Pencegahan Bullying Melalui Metode Psikoedukasi Di SDN 02 Sukorejo Bangsalsari

Authors

  • Neni Eka Syaputri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Robiatul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Devi Nila Belinda Putri Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

siswa,, bullying, sekolah

Abstract

Banyaknya kasus bullying pada siswa sekolah dasar masih menjadi permasalahan besar. Hasil wawancara dengan guru SDN 02 Sukerojo didapatkan hasil bahwa dari kelas 1 sampai kelas 6 masih terdapat kasus bullying baik secara verbal maupun fisik. Secara garis besar bullying dapat membahayakan kesehatan mental baik pada pelaku maupun korban. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada SDN 02 Sukorejo bangsalsari pada 9 Maret 2024. Kegiatan dilakukan dengan melakukan analisa situasi, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 25% pada anak kelas 4-6, sedangkan pada anak kelas 1-3 mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 20%. Dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang bullying sehingga dapat mencegah kejadian perundungan tersebut.

References

Fraguas, D., Diáz-Caneja, C. M., Ayora, M., Durán-Cutilla, M., Abregú-Crespo, R., Ezquiaga-Bravo, I., Martín-Babarro, J., & Arango, C. (2021). Assessment of School Anti-Bullying Interventions: A Meta-analysis of Randomized Clinical Trials. JAMA Pediatrics, 175(1), 44–45. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2020.3541

Irwanti, R. U., & Haq, A. H. B. (2023). Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 214–220. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362

Kennedy, R. S. (2020). Aggression and Violent Behavior A meta-analysis of the outcomes of bullying prevention programs on subtypes of traditional bullying victimization : Verbal , relational , and physical. Aggression and Violent Behavior, 55(May), 101485. https://doi.org/10.1016/j.avb.2020.101485

Nasional, P., Utami, T. W., Astuti, Y. S., Bandung, P. K., Studi, P., & Bogor, K. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah The Relationship Anxiety And Bullying Behavior In Elementary. 2(1), 6–11.

Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman KuliahKerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press

Salmivalli, C., Laninga-Wijnen, L., Malamut, S. T., & Garandeau, C. F. (2021). Bullying Prevention in Adolescence: Solutions and New Challenges from the Past Decade. Journal of Research on Adolescence, 31(4), 1023–1046. https://doi.org/10.1111/jora.12688

Yuli, Y. F., & Ahmad Efendi. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah dan Melawan Perundungan (Bullying & Cyberbullying) di SMP Unggulan Habibulloh. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 15–23. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.182

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Syaputri, N. E., Adawiyah, R., & Belinda Putri, D. N. (2024). Pencegahan Bullying Melalui Metode Psikoedukasi Di SDN 02 Sukorejo Bangsalsari. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(2), 14–19. Retrieved from https://journal.pubmedia.id/index.php/jpi/article/view/3004

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.