Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi

Authors

  • Marisca Aginta Bangun Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Fadhlan Anshori Nasution Universitas Negeri Medan
  • Nadia Rouli Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Siti Fathiya Dwinda Sastra Universitas Negeri Medan
  • Wilda Khairani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2646

Keywords:

Bahasa, Media Sosial, Teknologi.

Abstract

Media dan teknologi digital juga berperan dalam perkembangan bahasa. Penggunaan media sosial dan teknologi canggih lainnya telah memungkinkan penggunaan bahasa yang lebih luas dan memfasilitasi pembelajaran bahasa yang lebih mudah. Tujuan penelitian ini Memahami Dampak Media Sosial terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian metode kualitatif  studi literatur adalah pendekatan penelitian yang dilakukan dengan menganalisis dan mensintesis kajian ilmiah yang relevan yang telah diterbitkan sebelumnya dalam bentuk artikel jurnal, buku, laporan, dan sumber-sumber lainnya. Hasil Penelitian media sosial telah membuka peluang aksesibilitas yang lebih besar bagi bahasa Indonesia di era globalisasi saat ini. Namun, pengaruh ini juga telah membawa banyak perubahan dalam tata bahasa dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Di sisi lain, media sosial juga telah mempermudah transfer budaya dan praktik komunikasi dari berbagai negara dan budaya di seluruh dunia, sehingga memungkinkan bahasa Indonesia untuk memperkaya diri dan terus berkembang dalam aspek-aspek yang mungkin hanya bisa didapatkan dari suatu ragam budaya dan praktik komunikasi tertentu.

References

Agustiin, S. N., Puspitasari, S. A., & ... (2023). MANFAAT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI WADAH PROMOSI PADA YUUSTORIES FLORIST DI KARAWANG. Marketgram …. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj/article/view/559

Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/6019 DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.6019

Ardhianti, M. (2019). Metafora dalam Teks Berita Hoaks di Media Sosial: Studi Semantik Kognitif. Jurnal Sastra Aksara. http://194.59.165.171/index.php/aksara/article/view/9

Arianto, A. K. (2021). Dugaan hoaks seputar vaksin Covid-19 di Indonesia dalam kerangka linguistik forensik. KoPeN: Konferensi Pendidikan …. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1660

Batubara, M. H., Nurmalina, N., & ... (2021). Pelatihan Media Sosial Instagram Untuk Sarana Promosi Ekowisata. JPMA-Jurnal …. https://jurnal-assalam.org/index.php/JPMA/article/view/253 DOI: https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.253

Cahyadi, D. A., Gumanti, M., & ... (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI BIDANG USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI PEKON PODOSARI. Jurnal PkM …. https://jurnalpkmpemberdayaan.yhmm.or.id/index.php/PkMLP3K/article/view/116

Febrian, A., & Masyitoh, I. (2019). Strengthening Civic Literacy through Media Literacy in Jabar Saber Hoaks. First International Conference on …. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iconprocs-19/125908565 DOI: https://doi.org/10.2991/iconprocs-19.2019.16

Fuadah, T., Anwar, R. K., & Saefudin, E. (2023). PENERAPAN BAURAN PROMOSI TERHADAP PROMOSI PERPUSTAKAAN KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. http://journal.admi.or.id/index.php/JUKIM/article/view/868

Jannah, L., Saragih, R. B. R., & ... (2023). PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI COMEDY EVENT DI KOTA BENGKULU. SIBATIK JOURNAL …. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/1411

Juditha, C. (2019). Agenda setting penyebaran hoaks di media sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi. https://jpk.kominfo.go.id/index.php/jpk/article/view/669 DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.669

Komite Penasehat Pengembangan Bahasa. (2018). Pedoman Umum Pembentukan Konsep. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mokhtar, M. F., Sukeri, W., & ... (2019). Social media roles in spreading LGBT movements in Malaysia. Asian Journal of Media …. https://journal.uii.ac.id/AJMC/article/view/14310

Mushlis, M. (2021). Kedudukan Indonesia dalam era globalisasi, fungsi dan peranan pembangunan, dan pembangunan. Jakarta: Angka Melek Huruf Bumi.

Octorina, I. M., Karwinati, D., & Aeni, E. S. (2019). Pengaruh Bahasa Di Media Sosial Bagi Kalangan Remaja. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 727–736.

Pateda, M. (2018). Dampak globalisasi saat ini terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Dalam Makalah Munas V dan Semrokanas 1 HPBI (hlm. xx-xx). Padang: Panitia Pelaksana.

Pratama, Y. B., & Suryawati, I. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi. PANTAREI. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/827

Puspitasari, D. A., & Sukma, B. P. (2022). Memotret Hoaks Covid-19 di Awal Pandemi Melalui Analisis Wacana Berbasis Linguistik Korpus. Ranah: Jurnal …. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jurnal_ranah/article/view/5152 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v11i2.5152

Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Keterampilan literasi informasi sebagai upaya pencegahan hoaks mengenai informasi kesehatan di media sosial. Jurnal Kajian Informasi &Perpustakaan. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28650

Safitri, D., & Romli, N. A. (2023). Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk UMKM Jatinegara Kaum. Jurnal Abdimas Perbanas. https://journal.perbanas.id/index.php/JAP/article/view/532 DOI: https://doi.org/10.56174/jap.v4i2.532

Saputri, A., Lestari, G., Iqbal, I., & ... (2023). Efektivitas Kegiatan Seni Hadroh Sebagai Media Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Desa Terentang Bangka Barat. COMSERVA …. https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/649 DOI: https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.649

Shabrina, S. N., & Setiawan, T. (2022). Analisis teks hoaks seputar informasi bank: Kajian bahasa perspektif analisis wacana kritis dan linguistik forensik. KEMBARA: Jurnal Keilmuan …. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/21478

Sibtiyah, S., & Latief, M. J. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pebisnis Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi. Jurnal EMT KITA. http://journal.lembagakita.org/index.php/emt/article/view/752 DOI: https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.752

Soleha, F., Susanti, N., & Jailani, M. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. … : Jurnal Ilmiah Bidang …. https://www.publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/703 DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i3.703

Zuhriyah, A., & Basith, A. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Pergeseran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Farmasi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Journal on Education, 5(4), 10844–10850. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2001 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2001

Zulkarnaen, R. R., Qomaruddin, M. N., & ... (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Alat Musik Hadroh Berbasis Android. … (Jurnal Sistem Dan …. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/2732 DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v4i2.2732

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Bangun, M. A., Nasution, M. F. A., Sinaga, N. R., Sastra, S. F. D., & Khairani, W. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2646

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.