Pengaruh Fasilitas Charger di Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo
DOI:
https://doi.org/10.47134/pjase.v1i2.2368Keywords:
Fasilitas Charger, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Internasional Adi Soemaro BoyollaliAbstract
Bandar Udara internasional Adi Soemarmo Boyolali merupakan bandar udara yang melayani penerbangan yang berlokasi Ngemplak di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Bandar Udara Adi Soemarmo merupakan bandar udara yang dikelola PT Angkasa Pura I. Untuk tingkat kepuasan penumpang dapat dinilai dari fasilitas charger yang baik, aman, dan nyaman. Fasilitas charger mampu memberikan kepuasan kepada penumpang dengan meningkatkan fasilitas charger yang belum sesuai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah fasilitas charger berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, dan seberapa besar fasilitas charger berpengaruh terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Adi Semarmo Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali yang dimana penumpang pada Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali menjadi objek dalam penelitian ini. Untuk sumber data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji T, dan Uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian disimpulkan untuk menjawab rumusan masalah, bahwa: 1. variabel Fasilitas Charger (X) berpengaruh terhadap kepuasan penumpang (Y) dibuktikan dengan nilai T hitung pada variabel Fasilitas Charger (X) jadi, > t tabel yaitu 11,156 > 1,660 dengan nilai signifikan < 0,1 yaitu 0,007; 2. Fasilitas Charger (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Penumpang (Y) sebesar 0,748 diketahui dari nilai R Square yang artinya variabel X mempengaruhi Variabel Y sebesar 55,9%.
References
Afitasari, E. (2023). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang. Manajemen, 3(1), 9–19. DOI: https://doi.org/10.51903/manajemen.v3i1.211
Agus, H. D. (2014). Manajemen Keuangan. Ekonosia.
Ambuskar, M. M. (2024). Electric Vehicle Charging Interruptions. SAE Technical Papers. https://doi.org/10.4271/2024-26-0137 DOI: https://doi.org/10.4271/2024-26-0137
Ardiansyah, I. (2022). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Keberangkatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Kalimarau Berau.
Emmywati. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Yang Terdiri Dari Kenyamanan, Keamanan, Kemudahan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Galeri Seni Dan Pusat Meditation Ponorogo Jawa Timur. Jurnal Manajemen, 1(3), 184–191. DOI: https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.34
Firmansyah, A. (2018). Pengantar Manajemen (1st ed.). Deepublish.
Fudiawali Ningtyas, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. DOI: https://doi.org/10.36841/jme.v1i11.2271
Gulzar, Y. (2024). Revolutionizing mobility: a comprehensive review of electric vehicles charging stations in India. Frontiers in Sustainable Cities, 6. https://doi.org/10.3389/frsc.2024.1346731 DOI: https://doi.org/10.3389/frsc.2024.1346731
Inkha Rhosyada, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kenyaman Penumpang Di Bandar Udara Internasional Banyuwangi.
Jain, A. (2024). Operating modes of grid integrated PV-solar based electric vehicle charging system- a comprehensive review. E-Prime - Advances in Electrical Engineering, Electronics and Energy, 8. https://doi.org/10.1016/j.prime.2024.100519 DOI: https://doi.org/10.1016/j.prime.2024.100519
Kotler. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (A. Pramesta (Ed.)). Publisher.
Mei Fatmaasih, I. (2021). Pengaruh Kualitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Raden Inten Ii Lampung.
Nazlia. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Saudara Syariah Medan.
Noval Izza Mahendra, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap.
Park, H. (2024). An exact algorithm for maximum electric vehicle flow coverage problem with heterogeneous chargers, nonlinear charging time and route deviations. European Journal of Operational Research, 315(3), 926–951. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2023.12.019 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2023.12.019
Rahmadiansyah, N. (2022). Pengaruh Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3650–3659.
Sahu, H. (2024). IoT Based Smart Parking Ecosystem with Connected Wireless Induction Chargers. SAE Technical Papers. https://doi.org/10.4271/2024-26-0129 DOI: https://doi.org/10.4271/2024-26-0129
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Performa, 1(6), 755–764.
Sudirman, H., & Parameswari, F. (2019). Pengaruh Fasilitas Free Wifi Dan Charging Station Terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Manajemen Dirgantara, 12(2), 118–126.
Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Center For Academic Publishing Service (Caps).
Takagi, M. (2024). Impact of Higher Power of EV Quick Chargers on Peak Load and Analysis of Smoothing Effect of Charging Demand. IEEJ Transactions on Power and Energy, 144(2), 182–191. https://doi.org/10.1541/ieejpes.144.182 DOI: https://doi.org/10.1541/ieejpes.144.182
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi.
Wang, H. (2024). Electric-vehicle charging facility deployment models for dense-city residential carparks considering demand uncertainty and grid dynamics. Transportation Research Part C: Emerging Technologies. https://doi.org/10.1016/j.trc.2024.104579 DOI: https://doi.org/10.1016/j.trc.2024.104579
Wang, W. (2024). A Bilevel EV Charging Station and DC Fast Charger Planning Model for Highway Network Considering Dynamic Traffic Demand and User Equilibrium. IEEE Transactions on Smart Grid, 15(1), 714–728. https://doi.org/10.1109/TSG.2023.3275013 DOI: https://doi.org/10.1109/TSG.2023.3275013
Wicaksono, A. P., & others. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(18), 130–139.
Yan, Y. (2024). A mixed-integer programming-based Q-learning approach for electric bus scheduling with multiple termini and service routes. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 162. https://doi.org/10.1016/j.trc.2024.104570 DOI: https://doi.org/10.1016/j.trc.2024.104570
Zhou, X. (2024). The Impact of the Parking Spot’ Surroundings on Charging Decision: A Data-Driven Approach. KSCE Journal of Civil Engineering. https://doi.org/10.1007/s12205-024-0960-4 DOI: https://doi.org/10.1007/s12205-024-0960-4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asriyani Wahyu Lestari, Suprapti Suprapti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.