Pencegahan Bullying Melalui Metode Psikoedukasi Di SDN 02 Sukorejo Bangsalsari
Keywords:
siswa,, bullying, sekolahAbstract
Banyaknya kasus bullying pada siswa sekolah dasar masih menjadi permasalahan besar. Hasil wawancara dengan guru SDN 02 Sukerojo didapatkan hasil bahwa dari kelas 1 sampai kelas 6 masih terdapat kasus bullying baik secara verbal maupun fisik. Secara garis besar bullying dapat membahayakan kesehatan mental baik pada pelaku maupun korban. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada SDN 02 Sukorejo bangsalsari pada 9 Maret 2024. Kegiatan dilakukan dengan melakukan analisa situasi, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 25% pada anak kelas 4-6, sedangkan pada anak kelas 1-3 mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 20%. Dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang bullying sehingga dapat mencegah kejadian perundungan tersebut.
References
Fraguas, D., Diáz-Caneja, C. M., Ayora, M., Durán-Cutilla, M., Abregú-Crespo, R., Ezquiaga-Bravo, I., Martín-Babarro, J., & Arango, C. (2021). Assessment of School Anti-Bullying Interventions: A Meta-analysis of Randomized Clinical Trials. JAMA Pediatrics, 175(1), 44–45. https://doi.org/10.1001/jamapediatrics.2020.3541
Irwanti, R. U., & Haq, A. H. B. (2023). Efektivitas Psikoedukasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang Bullying pada Remaja. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 214–220. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12362
Kennedy, R. S. (2020). Aggression and Violent Behavior A meta-analysis of the outcomes of bullying prevention programs on subtypes of traditional bullying victimization : Verbal , relational , and physical. Aggression and Violent Behavior, 55(May), 101485. https://doi.org/10.1016/j.avb.2020.101485
Nasional, P., Utami, T. W., Astuti, Y. S., Bandung, P. K., Studi, P., & Bogor, K. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah The Relationship Anxiety And Bullying Behavior In Elementary. 2(1), 6–11.
Rintyarna, B. S., Hidayat, C. T., Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2021). Buku Pedoman KuliahKerja Nyata:(KKN Tematik COVID-19) Universitas Muhammadiyah Jember. UM Jember Press
Salmivalli, C., Laninga-Wijnen, L., Malamut, S. T., & Garandeau, C. F. (2021). Bullying Prevention in Adolescence: Solutions and New Challenges from the Past Decade. Journal of Research on Adolescence, 31(4), 1023–1046. https://doi.org/10.1111/jora.12688
Yuli, Y. F., & Ahmad Efendi. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah dan Melawan Perundungan (Bullying & Cyberbullying) di SMP Unggulan Habibulloh. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 15–23. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.182