Pola Komunikasi Pemerintah Untuk Peningkatan Pelayanan Publik Dengan Masyarakat Desa Menten Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Paisal Paisal Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Hamidah Hamidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Anang Walian Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.47134/bai.v1i2.3161

Keywords:

Pola Komunikasi, Pemerintah, Masyarakat Desa Menten

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik memiliki peran penting bagi kesejahteraan masyarakat. Pola komunikasi yang efektif dan juga efisien dari pemerintah dengan masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta dapat mempercepat penyelesaian masalah yang terkait. Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Pemerintah untuk Peningkatan Pelayanan Publik dengan Masyarakat Desa Menten Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang diterapkan di pemerintah untuk peningkatan pelayanan publik dengan masyarakat Desa Menten dan Kendala serta solusi pemerintah dalam memberikan pelayanan dengan masyarakat. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Organiasi R. Wayne Pace dan Don F. Faules yang meliputi 4 aliran informasi yaitu komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal dan komunikasi lintas saluran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis penelitian lapangan dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemerintah Desa Menten menggunakan pola lingkaran dan pola Y. Pola lingkaran memungkinkan setiap anggota dapat saling terhubung dengan anggota lainnya, namun tidak memiliki akses untuk setiap informasi. Sedangkan pola Y terlihat bahwa memiliki peran yang penting selain dari Kepala Desa yaitu Sekretaris Desa dalam menyampaikan informasi kepada bawahannya. (2) Kendala pemerintah Desa Menten dalam memberikan pelayanan publik adalah belum adanya kotak saran yang digunakan untuk mengetahui usulan dari masyarakat. Kurangnya fasilitas yang baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah desa kurang mampu dalam mengetahui kebutuhan masyarakat. Banyak informasi di masyarakat yang simpang siur dan progam kerja desa yang belum diketahui oleh masyarakat.

References

Agustina, Enny. 2019. Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, Vol. 3, No. 2.

Ali, Achmad Bin Ali Assegaf, dkk. 2022. Perilaku Organisasi Pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Ambarwati, Yuni dan Nanik Suryani. 2014. “Pengaruh Komunikasi Internal, Motivasi Kerja, dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung”. Economic Education Analysis Journal 3 (2).

Ariyanto, Edward. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi Sejarah, Hakikat, dan Proses. Yogyakarta: DIVA Press.

Astuti, Dwi Indah. 2022. “Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kulaitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Long Itam Kabupaten Kutai Barat”. Jurnal S1 Ilmu Komunikasi, Vol.10, No. 2.

Brahmana, Deshinta Affriani Br dan Elisabeth Sitepu. 2020. “Pola Komunikasi Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Lurah Gung Leto Kecamatan Kabanjahe”. Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 5, No. 2.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Damayani, Desi dan Ulfi Sayyidatul Fitria. 2021. “Jenis–Jenis Komunikasi”. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2, Nomor 3. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss. Diakses Tanggal 19 September 2023.

Darmansyah, Tengku. 2019. Manajemen Perkantoran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesisa (LPPPI).

Dwiyanto, Agus. 2017. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dyatmika, Teddy. 2021. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Eriyana, Sekretaris Desa Menten, Wawancara Tanggal 08 November 2023.

Febrianti, Maria Meliana & Maswar Patuh Priyadi. 2022. Implementasi Good Governance dan Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi,Volume 11, Nomor 8.

Fiantika, Feny Rita, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Fitriyanti, Kepala Seksi Kesejahteraan, Wawancara Tanggal 15 November 2023.

Gainau, Mariyam B. 2015. Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT. KANISIUS.

Gunawan, Hendri. 2013. Jenis Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Perokok Aktif di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu kabupaten Kutai Kartanegara. ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 1, Nomor 3.

Hajrianti, Delvia. 2023. “Pola Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa Gunung Kecamatan Gunung Toar Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat”. Skripsi Karya Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hamonangan, Adventus Daniel. 2013. Fenomena Komunikasi Anak Jalanan Di Pasar 45 Kota Manado. Journal Online Acta Diurna, Vol. II, No. 4. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2881. Diakses Pada Tanggal 2 November 2023.

Herpan, Ketua RT 07, Wawancara Tanggal 09 November 2023.

Hidayat, Fiqih. 2022. “Peran Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Balai Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon”. Skripsi Karya Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Husain. 2022. Pelayanan Publik Masa Kini di Abad 21 M. Surabaya: CV. Global Aksara Pers.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Peneliti Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Pranada Media Group.

Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Layanan Publik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Kusyana, Dewa Nyoman Benni dan Komang Ary Pratiwi. 2019. Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Widya manajemen, Vol. 1, No. 2. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyamanajemen/article/view/354/295. , Diakses Tanggal 4 Oktober 2023.

Liliyai, Rusli. 2021. “Pola Komunikasi Pemerintah Desa Osong Kecamatan Wewirnama Kabupaten Seram Bagian Timur Dalam Pengelolaan ADD Tahun 2020 Tahap I dan II”. Skripsi Karya Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Usuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri IAIN Ambon.

Lubis, Afrizal Fahlevi. 2018. “Strategi Komunikasi Pemerintahan Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan”. Skripsi Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat, fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Mamangkey, Marlin. 2019. Playanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Online Di Kota Manado, Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Volume. 3, Nomor. 3.

Marlina, dkk. 2022. Buku Ajar Ilmu Komunikasi. CV.Feniks Muda Sejahtera.

Marsani. Masyarakat Desa Menten. Wawancara Tanggal 23 Maret 2023.

Maryam, Neneng Siti. 2016. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Volume. VI, No. 1.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Alih Bahasa: Hasan Basri). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mu’iz, Muhammad dan Icuk R.B. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslimin, Khoirul dan Maswan. 2021. Kecemasan Komunikasi Mengatasi Cemas Berkomunikasi di Depan Publik. Yogyakarta: UNISNU PRESS.

Mustanir, Ahmad. 2019. Pelayanan Publik. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Mustanir, Ahmad. 2022. Pelayanan Publik. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian Skripsi Tesis Desertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Nugroho, Mulyanto dan Abdul Halik. 2016. Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kelurahan Di Wilayah Kota Kediri. JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, Vol. 01, No. 02.

Nurdin, Ismail. 2017 Etika Pemerintahan: Norma,Konsep, dan Praktek bagi Penyelenggara Pemerintahan. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.

Pace, R. Wayne & Don F. Faules. 2013. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit LkiS.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik. https://peraturan.bpk.go.id/Details/149605/permen-pan-rb-no-38-tahun-2012. Diakses Tanggal 6 Oktober 2023.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 tentang pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah RI, No.2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal, Kementerian Hukum dan Ham, 2018. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/67029/pp-no-2-tahun-2018. Diakses Tanggal 16 Desember 2023.

Permata, Sintia. 2013. Pola Komunikasi Jarak Jauh Antara Orang Tua dengan Anak ( Studi Pada Mahasiswa Fisip Angkatan 2009 yang Berasal Dari Luar Daerah). Journal “Acta Diurna”, No.II, No.I.

Pongantung, Maria Cristina, Salmin Dengo, and Rully Mambo. 2021. ‘Manajemen Strategis Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan’. Jurnal Administrasi Publik, 7.103.

Priyowidodo, Gatut. 2020. Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi Pada Tiga Riset Lapangan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Purba, Bonaraja et al. 2020. Ilmu Komunika: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.

Purba, Endang, dkk. 2022. (Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan). Jurnal Social Opinion, Vol. 7, No. 2.

Rafik, Masyarakat Desa Menten, Wawancara Tanggal 09 November 2023.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Rahman. 2022. Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Sarahma, Kepala Seksi Pelayanan, Wawancara Tanggal 08 November 2023.

Sawir, Muhammad. 2020. Birokrasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Simamora, Priet Riris T. 2021. Komunikasi Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sinaga, Benjamin Nicolas & Farid Rusdi. 2023. Teknik Komunikasi Aplikasi Buddyku Memanfaatkan Platform Media Sosial Instagram Untuk Menampilkan materi Berita. Jurnal Kiwari, Vol. 2, No. 1.

Siregar, Robert Tua, dkk. 2021. Komunikasi Organisasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. Kepala Desa Menten. Wawancara Tanggal 08 November 2023.

Tasnim, dkk. 2020. Pengantar Komunikasi Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Tomi, Masyarakat Desa Menten, Wawancara Tanggal 09 November 2023

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. .

Yanhar Jamaluddin, Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Jurnal TAPIs Vol. 12 No.1 Januari – Juni 2016. h. 56.

Yasir. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi Sebuah Pendekatan Kritis dan Komprehensif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Paisal, P., Hamidah, H., & Walian, A. (2024). Pola Komunikasi Pemerintah Untuk Peningkatan Pelayanan Publik Dengan Masyarakat Desa Menten Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Buletin Antropologi Indonesia, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.47134/bai.v1i2.3161

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.