Sosialisasi Anti-Bullying dengan Metode Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Dan Perilaku Baik Siswa Di MI Muhammadiyah Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.47134/jpi.v1i3.3120Keywords:
Sosialisasi Anti-Bullying, Metode Kreatif, Pemahaman Siswa, Perilaku Baik, MI Muhammadiyah Kota MadiunAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku baik siswa terhadap bullying melalui sosialisasi anti-bullying dengan metode kreatif di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Bullying merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis dan akademik siswa. Pendekatan konvensional dalam sosialisasi sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian dan keterlibatan siswa. Oleh karena itu, program ini mengadopsi metode kreatif seperti bernyanyi, bercerita, dan bermain game untuk menyampaikan pesan anti-bullying dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Metode dalam pengabdian ini mencakup observasi lapangan, perencanaan sosialisasi, dan pelaksanaan sosialisasi. Hasil dari program ini memiliki dampak positif pada peningkatan pemahaman siswa mengenai bullying setelah mengikuti sosialisasi dengan metode kreatif. Metode kreatif cukup efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Program ini membuktikan bahwa sosialisasi anti-bullying dengan metode kreatif dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku baik siswa terhadap bullying
References
AFRIZA, C. S. (2022). Best Practice Penggunaan Teknik Expressive Writing Untuk Mencegah Bullying Di Sd It Anak Shalih Lhokseumawe. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 308–313. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i4.1749
Christy, Z. A., Unter, R., & Wibowo, D. H. (2022). Layanan Psikoedukasi untuk Mencegah Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 429–439.
Edi Iskandar , Salma Saleha Subandi, W. (2024). Urgensi Sosialisasi Anti Bullying Dan Dampaknya Terhadap Bekasi the Urgency of Anti-Bullying Socialization and Its Impact on Students At Sdn Sirnajaya 01 and Sdn Sirnajaya 02 Serang Baru. Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 60–69.
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751
Ginting, R. S., Lolita, S., & Pardede, A. (2024). SOSIALISASI PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA / I SDN 060837 MEDAN. 3, 1–6.
Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(Vol 4, No 1 (2020)), 52–63.
Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Prasetya, Y. A., Hanim, W., & Fridani, L. (2019). Media Buku Cerita Mengenai Bentuk-Bentuk Bullying Dalam Kegiatan Bimbingan Klasikal Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 130–138. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.241
Rahmawati, Fajarrudin, M., Janan, M. F., Shafaroh, T. W., Aryawicaksana, N., Akbar, F., Isnaini, R. N. I. D., Halimah, F., Ramalda, N., Sholekha, I., Cahyani, F. A. E., & Saputra, F. W. (2023). Social education anti bullying: Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 826–830. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.20623
Ruslan, Z., & Rezkiani, K. (2023). How Bullying Can Happen ? Systematic Literature Review of Bullying at the Elementary School Level. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 40–59. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1308
Saleh, S. H., Tindangen, M., Ihsan, A. N., & Basriannor, A. (2024). SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PERILAKU BAIK PESERTA DIDIK DI SMA. 1(1), 3–6.
Stamp, G. H., & Shue, C. K. (2012). Twenty years of family research published in communication journals: A review of the perspectives, theories, concepts, and contexts. The Routledge Handbook of Family Communication, 11–28. https://doi.org/10.4324/9780203848166
Widyawati, A. (2014). Sosialisasi School Bullying Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Tindak Pidana Kekerasan Di Smpn 3 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Abdimas, 18(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Awit Istighfarin, Dyta Noor Aini, Mifta Khudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.