Analisis Pengelolaan Kebersihan Dalam Meningkatkan Keputusan Wisatawan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Authors

  • Zahra Lutfiah Syabina Universitas Pradita
  • Johann Wahyu Hasmoro Prawiro Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3368

Keywords:

Kebersihan, Kepuasan Wisatawan, Wisata Pantai Tanjung Pasir

Abstract

Pantai Tanjung Pasir, yang terletak di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami masalah signifikan terkait dengan pengelolaan kebersihan sampah akibat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, masyarakat lokal, pedagang dan sampah dari laut. Masalah ini mengakibatkan pencemaran lingkungan yang mempengaruhi daya tarik wisata dan kelestarian ekosistem pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kebersihan yang berperan dalam meningkatkan kepuasan wisatawan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang, Pantai ini terkenal sebagai salah satu tujuan wisata dengan pemandangan yang indah, namun masih menghadapi masalah serius terkait kebersihan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui wawancara dan observasi langsung di lokasi, dan data diambil secara purposive sampling dari pengelola pantai dan masyarakat lokal. Hasil menunjukan bahwa pengelolaan kebersihan di Pantai Tanjung Pasir belum berjalan dengan baik, disebabkan oleh rendahnnya kesadaran pengunjung dan pengelola mengenai pentingnnya membuang sampah pada tempatnya. Meskipun sosialisasi dan program pembersihan telah dilaksanakan, sampah masih sering terlihat di area pantai, yang berdampak negatif pada kepuasan pengunjung. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sanksi bagi pelanggar, peningkatan partisipasi masyarakat, serta pengembangan kebijakan yang lebih tegas untuk menjaga kebersihan pantai demi meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendukung perekonomian lokal.

References

Ashuri, Amallia, and Tuti Kustiasih (2020). "Timbulan Dan Komposisi Sampah Wisata

Pantai Indonesia, studi kasus: Pantai Pangandaran." Jurnal Permukiman 15.1 : 1-9.

Auto2000.co.id. (2024, July 25). Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Pasir Yang Memesona. Auto2000.Co.Id. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/wisata-pantai- tanjung-pasir-tips

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan: Suatu Pengantar.... - Google Scholar. (n.d.). Retrieved August 1, 2024, from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2019&q=Candrian to.+2021.+Kepuasan+Pelanggan%3A+Suatu+Pengantar.+Literasi+Nusantara.+Malan g. &btnG=

Damayanti, F., Razak, Suzana, B., O., L., & Kapantow, G., H., M. (2017). Strategi Pengembangan Wisata Bahari Pantai Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Agri-SosioEkonomi Unsrat, 13(1A), 277-284. DOI: https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.1A.2017.16180

Darmawan, M., Mutia, A. K., Sanusi, M. D., Bundang, S., Hasniaty, Tidore, M. F. H., Arifin, T. H., Tangge, N. A., Zain, Z. P., & Rahmaniah. (2023). Gerakan Bersih Pantai Sebagai Upaya Penangan Kebersihan Pantai di Desa Takkalasi Kabupaten Barru. Jurnal Pedimas Pasifik, 2(02), 127–132. https://jurnalteknik.univpasifik.ac.id/index.php/JPPAS/article/view/97

DetikTravel. (2020). Luas Wilayah Indonesia Lengkap Daratan dan Lautan. Detikcom. https://travel.detik. com/travel-news/d-5262317/luas-wilayah-indonesia-lengkap- daratan-dan-lautan

Ermawati, E. A., Amalia, F. R., & Mukti, M. (2019). Analisis Strategi Pengelolaan Sampah di Tiga Lokasi Wisata Kabupaten Banyuwangi. Journal of Tourism and Creativity.

Ismail, Yunita (2019). "Pengelolaan sampah berbasis masyarakat." ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment 1.1 : 50.

Kementrian PUPR. (2019) Pedoman Umum Program Pembangunan Pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan https://bpiw.pu.go.id/uploads/itmp/Pedoman_Umum_P3TB.pdf

Kotler, P., Kevin, K., & Chernev, A. (2021). Marketing management. In Pearson (Vol. 53, Issue 9).

Lasaiba, M. (2023). Optimalisasi Kampanye Kebersihan Lingkungan di Musim Banjir. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 646-654.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, Vol 6, No. 1: 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1). https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69

Nuraya, T., Wulan, D., Harfinda, E. M., & Pangestu, G. B. (2023). Sosilisasi Bahaya Sampah Plastik Pada Ekosistem Perairan. Bina Bahari, 2(1), 1-7.

Nurmala, Nurmala, Sullaida Sullaida, and Damanhur Damanhur (2022). "Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe." E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 23.2: 73-78.

Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai terhadap kepuasan konsumen saung manglid. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 1–5.

Pratama, I. P., & Helma, H. (2019). Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Wisata Pantai Tan Sirdano Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Customer Satisfaction Index Dan Importance Performance Analysis. UNP Journal of Mathematics, 2(4). http://dx.doi.org/10.24036/unpjomath.v4i4.7917

Pradini, G., Kusumaningrum, A. P., Putri, O., Ardani, P. A., & Karyatun, S. (2023). Persepsi dan Kepuasan Pengunjung Terhadap Keunikan dan Potensi Ekowisata Pesisir Kali Ciliwung. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 790-795.

Qomariah, N. (2020). Pentingnya Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung. In Cv.Pustaka Abadi.

Revida, E., Gaspersz, S., Uktolseja, L. J., dan Warella, Y. (2020). Pengantar Pariwisata. Yayasan Kita Penulis. Jakarta.

Siregar, S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berwisata Pada

Destinasi Wisata Pantai Bali Lestari Serdang Bergadai. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5129

Swabawa, A., Pemayun, I. D. G., dan Sutiarso, A. (2022). Manajemen Bisnis Pariwisata. Pascal Books. Tangerang.

Sembiring, M. Ricky Alamsyah, and Nurlisa Ginting. (2022) "Persepsi Wisatawan Terhadap Citra Kebersihan Destinasi Wisata di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir." Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE). Vol. 5. No. 1. 2022.10.32734/ee.v5i1.1454

Trecylia, V. F., & Marlina, L. (2023). Analisis Kepuasan Pengunjung Dan Potensi Pengembangan Pada Objek Wisata Pantai Mutun Di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(3). https://doi.org/10.23960/jiia.v11i3.7368

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505

Waste Management. 2021. What Is Waste Management? https://www.wm.com/us/en/support/faqs/what-is-wastemanagement.

Wiratna, V. S. (2015). Metodologi Penelitian – Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka

Baru Press. 21-22.

Zhu, C., Li, D., Sun, Y., Zheng, X., Peng, X., Zheng, K., Hu, B., Luo, X., Mai, B. (2019). Plastic Debris in Marine Birds from An Island Located in the South China Sea. Marine Pollution Bulletin, 149, 1-4. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0025326X19307106

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Syabina, Z., & Prawiro, J. (2024). Analisis Pengelolaan Kebersihan Dalam Meningkatkan Keputusan Wisatawan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang. Jurnal Pariwisata Dan Perhotelan, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3368

Issue

Section

Articles