Pola Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Hubungan Baik Antara Sipir dan Tahanan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2491Keywords:
Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Sipir, LPKA Kelas I PalembangAbstract
Komunikasi merujuk pada terjadinya suatu proses yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memberikan respon terhadap perilaku ataupun perlambang yang dilakukan oleh manusia lainnya. komunikasi interpersonal menjadi kunci dari permasalahan antara sipir atau penjaga tahanan dan warga binaan atau narapidana dalam kasus keterbukaan diri. Metode Penedelitian yang dilakukan adalah Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan metode penelitian Kualitatif. Dengan menghasilkan, 1) Pola Komunikasi Interpersonal dalam membangun hubungan baik antara Sipir dan Tahanan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang. 2) cara sipir dalam membangun hubungan baik pada tahanan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas 1 palembang. Faktor pendukung bagi Sipir di LPKA adalah narapidana mau diajak berkomunikasi secara langsung serta secara ke keluargaaan sehingga membuat suasana nyaman. Disisi lain faktor penghambat dari menjaga hubungan baik antara Sipir dan para tahanan adalah, seperti gangguan jiwa dan susah di atur serta penyakit menular yang sangat berbahaya tentunya ini hal ini menjadi faktor penting untuk di tindak lanjut seperti gangguan jiwa tetapi hal ini dapat di selesaikan secara hukum. Susah di atur, Penyakit yang menular dan sebagainya.
References
Abubakar, Rifai. 2021. “Pengantar Metedologi Penelitian”, SUKA-Press (yogyakarta 2021)
Aestetika, Nur Magfirah. 2018. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Umsida Press DOI: https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-13-3
Agung, Muhammad. 2024. SIPIR/Penjaga lapas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang,4 januari 2024
Ahmad, Busyairi., & M Saleh Laha. 2020. “Penerapan Studi Lapangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi Iisip Yapis Biak)” vol 8, jurnal Nalar Pendidikan, 2020 DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13644
Alber, Nurfajri. 2021. Hubungan Komunikasi Interpersonal Antar Narapidana Perempuan Dalam Merestorasi Mental Di Dalam Lapas Perempuan Kelas Ii B Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol 9, (2021).
Apriyanto, Bambang. 2024. SIPIR/Penjaga lapas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang, 5 januari 2024
Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal, GRAHA ILMU, 2011
Destiana, Zefa., et.al. 2020. Komunikasi Antarpribadi Petugas Lapas Dalam Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Ii a Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi (Jkms), Vol 9 No 1, (2020).
F, Tahanan Lembaga Pembinaan Khusus anak Kelas 1 Palembang,7 januari 2024 https://lpkapalembang.kemenkumham.go.id/profil/tentang-satuan-kerja/sejarah-pemasyarakatan
Kalibato. 2022. Komunikasi Antarpribadi Sipir Dan Warga Binaan Tentang Keterbukaan Diri di Lembaga Permasyarakatan Perempuan Klass Iib Manado. Acta Diurna Komunikasi, Vol 4, (2022)
Karmelia, Sinta, at.al. 2022. Komunikasi Interpersonal Dalam Pembinaan Keterampilan Warga Binaan Kelas 2A Dewasa Kota Pekanbaru. The Journal of Management Communication and Organization (2022) vol 01 no 01,
Lestiawan, Fendi., & ArifBintoro Johan. 2018. “penerapan metode pembelajaran example nonexample untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar pemesinan” vol 6 no1 Jurnal taman vokasi 2018 DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866
Mulyana, Dedy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018)
Mustanir, Ahmad., & Akhmad Yasin. 2018. “Partisipasi Masyarakat dalam Transect pada Perencanaan Pembangunan vol8 no2 hal140, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik 2018
Nurfajri, Alber., et.al. 2021. Hubungan Komunikasi Interpersonal Antar Narapidana Perempuan Dalam Merestorasi Mental Di Dalam Lapas Perempuan Kelas Ii B Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol 9 No 03, (2021).
P.R Simarmata, SIPIR/Penjaga lapas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Palembang 4 januari 2024
Pratiwi, at.al. 2023. "Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak dan Konsep Diri Siswa terhadap Motivasi Berprestasi Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Moderating (Studi pada Siswa Keturunan Etnis Tionghoa di SMK Negeri 1 Pekanbaru)." Journal on Education, (2023). Vol 06, no 01.
Pratiwi, Ayu Inka., at.al, 2022. “Pola Komunikasi Antara Petugas Rutan Kelas IIb Pandeglang Dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol 4 no 6, (2022).
Puspita., at.all. 2023. “Pola Komunikasi Interpersonal Pelatih Dan Atlet Tunarungu-Wicara Cabang Olahraga Atletik di Npci Jawa Barat,” (2023) Vol 06 No 01, h 74 DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i1.19251
R, Tahanan Lembaga Pembinaan Khusus anak Kelas 1 Palembang,7 januari 2024
Ramdani, et.al. 2022. “Program Vaksinasi Nasional: Strategi Komunikasi Dokter Di Sumatera Barat”. Risenologi, Vol 7. No 2,(2022) DOI: https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.72.323
Razali, Djerebu., et.al. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi, Hakikat Dan Unsur-Unsur Komunikasi. Ilmu Komunikasi Dan Informasi & Transaksi Elektronik.
RS, Tahanan Lembaga Pembinaan Khusus anak Kelas 1 Palembang,7 januari 2024
Sarmiati, Elva ronani rocm. 2016. Buku monogog “komunikasi interpersonal”, CV IRDH, (2019)
Sartika, Maini., et.al. 2020. Komunikasi Antarpribadi Petugas Lembaga Pemasyarakatan Dalam Membina Narapidana Narkoba. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol 19 no 2 DOI: https://doi.org/10.32509/.v19i2.1006
Siti, Rahmi. 2021. Komunikasi interpersonal dan hubungannya dalam konseling. Syiah Kuala University Press DOI: https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.206
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suhanti., et.al. 2018. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Um. In: Seminar Nasional Psikologi Klinis.
Teddy, Dyatmika. 2021. Ilmu Komunikasi. Zahir Publishing, (2021).
Vardhani, et.al. 2018. “Strategi komunikasi dalam interaksi dengan mahasiswa pertukaran asing”. Jurnal Gama Societa, Vol 2, No 1, (2018) DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.40424
Yuhana, Asep nanang., & fadlilah aisah aminy. 2019. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa” jurnal penelitian pendidikan islam vol 7 no1 2019 DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357