Pengaruh Kinerja Petugas Check-in Counter terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Pelita Air PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjase.v1i4.2794Keywords:
Kinerja Petugas Check-In Counter, Kepuasan Penumpang, Pelita Air, PT. Gapura AngkasaAbstract
Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Sebagai salah satu bandar udara tersibuk ke 3 di Indonesia dan PT. Gapura Angkasa yang bergerak di bidang ground handling mendukung operasional maskapai Pelita Air yang baru beroperasi di tahun 2022. Kinerja petugas check-in counter sangat penting dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada penumpang, meliputi proses verifikasi tiket, penanganan bagasi, dan penyediaan informasi penerbangan sangat penting dalam memastikan pengalaman penumpang dalam melakukan perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh kinerja petugas check in counter terhadap kepuasan penumpang pelita air. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner, sampel dalam penelitian ini adalah penumpang yang pernah menggunakan maskapai Pelita Air Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa kinerja petugas check-in counter tidak berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, variabel (X) memiliki pengaruh sangat lemah terhadap variabel (Y) sebesar 1,6% sedangkan sisanya 98,4% di pengaruhi variabel lain. Hal ini di buktikan dengan hasil Thitung<Ttabel yaitu -1.128.
References
Admadjati, 2014. Manajemen operasional bandar udara
Agus Purwanto, Erwan, 2012, Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta : Gava Media
Arikunto, 2019, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, 2019, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Atmadjati, A. 2014: Manajemen operasional bandar udara, Penerbit Deepublish, 4- 6, ISBN: 978-602-280-769-8.
Cendikia, M. D. 2020. Pengaruh Kinerja Petugas Check-In Pada Waktu Nataru Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Djati, S. P., & Darmawan, D. 2005. Pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan, kepercayaan, dan kesetiaan pelanggan. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 48-59.
Erwan Agus Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
FAAST YOGYAKARTA. FAAST (Flight Attendant & Airline Staff Training). Retrieved from : https://faast.co.id/. 25 Desember 2023
Fakhrudin, Arif, Kifni Yudianto, and You She Melly AD (2021). “Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah.” Forum Ekonomi. 23. 4 DOI: https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Flippo, E. B. 2005. Manajemen Personalia. Edisi Keenam, Jakarta, Indonesia: Raja Grafindo.
Gapura Angkasa Official Website. Retrieved from : https://gapura.id/ . 25 Desember 2023
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ke-7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. 2019. Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium)
Husein, Umar. 2013. Desain Penelitian MSDM Dan Perilaku Karyawan. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Indonesia. Undang-Undang Penerbangan. UU No.1 Tahun 2009
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada
kementerian perhubungan Official Website. https://dephub.go.id/ . 30 November 2014
Kotler, Philip. 2007, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama, Jakarta:Penerbit Salemba Empat.
Latif, Muhammad Reza, et. all. 2018. “Pengaruh Persepsi Tentang Modal Usaha, Lokasi Dan Jenis Dagangan Terhadap Kesejahteraan Pedagang Di Jalan Roda (Jarod) Manado”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 18 No. 5
Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Priyatno, Dwi. 2014. Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.
PT Pelita Air Service (PAS).Retrieved from : https://www.pelita-air.com/ 24 Desember 2023
Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education
Saleky, S. R. J., Souisa, W., & Olivia, W. 2017. 10 The Effect Of Customer Perceptions On Their Satisfaction And Retention Of Starred Hotels In Ambon City. Tourism and Sustainable Regional Development in Indonesia, (14).
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sutarwati, S & Dewi, L. A. 2016. Pengaruh Kinerja Petugas Chek-In Counter Pt Gapura Angkasa Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Ground Handling Dirgantara, 3(1), 14-24.
Utami, S. B. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan Terhadap kepuasan nasabah Pada pt. Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta.
Virgiawansyah, E. Utomo, B. B., & Rosyid, R. 2019. Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(06).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adam Chorry Revandha, Andi Syaputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.