Perencanaan dan Pengembangan Bisnis pada Produk Aksesoris Gantungan Tali Tas
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4400Keywords:
Perencanaan Bisnis, Pengembangan Bisnis, Aksesoris Fashion, Gantungan Tali Tas, Analisis Kelayakan BisnisAbstract
Penelitian ini mengkaji perencanaan dan pengembangan bisnis untuk produk gantungan tali tas karena merupakan peluang bisnis yang menjanjikan di pasar fashion accessories Indonesia. Gantungan tali tas adalah aksesori fungsional yang tidak hanya berfungsi sebagai penggantung tas tetapi juga merupakan komponen dekoratif yang meningkatkan nilai estetika tas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, metode ini mencakup analisis pasar, analisis kompetitor, dan analisis kelayakan bisnis. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pelaku usaha sejenis, survei konsumen, dan observasi pasar. Selain itu, penelitian menilai kelayakan bisnis dengan menggunakan alat analisis bisnis seperti Business Model Canvas, analisis SWOT, dan proyeksi finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar aksesoris gantungan tali tas memiliki prospek yang menguntungkan dengan tingkat permintaan yang konsisten, terutama di kalangan pelanggan muda dan pelanggan tas branded. Target pasar utama adalah wanita dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun yang memiliki daya beli menengah ke atas dan peduli terhadap produk yang menarik dan berkualitas. Menurut analisis pesaing, masih ada tempat untuk produk dengan desain dan kualitas premium yang berbeda. Salah satu strategi pengembangan bisnis yang disarankan adalah sebagai berikut: (1) membuat produk dengan pilihan desain yang menarik dan bahan berkualitas tinggi, (2) masuk ke pasar melalui platform online dan offline, (3) meningkatkan kesadaran merek melalui pemasaran sosial media dan kerja sama dengan influencer, dan (4) membangun kolaborasi strategis dengan toko aksesoris dan butik fashion. Dengan tingkat pengembalian investasi yang menarik dan break even point yang dapat dicapai dalam 8-12 bulan, proyeksi finansial menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan.
References
Alfani, M. (2022). Perancangan Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jeans Pada UKM X Menggunakan Analisis SWOT. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 23(1), 19-30.
As’ad, M., Aswad, M., Anshari, M. F., & Andi, R. M. (2023). Pelatihan pembuatan tas dari tali kur bagi ibu rumah tangga di Desa Silea Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-7.
Female Daily. (2024). Koleksi bag charms: Serunya menambahkan sentuhan personal di tas. Female Daily.
Khairina, A. R., Rinaldi, F. R., & Andika, R. (2022). Pelatihan pembuatan tas tali kur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Batu Layang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPM), 3(2), 640–648.
Lestari, L., & Wahyudin, W. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis pada Perancangan dan Pengembangan Produk Kursi Multifungsi. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 21(1), 86-95.
Muharomah, N. A., Prakoso, R. B., Maulidina, R. A. J. F., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Implementasi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(01), 53-58.
Prahnawati, N., et al. (2020). Musim kertas liur: Kerajinan tas tali kur yang mudah dan simple.
Reddit. (2025). Bag charms 2025; Yay or nay? Diskusi pada komunitas r/femalefashionadvice dan r/handbags.
Rokhmania, N. R., et al. (2023). Digital Marketing Bagi UMKM: Studi Kasus Batik Era Krisna. Jurnal KeDayMas, 3(1), 25–39.
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2019). Consumer behavior (12th ed.). Pearson.
Schumpeter, J. A. (1934). The theory of economic development: An inquiry into profits, capital, credit, interest, and the business cycle. Harvard University Press.
Setianingsih, R., et al. (2024). Efektivitas Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan: Studi Kasus UMKM Mami Kitchen. Surplus: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Telagawathi, N. L. W. S., et al. (2022). Strategi Transformasi Digital UMKM Kerajinan Tangan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.
Turnip, I. R. S., et al. (2021). Analisis pengembangan kerajinan tas tali kur Desa Saentis. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananta Rahma Alifya, Naswa Rihadatul Firdinisa, Himmatin Nisa Imama, Novita Prima Cahyani, Ratna Sari, Maharani Ikaningtyas, Rusdi Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.