Sosialisasi Gerakan Anti Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang

Authors

  • Muhammad Umam Mubarok Universitas Muhammadiyah Jember
  • Kevin Alfarobbi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Siti Khayisatuzahro Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Bullying, Pencegahan Perundungan, Sosialisasi Kesadaran Siswa

Abstract

Bullying atau perundungan adalah masalah serius yang dapat menimbulkan dampak negatif pada perkembangan psikologis, emosional, dan akademik anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sosialisasi gerakan anti bullying dalam meningkatkan kesadaran anak-anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang perundungan dan membekali mereka dengan keterampilan untuk mencegah dan menghadapi perundungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan objek penelitian siswa-siswi SDN Umbul 1 Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2024, serta wawancara dengan salah satu staf sekolah, Pak Nova. Data sekunder diperoleh melalui jurnal, artikel, dan buku yang relevan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi gerakan anti bullying berhasil meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya dan dampak perundungan. Siswa dapat mengenali berbagai bentuk perundungan, memahami langkah-langkah yang harus diambil ketika mengalami atau menyaksikan perundungan, dan menunjukkan sikap empati serta dukungan terhadap teman-teman mereka. Aktivitas interaktif seperti ice breaking dan "Tepuk Anti Bully" juga membantu menciptakan suasana yang menyenangkan dan mempermudah penyampaian pesan.

References

Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Hamdi, R. (2023). Implementasi Manajemen Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus: SD Negeri 8 Kampung Baru dan SDIT Ar-Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Manajemen Pendidikan AL-Hadi, 3(2).

Rahman, C. A., Awalia, F. N., Cesariyanti, Y., & Saiful, D. E. (2024). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan di SDN Girimukti dan SDN Jalupang, Kec. Saguling, Kab. Bandung Barat. Proceedings, 3(3).

Rahmansyah, H., Pricilia, G. M., Manullang, A. M., & Tampubolon, P. V. (2024). Gerakan Edulite (Edukasi dan Literasi) Anti Bullying Bagi Siswa/I SDN 200409 Pada ngsimpuan. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 195–199. https://doi.org/10.37081/adam.v3i1.1789

Rohimin, S. H. N. (2024). Implementasi Program Anti Bullying Di Lingkungan Sekolah SMK Muhamamdiyah 6 Gemolong. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 148–156.

Sihite, S. R. (2023). Edukasi Hukum tentang Pelecehan Seksual pada Anak di Sekolah Dasar Negeri , Kota Ambon. Jurnal Dedikasi Hukum, 3(2), 218–229.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Badan.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sukoyo, B. (2023). Pembelajaran Gerakan Stop Bullying Melalui Student Agency Kelas VI SDN Torongrejo 03 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 1037–1057.

Syafwar, R. (2024). Sosialisasi dan Stop! Perundungan di Sekolah Menuju Lingkungan Sekolah Bebas Perundungan. Jurnal Pengabdian Masyarakayt Dharma Andalas, 03(01), 46–55.

Tambunan, M. Y., Sihombing, N., Sitanggang, N. S., & Gabriella, Y. (2024). Strategi Penanggulangan Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar : Tinjauan Kasus dari Perspektif Siswa dan Guru di UPT SDN 060839 Medan. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(6), 375–383.

Widyaningtyas, R. (2023). Implementasi Kebijakan Anti Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 533–548. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5489

Yazdy, A. (2023). Gerakan Anti Perundungan : Tinjauan Filsafat Bimbingan Konseling. : : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 20(02), 93–113. https://doi.org/10.14421/hisbah.2023.202-06

Yudha, D. S. (2024). Sosialisasi Anti Bullying Kepada Siswa-Siswi SD Negeri 01 Jarak Kec. Wonosalam Kab. Jombang. Journal of Community Service (JCOS), 2(3), 88–95.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Mubarok, M. U., Alfarobbi, K., & Khayisatuzahro, S. (2024). Sosialisasi Gerakan Anti Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Indonesia, 2(1), 22–33. Retrieved from https://journal.pubmedia.id/index.php/jpi/article/view/3647

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.