Implementasi Budaya Literasi oleh Mahasiswa KKN Tematik Melalui Optimalisasi Pojok Baca: Studi Kasus SDN 02 Karanganyar

Authors

  • Novia Putri Riyantika Universitas Muhammadiyah Jember
  • Zilfa Maulidah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Achmad Munawirul Madani Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpi.v1i1.2092

Keywords:

budaya literasi, optimalisasi pojok baca, ; sekolah dasar, KKN-Tematik

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah di SDN 02 Karanganyar masih terdapat peserta didik yang be-lum lancer membac. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketersediaan pojok baca yang berdampak pada minat baca siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasi budaya literasi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah ,etode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Gerakan Literasi Sekolah GLS melalui pojok baca di SDN 02 Karanganyar telah sampai tahap pembiasaan. Tahap pembiasaan dilakukan dengan kegiatan membaca sebelum pembelajaran dimulai.  Hasil program ini menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan literasi siswa literasi siswa secara signifikan di SDN 02 Karanganyar. Setelah melalui proses renovasi dan pengembangan pojok baca menjadi lebih menarik dan nyaman bagi siswa, dan juga mengembangkan minat baca dan keterampilan membaca terhadap siswa. Dengan adanya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), diharapkan literasi siswa di sekolah dasar dapat meningkat secara signifikan, dan memberikan dampak positif dalam perkembangan dalam minat baca terhadap siswa SDN 02 Karanganyar.

References

Abidin, Z. (2017). Indeks Budaya Literasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2017. Suhuf,

Gross, M. 2001. Imposed information seeking in public libraries and school library media centres: a common behaviour?. Information Research, 6(2).

Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles