Negeri 20 Surabaya. Avatara E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4).

Listiani, H. S., & Purwanto, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan barang bekas untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.

Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketrampilan kerjasama di Sekolah Dasar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521

Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan ketrampilan kerjasama di Sekolah Dasar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521 DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh media pembelajaran Google Classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Journal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Pebrianti, M., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 1-10). STKIP Kusuma Negara III.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, Moh. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Pratiwi, L. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan metode edutaiment pada DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Putri, A. R., Maison, & Darmaji. (2018). Kerjasama dan kekompakan siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 32-40. DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.5552

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan model Project Based Learning untuk meningkatkan ketrampilan kerjasama siswa sekolah dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626 DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Risani, A., Atjo, S. E. P., & Musfarida, H. (2023). Penggunaan model Project Based Learning untuk meningkatkan keaktifan kerjasama siswa dalam pembelajaran tematik SD. Global Journal of Teaching and Professionalism, 2(4), 1614-1630. https://doi.org/DOI.10.35458

Setiawan, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 tema 2 kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 108-119. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575 DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575

Setyawan, D. N., & Wijayanti, A. (2022). Profil keterampilan kerjasama mahasiswa menggunakan teknologi informasi di masa pandemi COVID-19. JIPVA: Journal Pendidikan IPA Veteran, 6(1), 44-52.

Sholikah, S. K., Sunarti, & Masfingatin, T. (2023). Meningkatkan keterampilan berkollaborasi siswa SMP melalui model PJBL dengan pendekatan TARL. PTK dan Pendidik, 9(1), 47-58. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9400 DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9400

Strom, P. S., & Strom, R. D. (2011). Teamwork skills assessment for cooperative learning. Educational Research and Evaluation, 17(4), 233-251. https://doi.org/10.1080/13803611.2011.620345 DOI: https://doi.org/10.1080/13803611.2011.620345

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah pada siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Nusa Penida. Jurnal Education and Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Yuliana, A., Al Masjid, A., & Indargiyati, E. (2023). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (pp. 627-634).

Yuliana, A., Al Masjid, A., & Indargiyati, E. (2023). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(1).

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Khoirotin, A., & Shofiyah, N. (2024). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa. Jurnal Biologi, 1(4). https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.2906

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.