Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu terhadap Tingkat Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjase.v1i1.2221Keywords:
Ruang Tunggu, Kenyamanan Penumpang, Bandar UdaraAbstract
Bandar udara adalah infrastruktur vital di Indonesia yang mendukung konektivitas dan pariwisata antarwilayah. Fasilitas di Bandar Udara, terutama ruang tunggu, mempengaruhi kenyamanan penumpang dalam menggunakan layanan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh fasilitas ruang tunggu di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok terhadap tingkat kenyamanan penumpang. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui seberapa besar pengaruhnya fasilitas ruang tunggu bagi kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa nilai signifikan variabel fasilitas ruang tunggu (X) sebesar 0,00 pada tingkat signifikan 0,05 karena nilai signifikan 0,00<,0,05 maka ditemukan ada pengaruh antara variabel fasilitas ruang tunggu (X) terhadap kenyamanan penumpang (Y), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji koefesien determinasi dapat disimpukan bahwa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap tingkat kenyamanan penumpang di Bandar udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok adalah sebesar 83,8% dan sisanya sebesar 16,2% yang dipengaruhi oleh variabel lainnya.
References
Arnanta, G. R. (2022). Analisis Pengaruh Fasilitas Rruang Tunggu terhadap Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Ngloram Cepu. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1).
Dwijayanti, H., & Dewantari, A. (2022). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1997–2001. DOI: https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2271
Ervandi, B. I. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu terhadap Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. STTKD Sekolah Tinggi Teknologi kedirgantaraan.
Gunawan, & Ananda, F. (2017). Aspek Kenyamanan Termal Ruang Belajar Gedung Sekolah Menengah Umum di Wilayah Kec.Mandau. Jurnal Inovtek Polbeng, 7(2), 98–103.
Harefa, A. S., Naibaho, P. D., & Rahmawati, A. L. (2018). Persepsi Penghuni Terhadap Kenyamanan Beraktivitas Di Ruang Terbuka Perumahan. Jurnal Seminar Arsitektur (ALUR), 5(1). DOI: https://doi.org/10.54367/alur.v1i1.201
Indahsari, S. N., & Wulandari, R. (2016). Analisis Ergonomi Lingkungan Ruang Tunggu Selatan Stasiun Bandung Berdasarkan Standar Kenyamanan Pengguna. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 1(3), 232–245. DOI: https://doi.org/10.25124/idealog.v1i3.947
Indiarta, I. G. T., & Meilani, I. (2023). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Trunojoyo Sumenep Madura. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 560–567. DOI: https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1431
Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Person Australia.
Kurnianto. (2020). Pengaruh Harga, Produk dan Kenyamanan Terhadap Preferensi Dalam Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang: Vol. unknown (Issue unknown). Universitas Negeri Semarang.
Kurniatun, M., & Ip, H. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Low Cost Carrier (Lcc) Pada Maskapai Citilink Terhadap Kepuasaan Wisatawan Domestik di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 24–29. DOI: https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.297
Kusumawati, S., Nurhadi, K., & Rini, E. F. (2017). Pengaruh Perkembangan Bandara Internasional Adi Soemarmo Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Di Sekitarnya. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 7(2), 82. DOI: https://doi.org/10.20961/region.v7i2.11578
Oetama, S., & Sari, D. H. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Mandirii (Persero) Tbk Di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 195527.
Pahleviannur, M. R. (2022). Penentuan Prioritas Pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6ghyz
Pahleviannur, M. R., Ayuni, I. K., Widiastuti, A. S., Umaroh, R., Aisyah, H. R., Afiyah, Z., Azzahra, I., Chairani, M. S., Dhafita, N. A., & Rohmah, N. L. (2023). Kerentanan Sosial Ekonomi terhadap Bencana Banjir di Hilir DAS Citanduy Bagian Barat Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Media Komunikasi Geografi, 24(2), 189–205. DOI: https://doi.org/10.23887/mkg.v24i2.66370
Puspitasari, F. S. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Keberangkatan Domestik Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bandar Udara Adi Soemarmo.
Putri, A., & Fatmayati, F. (2022). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Keberangkatan Domestik dan Kualitas Pelayanan Passanger Handling Terhadap Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya di Masa Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 322–331.
Rahmawati, Q. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan di Boarding Gate dan Fasilitas Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 300–309. DOI: https://doi.org/10.55606/jaem.v2i3.354
Roellyanti, M. V, & Jannah, M. W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 307–321. DOI: https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2271
Saragih, R. N., & Dyahjatmayanti, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ruang Tunggu Dan Fasilitas Terminal Keberangkatan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Yogyakarta International Airport. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1183–1194.
Subiyantoro, A., Wahyuning, S., & Lestari, O. S. S. (2022). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Terhadap Kepuasan Konsumen Bandar Udara Matahora-Wakatobi. Jurnal Economina, 1(2), 311–321. DOI: https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.42
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Sumardi, U., & Jumlad, J. (2022). Pengaruh Aksesibilitas Menuju Bandar Udara InternasionalYogyakarta Terhadap Persepsi Penumpang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3025–3032.
Suprapti, S., & Tius, K. (2022). Analisis Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3402–3413.
Tius, S. K. (2022). Analisis Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3402–3413.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offest.
Tukuboya, T. A., & Prakosawati, E. E. (2022). Analisis Fasilitas Ruang Tunggu di Terminal Keberangkataan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Bagi Kepuasan Penumpang. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.19
Utami, S. S., Nugroho, C. H., & Sunarsono. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan SFA Steak and Resto di Klodran Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(3), 364–371.
Violesia, E. B. (2014). Pengaruh Warna Ruang Kerja terhadap Kenyamanan Dosen Psikologi. Fakultas Psikologi USU.
Zein, L. M. (2022). Persepsi Kondisi Ruang Tunggu pada Fasilitas Umum di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Linears, 5(2), 80–86. DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v5i2.7776
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sulistiawati Ningsih, Desiana Rachmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.