Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Perpustakaan Kreatif Pada Siswa SDN Rejoagung 1, Kabupaten Jember
Keywords:
minat baca, pendidikan, literasi, perpustakaan kreatif, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sekaligus menerapkan alternatif dalam upaya meningkatkan minat baca siswa khususnya di sekolah dasar. Minat baca merupakan hal yang sangat krusial untuk terus diperhatikan dan ditingkatkan dengan dukungan guru di sekolah dikarenakan dengan minat baca yang tinggi juga akan mempengaruhi prestasi peserta didik di sekolah. Melalui penelitian ini peningkatan minat baca di lakukan dengan memfasilitasi perpustakaan kreatif yang menarik minat siswa untuk membaca. Penelitian ini di lakukan dalam dua proses yaitu asesmen dan intervensi minat baca siswa. Proses asesmen dilakukan dengan observasi dan wawancara dan proses intervensi melalui penerapan kegiatan literasi di perpustakaan untuk memantau perkembangan minat baca siswa. Data-data yang didapat dianalisis dan menggunakan metode kualitatif penelitian tindakan kelas. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan, perpustakaan kreatif mampu meningkatan motivasi dan minat baca siswa di SDN Rejoagung 1.
References
Ama, R. G. T., & Widyana, R. (2021). Konsep diri membaca dan minat baca pada siswa sekolah da-sar. Cognicia, 9(1), 6-10.
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.
Mairisiska, T., Kusmiarti, R., Utama, C., Asmara, A., & Ulfah, Y. F. (2023). PENDIDIKAN LITERASI. Mafy Me-dia Literasi Indonesia.
Nasriyati, C. (2019, January). Peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi organ tumbuhan melalui pengaruh pengembangan lkpd berbasis komik di smp negeri 1 montasik aceh besar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 6, No. 1).
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bali: Penerbit Nilacakra.
Pribadi, R. A., & Jamaludin, U. (2023). Karakteristik Belajar Dan Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4744-4753.
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata:(KKN TematikCOVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press.
Roza, N. (2020). Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penilaian Kinerja Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tam-busai, 4(3), 3390-3397.
Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 89-100.