Analisis Efektivitas Fasilitas Bagi Wisatawan Penyandang Disabilitas di Monumen Nasional
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3366Keywords:
Monumen Nasional, Efektivitas, Fasilitas, Wisatawan, Penyadang DisabilitasAbstract
Monumen Nasional merupakan icon yang terletak di Jakarta dan sudah sangat terkenal dengan ketinggian dan emas yang berada di puncak tugu. Fasilitas yang berada di Monumen Nasional ini belum sepenuhnya ramah disabilitas sehingga penelitian ini dilakukan. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui fasilitas yang berada di Monumen Nasional sudah efektif atau belum bagi wisatawan penyandang disabilitas yang ingin berwisata ke Monumen Nasional mengingat bahwa wisata Monumen Nasional ini banyak diminati oleh masyarakat sekitar. Permasalahan yang ada didukung dengan adanya ulasan google review. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara terstruktur kepada pengelola dan wisatawan umum dan semi terstruktur kepada wisatawan penyandang disabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Monumen Nasional masih kurang efektif dan masih kurang ramah untuk wisatawan penyandang disabilitas datang berwisata. Fasilitas yang berada di Monumen Nasional juga tidak dapat dikembangkan secara banyak. Hal tersebut disebabkan oleh bangunan yang sudah cukup bersejarah namun tidak dapat di modifikasi. Pernyataan ini juga didukung oleh pengelola Monumen Nasional yang menyatakan bahwa fasilitas disabilitas di Monumen Nasional ini memiliki kendala.
References
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IVSd Negeri 060800 Medan Area. Journal Of Social Science Research, 3.
Cole, S., & Scott, N. (2022). Visitor satisfaction and infrastructure: The key role of tourism facilities in destination appeal. Tourism Management, 93, 104602. DOI: 10.1016/j.tourman.2022.104602.
Cubank. (n.d.). Tentang Pengadilan. Pengadilan Negeri Watansoppeng. https://pn-watansoppeng.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=397&Itemid=391
Girsang, D., & Sipayung, N. L. (2021). Peran instagram terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun (Pasca Pandemi Covid-19). Jurnal Darma Agung, 29(3), 416. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1226
Hadi, W., & Widyanngsih, H. (2021, Maret). Persepsi Wisatawan Dengan Sapta Pesona di Candi Ijo Desa Sambirejo , Prambanan , Sleman. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/10140/4711
Hikmah, T. L., Yusuf, M., & Sianturi, R. S. (2021). Kriteria Pengembagan kampus ramah disabilitas di universitas airlangga. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.55409
Indriawati, T. (2023a, January 27). Menapa Monas Dijadikan Ikon Jakarta?. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/stori/read/2023/01/27/150000379/menapa-monas-dijadikan-ikon-jakarta-#:~:text=Alasan%20Monas%20dijadikan%20ikon%20Jakarta,membangkitkan%20semangat%20patriotisme%20rakyat%20Indonesia
Jufrizen, J. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen, 7(1), 35–54. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2277
Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Pusat Rehabilitasi Kemhan RI. (n.d.). https://www.kemhan.go.id/pusrehab/2016/11/24/artikel-kebijakan-penyandang-disabilitas.html#:~:text=Adapun%20menurut%20Undang%2DUndang%20Nomor,kesulitan%20untuk%20berpartisipasi%20secara%20penuh
Kuper, H., Banks, L. M., Bright, T., Davey, C., & Shakespeare, T. (2020, April). Disability-Inclusive COVID-19 response : What it is, why it is important and what we can learn from the United Kingdom's response. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7236579/pdf/wellcomeopenres-5-17367.pdf
Lusiana, Neldi, M., & Sanjaya, S. (2021). Analisis Investasi Sektor Pariwisata, Jumlah Objek Wisata, Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Retribusi Kawasan Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9. https://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/view/28964/14575
Mahrita, & Cahyono, R. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Guru Terhadap Efektivitas Belajar Siswa SDN Binuang 4 Kabupaten Tapin. Media Mahardika, 20. https://ojs.stiemahardhika.ac.id/index.php/mahardika/article/view/425/279
Nunkoo, R., & Gursoy, D. (2022). The role of tourism infrastructure in destination development and competitiveness. Tourism Economics, 28(5), 1050-1068. DOI: 10.1177/13548166221095798.
Pemkot Semarang dorong ketersediaan toilet bagi disabilitas. KOMPAS.tv. (n.d.). https://www.kompas.tv/video/487477/pemkot-semarang-dorong-ketersediaan-toilet-bagi-disabilitas
Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020, Desember). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ekonomi Islam, 12. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.2392
Rasyidin, R. A., & Pahlevi, T. (2021). Efektivitas Penerapan E-Performance di Keluharan Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9. Efektivitas Penerapan E-Performance di Kelurahan Gunung ...Unesa Journalhttps://journal.unesa.ac.id › article › download
Rismawan, D., Purwanta, H., & Susanto. (2022, November). Melacak Sejarah Situs Monumen Nasional dan Pemanfaatan sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMA. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3038/1856
Supriyadi, D., & Komara, E. (2020, November). Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata danKebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Manajemen Jasa, 2. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/391/260
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023a). Konsep populasi Dan sampling serta Pemilihan Partisipan Ditinjau dari Penelitian Ilmiah pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Suryani, I., Sagiyanto, A., & Leliana, I. (2022). Strategi komunikasi dalam industri pariwisata Pasca Pandemi covid-19. Jurnal Public Relations (J-PR), 3(1), 93–98. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1177
Tan, V., & Ardiansyah, I. (2023, Juni). Pengaruh Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Monumen Nasional (MONAS). Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 20. https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/view/64560/pdf
Thomas, F. B. (2022, January). The Role of Purposive Sampling Technique as a Tool for Informal Choices in a Social Sciences in Research Methods. JUST AGRICULTURE Multidisciplinary e-Newsletter, 2(5).
Ujang, N., Zakariya, K., Maulan, S., & Sadek, S. (2023). Evaluating Tourist Facilities for Visitor Satisfaction and Behavioral Intention. Sustainability, 15(5), 2403. DOI: 10.3390/su15052403.
UU No. 10 tahun 2009. Database Peraturan | JDIH BPK. (n.d.). https://peraturan.bpk.go.id/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Peneiitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Wilinny, Halim, C., Sutarno, Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019, Februari). Analisis Komunikasi Di Pt. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3. https://simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adelly Gabriella, Johann Prawiro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.