Peran Sosialisasi serta Revitalisasi Pojok Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Kaliboto Lor 04
Keywords:
literasi, minat baca, revitalisasi., pendidikan, SDN Kaliboto Lor 04Abstract
Artikel ini membahas program sosialisasi dan revitalisasi pojok literasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T 25 Universitas Muhammadiyah Jember di SDN Kaliboto Lor 04. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa, khususnya di kalangan siswa kelas 6, dengan menekankan pentingnya literasi dan memperbaiki fasilitas pojok literasi di sekolah. Mengingat rendahnya minat baca di Indonesia, di mana hanya satu dari seribu penduduk yang memiliki minat baca serius, program ini melibatkan tiga tahap utama: observasi kondisi pojok literasi, penyuluhan tentang pentingnya literasi, dan revitalisasi pojok literasi dengan penambahan koleksi buku serta perbaikan ruang baca agar lebih menarik. Kegiatan sosialisasi literasi melibatkan 58 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok untuk membaca dan mendiskusikan buku, dengan fokus pada kebiasaan membaca dan komunikasi hasil bacaan. Selain itu, pembuatan pojok baca yang menarik di kelas menggunakan bahan-bahan daur ulang juga dilakukan. Hasil dari program ini diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa dan memberikan dampak positif jangka panjang terhadap pendidikan di Indonesia.
References
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(01), 1–12.
Azizah, R. N. (2019). Mutu Pendidikan dan Budaya Literasi. Jurnal Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, 1–6.
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahaisswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Eni Desfitri, Risa Yulisna, & Fadhillah. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Membaca Bagi Siswa SD di Kampung Sungai Salak Pesisir Selatan. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.16
Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Setyawan, D., Lukito, R., & Sirojudin, M. W. (2022). Pendidikan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Ma Chung, 2, 139–144. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/340
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663